Sary Melati Journal: Nge-Blog Yuk!

February 21, 2012

Nge-Blog Yuk!

Ikutan kontes menulis Emak2 Blogger - NgeBlog Di Mata Perempuan aahh.. :D Gak apa-apa koq gak menang juga, yang penting jadi kompor, ikutan meramaikan hihihi *dikepruk MakMin yang lain*
Karena aku sudah pernah menulis dengan tema yang hampir mirip, jadi posting ulang saja, ya, dimodif aja dikit.. :D *tambah dikepruk*

Ngeblog sepertinya sudah menjadi rutinitas wajib buatku. Pertama kali mengenal blog awal tahun 2007, sama sekali tidak pernah menyangka akan ada tulisanku yang muncul di halaman sebuah buku. Awalnya tulisanku lebih banyak tentang anak-anak dan hidup sehari-hari. Kemudian karena sering blogwalking, melihat blog teman-teman dengan aneka macam template yang lucu dan bagu-bagus, jadi penasaran pengen bikin template sendiri, belajar tentang kode-hode HTML dan lain sebagainya. Eh, bisa loh hahaha. Malahan teman-teman Blogger waktu itu suka tanya-tanya tentang blog sampai akhirnya bikin tutorial tentang blog, template dan lain-lain.

Suatu kali blog aku dan beberapa teman Blogger yang lain diganggu oleh orang iseng yang sering meninggalkan pesan kasar dan link tidak pantas di kolom komentar atau kotak chat kami. Wah serasa jadi detektif, aku dan Greiche Anwar (Gege) menelusuri jejak si orang iseng itu di internet.. Hahaha banyak deh kenangan yang seru-seru..

Awal tahun 2009 aku menutup blog pribadiku dan lebih banyak aktif "bergaul" dengan teman-teman Blogger di salah satu akun medsoc. Akhir tahun 2009 mulai ngeblog lagi di Maru Bunny Town, isi blognya tentang kegiatan keseharian aku dan keluarga bersama hewan-hewan peliharaan kami.

Tapi koq ya rasanya masih kurang. Aku gak mungkin menggalau di blog Maru Bunny Town. La wong tujuannya untuk bisnis koq, masa curcol disitu, kan gak mungkin :D Jadi tahun 2011 ini aku mulai ngeblog di sini. Isinya random, ada puisi, cerita fiksi sampai curhat terselubung hahaha. Beberapa postingan dari blog yang lama aku sisipkan di sini.

Sejak berkenalan dengan Jejakubikel, aku mulai tertarik untuk belajar membuat cerita fiksi. Cerita pendek aja sih, flash fiction kalo bahasa kerennya. Susah boo.. #sigh. Tapi paling tidak aku mencoba, kan? Nah, karya-karya yang diposting di Jejakubikel itu, aku posting juga di sini.

Untuk mengasah kemampuan #cie aku mulai ikutan proyek-proyek menulis bersama. Salah satunya yang diadakan oleh self-publishing NulisBuku.Com untuk ulang tahunnya yang pertama. Karya-karya yang masuk selama proyek menulis itu diadakan akan dibukukan dan hasil penjualannya untuk amal. Asyik kan ternyata empat tulisan yang aku kirim lolos seleksi dan dibukukan.

NulisBuku ini juga pernah mengadakan lomba Entrepreneur Story Writing Contest bekerja sama dengan Es Teler77. Modal nekat dan penasaran aku ikutan dong :D, mengirimkan satu naskah tulisan tentang MaruBunnyTown. Dan ternyata menang jadi juara 1. Tulisanku beserta peserta lomba lainnya dibukukan. Wah, seneng banget buatku itu dorongan yang sangat positif untuk terus menulis dan meningkatkan kualitas tulisanku. Menulis itu melegakan, bukankah begitu? :)

Tulisan lainnya yang lolos seleksi dan dibukukan adalah "Hadiah Terakhir" untuk proyek menulis #bookofcheat dan  "Memilih Bahagia" untuk proyek menulis #read2share juga di NulisBuku.Com. Buku Book of Cheat ini sekarang sudah bisa dipesan online di NulisBuku.Com. Hadiah Terakhir ada di buku Book of Cheat #3. Royalti penjualan buku ini akan disumbangkan kepada Rumah Asma Nadia yang sedang menjalankan program perpustakaan dhuafa ke-32 di Papua, ke 33 di Rawakalong Depok, dan ke 34 di Madura. Perpustakaan ini didirikan agar anak-anak tak mampu bisa ikut membaca. Keren kan? :)

Saat ini aku lebih aktif menulis untuk Maru Bunny Town dari pada di blog ini. Soalnya memang jarang galau hehehe. Blog lain yang menjadi tanggung jawabku adalah blog anak-anak yaitu Coretan Asyah - Rekam Jejak Coretan Asyah Day, Princess Ashira dan Moses Uriel. Mulai bulan Pebruari 2012 ini aku juga me-manage website dan menjadi publicist dari Budi Darmawan's Painting.

