"Minta Makananmu, Ya?"

Ngidam identik dengan ibu hamil, benarkah? Menurut Artikata.com, definisi (me)ngidam ~verb~ adalah:

1. ingin sekali mengecap sesuatu (ketika hamil muda)
2. mengidap; menderita(sakit, dsb)

Empat kali hamil, alhamdulillah aku gak pernah ngidam atau tiba-tiba punya kebiasaan yang aneh-aneh. Malahan aku tidak pernah kepengen makan rujak atau mangga muda, yang lazim diinginkan bumil diawal kehamilannya. Kalaupun ada keinginan yang kuat untuk makan suatu makanan, gak pernah sampai nangis-nangis, ngambek apalagi memaksa suami untuk mencarikannya. Kalau gak ada, ya sudah, makan yang lain saja.

Menurut pendapatku ngidam itu bisa dikendalikan, karena berhubungan erat dengan keinginan. Bumil memang sensitif, kalau terjadi sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan atau keinginannya, penyikapannya bisa lebih lebay dari biasanya hehehe.. Jadi, pintar-pintar kita mengendalikan perasaan dan keinginan saja. Jadi kalau disuruh mengingat apakah aku pernah ngidam yang aneh sampai nyusahin suami, aku ga ingat, karena ya itu, kalau gak ada, aku lewatkan saja, gak terlalu dipikirin.

source image
Hanya beberapa hari terakhir ini aku menyadari sesuatu. Aku sering menginginkan apa saja yang sedang dimakan oleh suamiku. Ini gak biasa karena selera dan cara makan kami benar-benar berbeda. Setiap suamiku sedang makan, aku pasti nyomot makanannya, atau memaksa bertukar piring makan berikut isinya karena beranggapan apa yang dimakan suamiku lebih enak. Hahaha kalau begitu gak nyusahin kan? Tampaknya suamiku juga gak keberatan dengan kebiasaan baruku ini, toh kalau aku tidak menghabiskan makananku, sisanya untuk beliau juga :))

Well, ini sekadar curcol ringan saja diakhir pekan, sendirian di rumah karena belum diijinkan bepergian kemana-mana. Baby inside sudah banyak geraknya ^_^, meskipun aku masih menjalani treatment pengobatan untuk 2 bulan lagi, rasanya kondisiku mulai membaik. Semoga semuanya lancar sampai adiknya Moses ini lahir :)


4 comments

  1. suaminya pasti seneng nih kalau ngidamnya cuma kaya gitu. hmmm katanya ngidam itu karena butuh perhatian ya dan kurang dewasa eh gak tua juga deh hehehe. tapi di ilmu kedokteran gak ada yang namanua ngidam ya

    ReplyDelete
  2. @lidya: sebenarnya ya pinter2 kita mengelola perasaan aja. kl gak kesampean dan rasa kecewanya diperturutkan, ya bisa sampe nangis atau ngambek karena hormon bumil bikin sensi. tapi kalo bumilnya punya sugesti positif yang kuat, ya bakalan biasa aja penyikapannya. tergantung karakter masing-masing orang sih :D

    ReplyDelete
  3. Lancarrr dan sehat selalu yaaaa... *ketjup

    ReplyDelete
  4. @Anggie: aamiin, makasih doanya ya, mak.. *ketjup balik* ^_^

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)