Naga Merah, Buah Kaya Nutrisi Untuk Ibu Hamil

biwaneifo.wordpress.com
Sebagian besar orang mungkin sudah tau bahkan merasakan buah naga merah. Tapi aku baru merasakan kemarin dan hari ini, temans hahaha.. #kemanaajayak? Sebelumnya sih udah sering liat buah yang namanya serem itu di keranjang-keranjang buah di supermarket, hanya gak pernah kepikiran untuk beli.

Kemarin sore, pulang dari kantor, suamiku pulang bawa oleh-oleh si buah naga ini. Aku gak tau sih kalo beliau beli buah ini, taunya pas udah malam-malam disodorin buah warna merah gonjreng banget, dingin, baru keluar dari kulkas dan disuruh makan. Katanya khasiatnya banyak. Karena penampakannya menggiurkan dan dingin, aku gak keberatan mencoba :)) Hm, koq rasanya kaya bit ya? Beberapa tahun lalu, ketika sakit, aku pernah "dipaksa" suamiku 3 kali sehari minum jus bit dan rasanya gak enaaaakk *_* Jadi agak-agak trauma gitu kalo ada rasa-rasa bit #lebay.

Untungnya, si buah naga merah ini baru keluar dari kulkas, jadi walaupun rasanya tawar -kayak bit-, dingin dan segarnya mengalahkan rasa yang aku gak suka itu. Malam itu aku langsung disuruh menghabiskan 1 buah naga. 

Siang tadi, suamiku berulangkali mengingatkan supaya si buah naga itu dimakan terus. Akhirnya aku makan deh, 1 buah dibagi dua, aku makan sepotong. Ternyata ketika makan siang tadi rasanya sudah gak terlalu eneq lagi kaya semalam. Mungkin sudah terbiasa, bahkan kemudian aku bisa menghabiskan sisa yang setengah potong lagi.

Sore-sorenya, aku ngobrol dengan suamiku, menyatakan keherananku, kenapa hari ini pencernaanku lancar sekali? Padahal biasanya sembelit, dan sembelit saat hamil itu gak enak banget. Meskipun setiap hari aku mengkonsumsi pure pepaya hampir 600 ml, tetap saja gak selancar hari ini. Apa gara-gara si buah naga?

Penasaran, akhirnya aku browsing, mencari informasi tentang buah naga merah. Ooooh, ternyata buah ini khasiatnya memang banyak dan sangat bagus untuk ibu hamil. Aku coba rangkum disini, ya. 

Khasiat buah naga untuk ibu hamil
Sumber: http://manfaat.org
  • Kandungan seratnya yang tinggi mencegah sembelit
  • Mengandung zat besi (Fe) untuk mencegah anemia pada ibu hamil
  • Mengandung asam folat (vitamin B3) yang penting untuk janin dalam membantu pembentukan dan perkembangan sistem saraf tulang belakang.
  • Mengandung kalsium (Ca) untuk menunjang pembentukan tulang dan gigi yang kuat

Manfaat buah naga untuk ibu hamil
Sumber: http://http://cara-cara-hamil.web.id

Manfaat utama:
  • Kaya akan vitamin C, karbohidrat folates, karoten dan serat
  • Folates diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Kekurangan folates bisa menyebabkan cacat pada bayi, yaitu cacat pada sistem saraf (otak) atau cacat tabung saraf.

Manfaat tambahan:
  • Kandungan karbohidratnya sangat bermanfaat untuk ibu hamil mengatasi kelelahan
  • Mengandung kalsium, potasium, zat besi dan protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil
  • Seperti halnya buah-buahan tropis, buah naga mengandung fitokimia, zat yang menciptakan warna cerah pada buah, berfungsi sebagai antioksidan dan untuk melawan penyakit
  • Mengandung vitamin B1 yang berguna untuk membantu pertumbuhan janin, melancarkan pencernaan, penyerapan protein, membantu perubahan karbohidrat menjadi energi serta membantu fungsi saraf

Nah, khasiat buah naga ternyata memang banyak sekali. Aku hanya mengutip artikel tentang khasiat buah naga khusus untuk ibu hamil saja. Mau tau lebih banyak tentang buah naga merah? Di om gugel banyak sekali informasinya. Silakan browsing :)

Bagaimana cara makan buah naga ini? Ada yang menyarankan dijus, dibikin milkshake pake susu dan es batu. Kalau aku cukup dibelah dua, kemudian menggunakan sendok kecil untuk makan langsung daging buahnya. Asalkan dingin, rasanya enak koq #menurutku :D


29 comments

  1. Wah saya baru tahu kl buah naga bisa juga bantu pembentukan sel darah merah. Waktu hamil kemarin sempet dibilang anemia sama dokter. Saya udah minum jus bit yg rasa tanah itu hiks tp tetep belum berhasil..Tapi di Korea jarang ada buah naga..Pernah liat sekali, tapi mahal..hampir 100 ribu per buahnya..hiks..Makasih infonya ya mak..

