Blog Widgets, Penting Gak SIh?

Selain tulisan atau konten, alasan lain yang membuat pengunjung betah berlama-lama disebuah blog adalah (mungkin) mereka menyukai tampilan blog tersebut. Masa awal ngeblog, aku masih suka menempel aplikasi baik berupa lagu, gambar atau widget-widget lain yang kuanggap lucu dan menarik untuk dipasang di blogku. Pernah seorang teman blogger menuliskan komentar, meskipun dia sudah selesai membaca tulisan terbaru, dia tetap berlama-lama membuka halaman blog milikku karena menyukai lagu yang kupasang di blog :D

Tapi itu dulu. Seiring waktu, aku mulai menghilangkan aplikasi-aplikasi itu bahkan mengganti template blog dengan desain yang lebih simpel. Kalaupun ada yang sering kuganti, hanyalah background image blog, untuk warna baru supaya gak bosan. Itupun ukurannya file gambarnya kuperkecil. 

amystarrallen.com
Kita bisa menemukan banyak sekali widget untuk blog di internet. Ada yang memang berguna untuk menambah jumlah pengunjung blog, seperti misalnya social media sharing buttons, tapi ada juga yang sebenarnya tidak memiliki fungsi apapun selain memuaskan pemilik blog saja, seperti misalnya aplikasi jam, kalender, musik dan gambar-gambar yang dianggap lucu dan menarik. Aplikasi yang terlalu banyak dan sebenarnya tak memiliki fungsi apapun inilah yang seringkali membuat blog atau website menjadi sulit dibuka alias berat banget kalo dibuka. 

Buat apa memasang kalender atau jam di blog? Bukankah di masing-masing perangkat baik itu PC, laptop, tablet atau smartphone yang digunakan oleh pengunjung blog sudah terdapat fitur kalender dan jam? Orang pun cenderung lebih memercayai informasi tanggal dan waktu diperangkatnya ketimbang di tempat lain. 

Lagu. Nah, ini dia nih yang juga banyak dipasang di blog. Pemilihan lagu atau musik biasanya berdasarkan selera si pemilik blog yang belum tentu sama dengan selera pengunjung blog. Alih-alih memberikan hiburan, lagu/musik yang diputar otomatis malah bisa dianggap sebagai gangguan :D Sering loh ketika aku membuka blog yang memasang aplikasi lagu dan otomatis bunyi, yang kucari pertama kali kucari adalah tombol OFF untuk menghentikan lagu tersebut. Apalagi kalau lagunya gak sesuai dengan seleraku. Seringnya sih, ketika membuka laptop, aku memilih ditemani alunan lagu dari playlist milikku sendiri. Terus kalau gara-gara aplikasi lagu atau yang lainnya itu, blog jadi susah dibuka, gak ada pilihan lain selain menutup halaman blog tadi meskipun belum sempat membaca isinya. Nah kan?

Tapi untuk newbie atau pemula yang baru mulai ngeblog, gak bisa dipungkiri widget-widget seperti itu menarik sekali dan menambah semangat untuk terus lanjut ngeblog. Ditambah pula bertemu dengan teman-teman baru. Saranku adalah, kalau memang keberadaan widget-widget lucu dan menarik itu menambah semangat, ya lanjutkan saja, pilih widget yang ringan dan bukan killer bandwidht supaya blog tidak berat.  Sejatinya Ngeblog pun adalah sebuah proses :)

16 comments

  1. salam kenal mba... hihi saya merasakan mba...saya baru banget belajar nge blog. iya, hampir semua widget saya coba...tapi ya itu, jadi lola...tapi, kalau gak mencoba juga jadi gak tau kan? ok makasih banget share nya...:-)

    ReplyDelete
  2. @Nunung Nurlaela:

    salam kenal juga :) lebih baik mencoba daripada penasaran, dengan begitu jadi tau positif dan negatifnya.. eh saran ini buat nyobain widget di blog aja loh :))

    ReplyDelete
  3. Iya mbak..dulu pas awal ngeblog dicobain semua..harapannya biar blognya cantik

    Tapi kok malah gak nulis2 krn keasyikan utak-atik

    Yo wis lah, mending nulis aja

    ReplyDelete
  4. Ada lagu? Seringnya klik tombol silang di browser. Kabur.

    Widget itu yang masih sering aku lihat, bikin tampilan blog nggak seimbang antara body sama sidebar. Gatel aja sih lihatnya, meskipun ya nggak papa juga, kan selera orang beda-beda.

    Aku selalu kagum sama tampilan blog yang simpel, gampang dijelajahi dan isi tulisannya bermutu.

    ReplyDelete
  5. kalau yang music player sih ga terlalu penting, soalnya tiap komputer juga udah ada music playernya juga :D

    salam kenaaall :)

    ReplyDelete
  6. @Esti:
    been there done that :D

    @isnuansa:
    Hihihi.. tos! sama dong..

    @tukang bubur:
    betullll.. :))) salam kenal juga ya.. ^_^

    ReplyDelete
  7. kalau widget lagu aku belum pernah coba mbak, krn aku sendiri suka males bikin kemot

    ReplyDelete
  8. @lidya:
    Dengerin lagu dari playlist sendiri aja :))

    ReplyDelete
  9. Kaum hawa umumnya suka memasang aneka widget padahal nggak begitu ada perlunya. Misalnya widget yang ada gambar bendera2 asal pengunjung, dll.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  10. @pakde cholik:
    hihihi iya dhe, sering banget liat gambar2 bendera di blog teman2, pdhl kl mw tau traffic dan visitor blog ada cara lain tanpa perlu dipajang di halaman blog..

    ReplyDelete
  11. dulu sy termasuk yg pasang byk widget, tp skrg udah sy pretelin satu2.. :D

    ReplyDelete
  12. @myra:
    xixixi.. udah insaf ya, mak..

    ReplyDelete
  13. hehe....aku termasuk yg hobby utak atik nich.....,, soalnya masih belkum begitu fungsikan banget blog nya...tapi setelah baca ini,, mulai ilangin atu atu dech.....*jadi malu*...hehee...

    ReplyDelete
  14. salam kenal,
    wah kalo saya kebalikannya ya
    saya malah nggak suak akalo banyak pernik di blog, bikin capek mata (hi hi dasar orang kampung)
    sempat ada juga yg protes nggak bisa mem-follow blog saya.

    ReplyDelete
  15. Yaaaah saya termasuk nih di mana dalam blog, masih rame widget mak hehe

    ReplyDelete
  16. berkunjung mak...nih ngangsu kawruh...makasih

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)