[Sponsored Post] Pempek Udang Emak | Tasting Box Sedapur.Com (2)

Pempek Emak adalah produk makanan kedua dari TastingBox Sedapur.Com yang aku cicipi. Langsung review aja yuk..!

Keterangan Produk:

Pempek Udang ini merupakan salah satu makanan khas dari pulau Bangka. Pempek udang diolah dari udang segar dan bahan lain seperti tepung sagu, tauco, gula, garam, telur dan tidak menggunakan bahan pengawet. Pempek direbus sampai matang dan disajikan dengan bumbu tauco yang diolah menghasilkan rasa asam pedas dan manis yang berbeda dari bumbu yang ada di pasaran. 

Pempek udang bisa bertahan sampai satu bulan apabila disimpan dalam freezer, sementara bila disimpan dalam suhu ruangan tahan sampai 1 minggu dari tanggal produksi.

Saran Penyajian:

  • Kukus pempek selama kurang lebih 10 menit
  • Menggunakan microwave
  • Setelah dikukus terlebih dahulu hingga hangat, pempek bisa digoreng kurang dari 5 menit.

Review:

Seperti biasa, pertama kali mencoba makanan baru yang dicari tau adalah baunya. Baunya ya bau udang, karena terbuat dari udang, bukan ikan. Lucky me.. Aku penggemar udang, jadi gak masalah :) Aku mencoba menyajikan Pempek Udang Emak dengan dua cara, yaitu dikukus dan digoreng kemudian dimakan dengan bumbu tauco asam pedas manis.


Kesan pertama, rasanya aneh! Bukan karena gak enak, tapi pikiran bawah sadarku tidak bisa lepas dari rasa pempek palembang dan cukonya. Maklum, bapaku orang Palembang, jadi lidahku sangat akrab dengan rasa pempek palembang dan cukonya yang khas. 

Aku mencoba satu-persatu, bumbu tauconya saja, pempek udangnya saja tanpa bumbu, kemudian pakai bumbu. Menurutku pempek udang ini lebih enak disajikan setelah digoreng. Rasa gurih udangnya keluar dan terasa sekali. Sayang ketika dimakan bersama bumbu tauco, rasa asam dibumbu lebih dominan sehingga rasa gurih udangnya kalah.

Setelah suapan kedua, lidahku mulai terbiasa dengan rasa pempek udang dan bumbu tauco ini. Enak koq dan aku suka rasanya.

Penutup

Kesimpulannya, pempek udang ini lebih enak disajikan setelah digoreng dan dimakan tanpa bumbu tauco. Mungkin kalau rasa asam dibumbu tauco bisa dikurangi, gurihnya udang masih bisa terasa.


3 comments

  1. @Lidya - Mama Cal-Vin:
    ikutan tasting box nya aja.. atau kalo mau makan puas juga bisa pesan online di sedapur.com :D

    ReplyDelete
  2. Yuk, yuk :D

    Pempek udang emak bisa dipesan di http://pempekemak.sedapur.com

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)