Melatih Imajinasi Anak Melalui Dongeng

"Ma, bacain buku, dong."

"Ma, ceritain, dong."

Dua kalimat permintaan di atas sering sekali diucapkan Moses sebelum tidur. Biasanya dia minta ditemani sambil digaruk-garuk punggungnya. Lalu meminta aku atau papinya membacakan buku atau bercerita (mendongeng).

Membacakan cerita dari buku dan majalah atau menuturkan cerita atau mendongeng ternyata juga bisa dijadikan cara untuk merangsang kreativitas dan imajinasi anak-anak. Karena Moses sudah mulai lancar membaca, agak sulit mengembangkan cerita dari yang sudah tertera di buku. Pasti dia protes, karena yang dia baca ceritanya tidak seperti itu :D Lain halnya ketika mendongeng. Moses selalu excited menunggu, cerita apa yang akan didengarnya saat itu. Aku biasanya mengarang cerita dadakan saja. Jadi sambil mulai mendongeng, aku sambil memikirkan alur cerita dan pesan moral yang ingin disampaikan.

Mendongeng untuk anak-anak seusia Moses, gak perlu rumit dan bertabur konflik. Cerita bisa diambil dari kejadian sederhana sehari-hari. Supaya lebih menarik, tokohnya bisa diganti dengan hewan atau tokoh-tokoh khayalan. Aku selalu mengambil ide cerita dongeng dari kejadian yang dialami Moses pada hari itu. Misalkan dia melakukan kesalahan, daripada memarahinya, nasehat dan pesan lebih baik disampaikan melalui dongeng.

Aku selalu melibatkan Moses setiap kali mendongeng. Dengan gaya bercerita menggunakan kalimat-kalimat menggantung, aku memberi kesempatan kepada Moses untuk menentukan jalan cerita. Imajinasinya berkembang. Aku tinggal mengarahkan saja. Yang penting di akhir cerita, pesan moral dan nasehat yang ingin kusampaikan kepada Moses, bisa dia terima dengan baik. Misalnya seperti ini,

"Suatu hari, ada seekor .... bernama .... Dia suka sekali .... "

Mendongeng dengan cara seperti itu juga membuatku terus berpikir kreatif meneruskan cerita berdasarkan imajinasi Moses. Mau mencoba juga? Saranku, gak perlu berpikir rumit saat mengarang cerita. Ambil saja idenya dari pengalaman si anak pada hari itu. Kadang-kadang, mereka memberi kejutan lewat imajinasinya :D

Yuk, luangkan waktu untuk mendongeng untuk anak-anak kita :)

18 comments

  1. dengar dongeng memang membuat anak asyik berimajinasi....., jadi ingat waktu kecil sering didongengkan... Ibu..., tapi sayang jaman sekarang jarang ibu yang suka dengan dongeng..., jika malam tiba..lebih banyak di depan tv...

    ReplyDelete
  2. @Nova Novili:

    Tivinya dinyalakan kalau anak2 sudah tidur, Mak :D

    ReplyDelete
  3. Seru juga nampaknya berdongeng nih Mak Sary.. Patut dicoba ke Sera (2 thn) nih biar berkembang imajinasinya. Selama ini baru bacain buku cerita aja..

    ReplyDelete
  4. Ternyata aktifitas dongeng meningkatkan daya kreatif dan imajiner anak-anak lo,mak. Selamat deh atas kesuksesannya mendongeng :)

    ReplyDelete
  5. @Christanty Putri Arty:

    Iya, Mak. Bener banget :)

    ReplyDelete
  6. nggak heran kalau diluar sono, mendongeng jadi kegiatan utama sebelum tidur :)

    ReplyDelete
  7. mau coba mak, tapi kalki belum ngerti heheheh ya kalo didongengin bisa aja tapi belum bisa interaktif.

    btw, itu moses kok lucu sih pake udeng? hihihi salam buat bang moses dari kalki.

    ReplyDelete
  8. Kadang2 mengarang cerita sendiri tapi ga jelas hehe.. jadi lebih banyak baca dari buku cerita anak2 :D

    ReplyDelete
  9. @miss rochma:

    iya, ya, mak. mengantar dan menemani anak pergi tidur, kemudian mendongeng/membacakan buku tampaknya sudah jd kebiasaan

    ReplyDelete
  10. @intan rastini:

    sebenernya sejak anak masih bayi juga sudah bisa dibiasakan, mak. pilih cerita pendek dengan improvisasi wajah dan suara. biasanya pada suka. kl masih kecil gitu, gak perlu terpaku sama penyampaian pesan moral. just for fun aja :)

    ReplyDelete
  11. @intan rastini:

    oiya, salam balik utk kalki ya. itu namanya udeng, ya? dibeliin papinya waktu ke bali :)))

    ReplyDelete
  12. @leyla hana menulis:

    hihi makanya ceritanya dari pengalaman dia sehari-hari aja, mak. tinggal tokohnya diganti. ntar dia biasanya mikir n cekikikan, berasa ngalamin juga :))

    ReplyDelete
  13. iya betul....
    mendongeng adalah kegiatan yang paling disukai anak2!

    ReplyDelete
  14. Hore hore aku aku aku sering dongengin anak hehe walau dia belum ngerti hehehehe

    ReplyDelete
  15. setuju bgt mak sary,,mendongeng bs melatih imajinasi anak,,bikin ketagihan pula,,emaknya hrs super kreatif,,nnti aku ada posting dongeng mak,,izin nyolek nnti ya mak :) tengkyu

    ReplyDelete
  16. insyaAllah akan saya prakttekan ke Noofa nantinya mak, aku pernah mendongeng untuk adikku eh dianya pergi ambil wishgame nya terus asik main sendiri.. hmm.. jadi merasa kurang dihargai.. haha.
    tapi Noofa insyaAllah nanti akan mendapatkan hal terbaik drku.. doain ya mak

    ReplyDelete
  17. Dan aku salah satu yang telat atau jarang membacakan dongeng, asyeek baca sendiri mamanya :v :v :v

    Sekarang anak q lebih suka audio visual dan setelahnya dia akan mempraktekan sendiri dengan gayanya setelah melihat yang baru saja ditontonnya, tapi aku tetap membelikannya buku dongeng, berharap suatu hari dia antusias 8)

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)