    ReplyDelete
  2. @papap arfa:

    hm, manis ya? kalau menurutku tawar :)) makanya enak dimakan kalo dingin aja hehehe..

    ReplyDelete
  3. @shinta rini:

    huaaa jus bit *_* ternyata bukan aku aja yang gak doyan :D kemarin aku liat di plastik pembungkusnya, 7,5 ons itu 18 rb. masih lebih murah kayanya daripada di korea..:D

    ReplyDelete
  4. @zofia wiena:

    wah, umur 13 bulan udah suka ya. anakku cuma 1 aja yang suka, yang lainnya nolak :D

    ReplyDelete
  5. sy beli 1 kg 25 ribu mbak. satu kg cm dapat 2 bijk. belum dimakan jg tuh di kulkas :)

    ReplyDelete
  6. iya katanya begitu MAk..
    aku sering dapet kiriman buah ini dari tetangga sebelah..
    tinggal metik di halaman rumahnya :D


    #Moseeess.. love U mmuaahh

    ReplyDelete
  7. @Hairi Yanti:

    wah, emang lumayan harganya yak *_*
    dimakan dong, mak.. sayang :)

    ReplyDelete
  8. @nchie hanie:

    kenalin dong sama tetangganya :)))

    moses lagi sekolah, aunty :D

    ReplyDelete
  9. udah maaak... ini lagi makan. Enak juga :)

    ReplyDelete
  10. Nice sharing say,....banyak manfaatnya ternyata Ya, suka banget ma JUsnya

    ReplyDelete
  11. @lidya:

    asal dingin, aku mau coba :D

    ReplyDelete
  12. @Hairi Yanti:

    hehe jadi gak penasaran yak.. :))

    ReplyDelete
  13. @fitri3boys:

    aku belum nyobain dijus.. :D

    ReplyDelete
  14. aku juga sering lihat buah naga merah itu di keranjang2 buah di super market mba, juga suka memakannya [ga suka banget sih sebenarnya, hehe], tapi karena selalu ada dalam sop buah, jadi terbiasa dan suka deh mengkonsumsinya, tapi untuk manfaatnya justru baru tau dari postinganmu ini lho. Makasih ya mba for sharingnya... :)

    ReplyDelete
  15. Kayanya wajib nyoba nih. KAu selalu sembelit dan ga lancar :) TFS ya, mak

    ReplyDelete
  16. @alaika:

    kalo di sop buah itu biasanya yang warna putih kan ya? yg merah lebih enak, mbak :)

    ReplyDelete
  17. @mira:

    sip, mak.. moga lancar deh :)))

    ReplyDelete
  18. alhamdulillah kesampaian jga makan buah nagax padahal da ngidam dari 4 bln yg lalu tapi blum panen coy maunx buah naga segar langsung dari pohon tapi ngak sia2 nunggux coz bisa dapat banyak thanx y kak n thanx jga yg da buat artikel nech:-)

    ReplyDelete
  19. Buah naga buah favorit saya mak... :D

    ReplyDelete
  20. Saya juga baru-baru aja suka ama buah ini Mak Sary...semenjak buat sendiri di rumah. Sebelumnya beli diluar....rasanya gak enak dan gak suka,mungkin karena buatnya kebanyakan air ya...
    Tapi begitu dibeli ama misua dan nge-juz buatan sendiri, ternyata segerrrr banget rasanya...jadi suka deh....:-)

    ReplyDelete
  21. Pertama kali makan buah naga, ada ulet nya kecil2, Langsung ilfil. Makanx dikeruk pake sendok lg. Aishhhh pdhl kandungan q baru 2 bulan, gpp ya mak. Takut nihh

    ReplyDelete
  22. Baru tahu kalo buah naga baik untuk ibu hamil, mak. Pas saya hamil kok pas dapet artikel ini. Pas juga saya demen makan buah naga merah. Nggak terlalu manis tapi segeeeer...

    ReplyDelete
  23. Aku akhir-akhir ne suka makan buah naga ini, apa lagi yang merah suka banget rasanya kerenyes apalagi dimakan dalam keadaan dingin, disimpan dulu di kulkas.

    ReplyDelete
  24. Aq suka buah naga... Yg dingin dari kulkas, dimakan langsung aja.. Yummy... :D

    ReplyDelete
  25. Aq suka buah naga... Yg dingin dari kulkas, dimakan langsung aja.. Yummy... :D

    ReplyDelete
  26. Mrasa bersalah krn sambil baca ini aku lagi minum kopiii hahahahah... Pulang kantor cus ah beli naga merah, biasanya aku beliin buat Raya, lebih enak yg merah karena rasanya lbh manis dibanding naga putih yg anyep :D
    Apalagi skrg tau ternyata bagus buat bumil.. cus ntar lsg beli :D

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)