Belanja Online, Mudah dan Santai

Siapa sih yang gak seneng shopping? Walaupun bukan shopaholic, tapi aku juga senang belanja-belinji, loh. Sayangnya kondisi sekarang sering membuat acara shopping yang tadinya dipikir bakalan menyenangkan, malah jadi ngebetein. Mau shopping, kejebak macet di jalan, sampe tempat belanja udah capek dan mood hilang. Mau cari diskonan, ternyata malnya penuh banget. Mau pilih-pilih barang jadi gak enjoy. Belum lagi tetep harus konsentrasi mengawasi para kurcaci. Iyes, mereka selalu ikut kemana pun kami pergi, apalagi kalau tujuan perginya lumayan jauh dan diperkirakan bakal lama, ditambah lagi macet, mau gak mau semuanya ikut. 

Pergi berombongan gitu, menyenangkan, sih. Tapi tentunya gak bisa dilakukan setiap saat. Sekali-sekali saja pas momennya emang pas. Pas kerjaan lagi gak banyak, pas duitnya juga lagi banyak. Hahaha!

Balik lagi ke soal belanja tadi. Karena alasan ribet, macet, dan lain sebagainya itu tadi, belanja online sering jadi pilihanku akhir-akhir ini. Tentunya gak semua kebutuhan bisa beli di online shop. Makanan pokok sehari-hari, misalnya. Teuteup aja itu sih belanjanya ke tukang sayur langganan ya :D

Barang-barang yang biasanya aku beli melalui internet, misalnya buku, pakaian, dan barang khusus yang jarang dijumpai di toko biasa. Seperti misalnya waktu aku hamil kemarin, aku membeli pregnancy belt di MamaHamil.Com. Dari pada aku membuang waktu di jalanan dan mencari di toko-toko bayi dan mal, lebih baik aku bertanya ke Om Gugel dan taraaa, ketemu deh pregnancy belt persis seperti yang kubutuhkan. Bahkan lebih bagus dari pada pregnancy belt yang pernah kumiliki sebelumnya.

Selain MamaHamil.Com, sebenarnya ada 2 lagi toko online yang menjual barang yang sama. Aku memilih MamaHamil.Com karena pertimbangan harga. Di situ harganya lebih murah dari pada toko online yang lain. Selain harga, hal lain yang menjadi pertimbanganku ketika menentukan toko online yang akan kuhubungi adalah update web dari pengelolanya. Toko online yang selalu update, berarti mendapat perhatian yang baik dari pemiliknya. Mereka tidak sekadar menaruh foto barang di webnya, kemudian ditinggalkan, tinggal menunggu konsumen menghubungi.

Kontak info yang jelas juga penting. Nomor telepon, email, Yahoo Messenger, adalah kontak info yang paling umum ditampilkan. Ada juga yang mencantumkan alamat, akun Facebook dan Twitter-nya. Sebaiknya semua kontak info itu dicek dan ricek terlebih dahulu. 

Pertimbangan lainnya adalah testimoni pelanggan. Kalau ada orang yang kita kenal sudah pernah berbelanja di toko tersebut dan merasa puas, tentunya gak jadi soal. Kalau tidak, testimoni pelanggan biasanya dicantumkan oleh pemilik toko di websitenya. Sebaiknya dibaca.

Nah, yang tidak kalah penting menurutku adalah insting. Biasanya ketika membuka sebuah website, dari tampilan dan penerawangan sekilas saja, kita bisa menduga-duga keseriusan pemiliknya, kan? Jadikan itu sebagai acuan juga. Karena aku sering begitu juga, memutuskan sesuatu ketika hatiku merasa nyaman dan percaya. Seperti itulah yang aku alami ketika memutuskan membeli pregnancy belt di MamaHamil.Com. Nyatanya memang pelayanannya cukup baik dan cepat. Setelah aku melakukan pemesanan, pemilik toko menghubungi aku lewat email dan SMS untuk lanjut proses selanjutnya yaitu pembayaran. Dalam waktu dua hari setelah transfer, barangnya sampai ke rumah.

Ketika melakukan pembelian di toko online yang dikelola langsung oleh pemiliknya, aku biasanya berusaha menjalin hubungan baik dengan mereka. In case suatu saat aku membeli barang lagi dari tokonya, mendapat layanan yang lebih baik. Toko online yang dikelola langsung oleh pemiliknya tentu berbeda dengan orang yang menjual barang di internet, misalnya Kaskus, Toko Bagus, akun Facebook, dan lain-lain. Aku menghindari belanja di perseorangan seperti itu karena cukup riskan seandainya mereka melakukan wanprestasi. 