Di sela kesibukanku mengurusi anak, suami dan bisnis, aku berjanji kepada diriku sendiri untuk selalu meluangkan waktu untuk menulis. Apapun. Almarhum Bapa mengajarkan banyak hal melalui tulisan di buku hariannya. Dan tulisan-tulisan beliau menjadi kenangan yang paling nyata atas kehadirannya dalam hidupku.

*re-post Tulisan(ku) Dalam Sebuah Buku 27.10.2011*

25 comments:

  1. ahh keren :)
    iya jd inget kita bedua maenan jd detektif yah sampe tu makhluk ketangkep hihihihi...

    semoga kita bisa jadi temen terus yah Ry... *peluukkk

    ReplyDelete
  2. amin amin amin.. *peluks balik* :))

    ReplyDelete
  3. akhirnya baca postingan nya mba "Sary bangedh" deh hehehe. semoga bisa cepet ketemuan :P

    ReplyDelete
  4. @mira: memang biasanya ga "Sary bangedh" ya? hehehe.. amin mudah2an ada rejeki waktu bisa bertemu :)

    ReplyDelete
  5. Wow. Keren! Kalau self-publish itu penjualannya gimana? Apakah dimasukkan ke toko buku atau pemesanan oline?
    Trims.

    ReplyDelete
  6. @Dina Belgum

    pesan online di nulisbuku.com. buka aja situsnya dan follow twitternya @nulisbuku. Informasinya lengkap :)

    ReplyDelete
  7. ternyata mbak Sary seorang detektif.. hihiih...

    ReplyDelete
  8. Yuk marii kita ngeblog..
    smangat..!!

    ReplyDelete
  9. aihhhh keren deh
    semoga ntar bisa kayak mbak sary
    tulisan blognya jadi buku :D

    ReplyDelete
  10. blognya emak satu ini selalu bikin ngecess liat layoutnya so cuteee. dulu suka bagi2 layout blog yg membuatku jad tambah ngecesss sampai mbayangin seandainya aku bisa sekreatif dia.... tapi beneran cuma bs bayangin soalnya sampai sekarang cm bisa jadi penikmat ja :D

    ReplyDelete
  11. @ke2nai:

    kalo mau pakai jasaku silakan loh.. harga bisa diaturlah hihihihi...

    @mama olive:

    yuk mariiii..

    @astri hapsari

    amin.. maju terus pantang mundur :D

    @rurumahku

    emangnya blog aku permen, bikin ngeces hahaha..

    ReplyDelete
  12. Keren euy mbak.
    Semoga karyanya bertambah banyak dan terus semangat ngeblog. Hidup emak2 blogger ^__^

    ReplyDelete
  13. wah..perjalannan menulis di blog udah lumayan panjang ya mbak...tapi masih terus semangat menulis kan...?

    sukses terus ya mbak...

    ReplyDelete
  14. wah ngurusin blog segitu bnyak apa gak repot mbak..... hebat pokoknya....

    ReplyDelete
  15. @mugniar:
    amin, terimakasih. semangat juga ya :)

    @Mami Zidane:
    Masih dong.. :D

    @susu segar
    repotnya klo tiap blog minta diupdate hehehe. makasih ya :)

    ReplyDelete
  16. mampir ah mak...mo numpang beken hihihi, tu pengalaman jd detetif gimana critanya mak..jd penasaran nah

    ReplyDelete
  17. @mimi radial
    panjang deh ceritanya hahaha..

    ReplyDelete
  18. Wah, jadi malu nih. Prestasinya Sary buanyaak banget ya. Bunda lom apa-apa dibanding Sary. Salut buat Sary ya. Semoga memenangkan Kontes ini.

    ReplyDelete
  19. @yati rachmat
    makasih bunda yati :) tapi kayanya saya ga bakalan menang kontes ini, soalnya kalau saya ikutan, siapa yg nilai peserta lain hihihi..

    ReplyDelete
  20. wah keren yach karyanya sdh dibukukan....udah lama juga yach mbak ngeblognya.....sukses utk kontesnya...

    ReplyDelete
  21. @diana indah:
    ah mba dee.. thank youu :*

    @nia:
    makasih ^_^ yuk semangat juga :)

    ReplyDelete
  22. mak sary, keren banget blognya. Aku jadi terinspirasi mau ikutan bikin blog khusus anakku...
    sukses terus ya maaak.. :) Aamiin

    ReplyDelete
  23. tanggal 10 ikutan kan mak?

    asyik bisa ktemu langsung deh aku.

    ReplyDelete
  24. @waya komala puri
    terimakasih ^_^ yuk bikin supaya tambah ramai :D

    @de:
    sayangnya aku ga bisa ikut, mak.. sepertinya Makmin diwakili mira ayank dan mbak indjul (kalo beliau gak ada halangan)..

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar anonim, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)