[Sponsored Post] Review Mysterious & Delicious Tasting Box #3 Sedapur.Com: Galantine Ala Chiq's

Setelah mendapat email pemberitahuan dari Tim Sedapur.Com bahwa aku terpilih menjadi salah satu blogger peserta Tasting Box #3, sebuah program icip-icip dan review makanan gratis dari merchants yang tergabung di Sedapur.Com, hari Rabu sore tanggal 16 Januari 2013 produk makanan tersebut sampai di rumah. 

Sesuai temanya, Mysterious & Delicious Tasting Box, aku tidak mengetahui jenis makanan apa yang akan aku terima. Selain itu tidak ada keterangan apapun yang menyertai di kemasan makanan tersebut. Berbeda dengan produk makanan di program tasting box sebelumnya yang disertai keterangan nama dan jenis makanan di kemasan produk.


Ada dua jenis makanan yang aku terima sore itu. Aku akan mencoba memberikan review berdasarkan apa yang aku lihat dan rasakan, tanpa mengetahui nama dari produk makanan tersebut.

Paket 1 Tasting Box #3


Paket pertama yang kubuka terdiri dari sepotong rolade daging isi telur, 2 potong perkedel kentang berbentuk kubus, sayuran selada, wortel, buncis dan kacang polong rebus serta 1 bungkus saus berwarna kecoklatan.

Rolade Daging Isi Telur
Rolade ini menurutku terbuat dari daging sapi, tengahnya diisi dengan telur rebus. Daging sapi yang digunakan tampaknya diblender atau dihaluskan dan dicampur dengan tepung dan rempah-rempah dengan rasa yang cukup dominan, sehingga menghilangkan rasa dagingnya sendiri. Tidak perlu waktu lama untuk mengunyah daging karena sudah lembut namun ketika ditelan menimbulkan rasa seret di lidah dan kerongkongan. Agak sedikit berbeda dengan ekpetasiku untuk rasa rolade daging sapi.

Perkedel Kentang
Seperti halnya daging yang digunakan dalam rolade, adonan kentangnya pun sangat lembut. Bentuknya kubus, tidak seperti perkedel kentang pada umumnya yang berbentuk oval atau bulat pipih. Meskipun dari luar, perkedel ini kelihatan melalui proses digoreng, ketika dikunyah tidak terasa seperti digoreng, malahan seperti makanan yang dikukus atau baru digoreng setengah matang. Sama seperti rolade, kentang ini pun meninggalkan rasa seret di lidah dan ketika ditelan. Kenapa ya? Mungkinkah karena minyak yang digunakan sangat sedikit atau tekstur daging dan kentangnya yang sangat lembut berpengaruh juga kepada rasanya?

Pelengkap saus coklat dan sayuran
Sebagai pelengkap dari hidangan ini adalah saus berwarna kecoklatan dan sayur-sayuran yang terdiri dari selada segar dan rebusan wortel, buncis serta kacang polong. Bahan utama saus coklatnya menurutku terbuat dari kacang, seperti bumbu pecel tapi encer.  Rasa kacangnya tidak terlalu terasa, mungkin karena encer dan ada tambahan rempah.
Secara keseluruhan, bisa dibilang aku mengalami sedikit kebingungan untuk menikmati hidangan ini sebagai satu kesatuan, bukan karena rasanya, tapi karena tidak terbiasa saja.

Bagaimana penjelasan dari Tim Sedapur tentang produk makanan ini?

Dalam email yang dikirimkan kemudian, disebutkan bahwa paket makanan tersebut bernama Galantine, salah satu produk andalan dari salah satu merchant Sedapur, Chiq’s.
Chiq’s spesialis dalam menyajikan makanan khas Jawa Timur dan Jawa Tengah. Chiq’s diambil dari nama salah seorang keponakan pemilik toko, Chiquitita. Bergerak dari informasi yang disampaikan dari mulut ke mulut, nama Chiq’s semakin banyak dikenal. Chiq’s hadir di Jakarta untuk menjawab kerinduan masyarakat Jakarta yang mencintai kuliner khas Jawa Timur dan Jawa Tengah. Saat ini produk-produk Chiq’s sudah dapat dinikmati baik sendiri, bersama rekan atau keluarga dengan harga terjangkau.

Profil Chiq’s selengkapnya bisa dilihat di http://www.sedapur.com/cgi-bin/daftarmerchant.cgi?profilmerchant&1355116379&

Galantine merupakan salah satu produk andalan Chiq’s. Menu yang satu ini adalah makanan asal Perancis yang sudah sejak zaman kolonial banyak dikreasikan di Indonesia, terutama dalam cita rasa. Sampai saat ini Galantine lebih banyak dikenal di Jawa Timur dan Jawa Tengah sebagai hidangan istimewa di tengah keluarga.

Galantine terbuat dari dari sapi yang dihaluskan dan digulung berbentuk rolade, dilengkapi dengan sayuran dan saus dengan rasa yang khas. Sebagai pelengkap, Chiq’s menambahkan kentang goreng yang diolah secara khusus sehingga menyerupai kroket kubus, sehingga cukup berbeda dengan produk Galantine lainnya.

Penjelasan tentang Galantine dan bagaimana kreasi Chiq’s dalam mengolah makanan tersebut supaya lebih sesuai dengan cita rasa Jawa Timur/Jawa Tengah setidaknya menjawab kebingungan lidahku ketika mencicipi makanan ini. Buat anda pecinta kuliner Jawa Timur dan Jawa Tengah dan penasaran dengan Galantine ala Chiq’s, silakan pesan online melalui gerai  Chiq's di Sedapur.Com. Tinggal duduk manis, Galantine akan diantarkan ke rumah anda. Lagi promo bebas ongkir untuk pengantaran wilayah Jakarta loh! :)



2 comments:

  1. aku juga sudah posting mbak, paketnya beda2 ternyata yang diterima

    ReplyDelete
  2. @lidya:

    oyaa? kupikir sama kaya waktu itu.. ntar aku jalan-jalan ke blogmu ah, mak.. :D

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)