Barang lain yang cukup sering kubeli melalui internet adalah buku. Pilihan nomor satu adalah GramediaOnline.Com. Hampir semua buku yang kubeli melalui internet kubeli di GramediaOnline.Com. Nama besar Gramedia tentu jadi pertimbangan pertama. Buku yang biasanya kubeli adalah buku-buku best seller atau buku yang sinopsisnya kuanggap menarik. Aku belum pernah membeli buku di internet selain di GramediaOnline.Com. Sejauh ini aku puas dengan pelayanannya. Pernah sekali aku menerima buku yang cacat. Proses penukarannya juga gampang dan cepat.

Kalau makanan, seperti kue-kue, pastry, atau makanan yang khas, aku belum pernah beli online. Masih belum pede. Tetap lebih suka melihat dan memastikan langsung sebelum membeli. Tapi aku sedang berencana membeli madu dari TokoMadu.Com. Tampaknya toko madu ini kredibilitasnya baik.

Toko online lain yang juga menjadi pilihan berbelanja diantaranya Zalora.co.id dan Blibli.Com. Belum lama aku belanja di Zalora dalam jumlah yang cukup banyak. Pelayanannya bagus dan gak ribet. Next, mungkin mau cari-cari Flats di sana. Pilihannya banyak dan harganya juga gak terlalu mahal :)

Ngomong-ngomong belanja online, aku sedang mencari toko online di Indonesia yang menjual DVD Aerobic. Kemarin pas browsing, banyak yang jual, tapi sepertinya bajakan :( , karena DVD Yoga yang dijual di GramediaOnline.Com saja harganya 50 ribu, sementara toko itu menjual DVD Aerobic seharga 8 ribu saja. Kalau ada yang punya rekomendasi, boleh ya, kasih tau aku :)

Melakukan transaksi jual beli, apalagi online, diperlukan kehati-hatian. Pastikan berbelanja di toko online yang memiliki website dan dikelola secara profesional. Pastikan juga berbelanja sesuai isi dompet. Jangan karena keenakan tinggal klak-klik di keyboard jadi lupa diri. Tips ini sih sebenarnya berlaku buatku juga. Hehehe!

17 comments:

  1. Aku juga suka belanja di beberapa toko online yang dikau sebutkan itu, Mak. Profesional. :)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak sudah berpartisipasi dalam Arr Rian's Givaway.

    Yes! tercatat sebagai peserta

    ReplyDelete
  3. Waah, sudah melalang buana ke situs2 online nih, ya. Saya malah jarang belanja online. ;)

    Sukses ngontesnya ya, MBa.

    ReplyDelete
  4. Traffic Jakarta yang selalu bikin hati mengelus, emang jadi bikin males pergi2, pratkisnya belanja online, jadi pilihanku juga selama ini. Sukses GA nya, mak

    ReplyDelete
  5. @Haya Aliya Zaki:

    Lebih tenang kalo profesional gitu ya, Mak :)

    ReplyDelete
  6. @Arr Rian:

    Alhamdulillah. Terima kasih ^_^

    ReplyDelete
  7. @Idah Ceris:

    Heuheuheu, lebih praktis, Dah :)
    Makasih, ya :)

    ReplyDelete
  8. @Mira Sahid:

    Hati mengelus atau mengelus dada, Mak? Haghaghag *ngikutin gaya Makpuh*

    Tiati dompet jebol, yak :)))

    ReplyDelete
  9. aku aku aku juga suka ol shop :D sampai banding2in banyak ol cuma buat 1 item wkwkwk..
    aku juga banyak mak belanja ol utk sekarang :)
    hihihi

    ReplyDelete
  10. @Suria Riza:

    Saking mudahnya, bikin lupa isi dompet ya :)))

    ReplyDelete
  11. AKu suka OL juga cuma untuk kirimya dari sini susah, maksudnya aku harus segera punya online banking juga ..ketahuan deh gak punya hehe

    ReplyDelete
  12. @Hana Sugiharti:

    Bisa M-Banking atau Internet Banking itu menolong sekali, Mak. Cuma kalau kartu kredit aku gak punya, lebih suka bayar tunai dari pada kredit :D

    ReplyDelete
  13. belanja online cukup puas dan ketagihan. Mbak maaf baru bisa mampir lagi nih :)

    ReplyDelete
  14. belanja onlen, kalau saya masih sangat jarang Mbak. Mash lbh srg belanja sambil windows shopping deh

    ReplyDelete
  15. pengen deh, nyobain beli buku di gramedia online, karena di kotaku belum ada toko gramedia

    ReplyDelete
  16. @Santi Dewi:

    Iya coba aja, Mak. Berdasarkan pengalamanku belanja di situ, pelayanannya bagus, koq :)

    ReplyDelete
  17. wah, DVD aerobic? Seprtinya ada yang pengen nurunin bobot nih... *sotoy :D
    Saya ikutan dong... :D

    Terima kasih udah ikutan Arr Rian's Giveaway ya :)

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)