Manfaat Menyanyi Untuk Anak

Moses, senang sekali menyanyi dan merekam suaranya memakai handphone-ku. Menyanyi adalah salah satu aktivitas yang sangat disukai Moses sejak dia masih kecil sekali. Aku masih menyimpan beberapa rekaman suaranya. Lucu deh kalau mendengarkan lagi suaranya waktu dulu, ketika pelafalannya belum jelas, tapi dia tetap menyanyi dengan penuh semangat dan percaya diri. Dering handphone-ku sekarang bahkan memakai rekaman salah satu suaranya Moses :D

Beberapa hari yang lalu, aku bikin akun di SoundCloud, sebuah platform untuk berbagi file suara (audio). Mau dengar suara Moses menyanyi? Cuss ke SoundCloud aja ^_^





Menyanyi untuk anak-anak banyak manfaatnya. Aku dan suami selalu berusaha mendorong anak-anak untuk senang menyanyi dan mengenal musik. Kami sengaja menyediakan berbagai alat musik di rumah. Tujuannya supaya anak-anak bebas bereksplorasi menggunakan alat musik. Hasilnya lumayan banget. Pelan-pelan mereka bisa main musik sendiri meskipun belajar otodidak.

Manfaat menyanyi untuk anak-anak, diantaranya:

  • Mengasah rasa percaya diri pada anak. Yang sering kami lakukan adalah mengadakan semacam mini konser atau kontes menyanyi di rumah. Selain menyenangkan dan menambah keakraban, aktivitas semacam ini bisa jadi latihan supaya anak-anak berani tampil di depan umum. Terutama untuk beberapa anakku yang agak pemalu :D
  • Melatih kreativitas. Saat menyanyi, anak-anak biasanya punya gaya sendiri. Biarkan saja mereka mengekspresikan dirinya melalui lagu dan gerakan tubuhnya. Gaya natural anak-anak itu lebih lucu koq daripada gaya ala orang dewasa :D
  • Menyanyi sambil menari dan menggerak-gerakkan tubuh juga membuat anak-anak lebih aktif dan sehat. 
  • Yang terakhir, kita juga bisa mengamati perkembangan anak saat mereka menyanyi, terutama perkembangan verbalnya. Khusus untuk Moses, Papio membelikan sebuah buku lagu anak-anak. Ternyata, ketika Moses menyanyi sambil membaca liriknya, itu juga membantu Moses semakin lancar membaca. Makin lancar membaca, juga membuat bicara dan pelafalan kata-kata Moses makin jelas dan benar. Asyik ya, sekali mendayung, dua pulau terlampaui  ^_^
Nah, yuk, menyanyi bersama anak-anak. It's fun and refreshing :)


20 comments

  1. Tos mak... aku dan suami juga pro musik dalam membesarkan anak2. Setelah mereka besar musik itu berguna utk menghilangkan stres dan menseimbangkam otak kiri dan otak kanan anak

    ReplyDelete
  2. aaaak! sonklodnya gak bisa dibuka di PC aku siiih! >.< padahal pengen denger moses nyanyik! kapan2 duet sama nana ya moseees...:D

    ReplyDelete
  3. iya,,betul bgt mak,,aisyah ku jg suka bgt nyanyi dn nari skalian,,kdg2 malah bikin lagu sndiri asal ngawur he he,,lucu klo diliat,,tp bermanfaat bgt bwt anak,,bs makin kreatif jg,,

    ReplyDelete
  4. Ah iya, pelafalan Moses udah jelas ya, saat nyanyi, meskipun belom bisa ngucapin R dengan jelas...

    Sejak kecil aku nyanyiin Diana kalau mau bobok, tapi sampai sekarang belom mau ngomong anaknya, jadi belom banyak deh hasil rekamannya.

    ReplyDelete
  5. @ade anita:

    anakku yg gede2 itu kalo lagi bete atau capek pasti mainin organ, mak

    ReplyDelete
  6. @winda krisnadefa:

    yaaa.. kenapa ga bisa buka?

    nana suaranya pasti keren deh ^_^

    ReplyDelete
  7. Udah denger suaranya Mosses, lucu dan penuh percaya diri ya, mak. Pengin nunggu suara Maira juga ^_^

    ReplyDelete
  8. @Tita Bunda Aisykha:

    pasti lucu ya, mak :))

    ReplyDelete
  9. @isnuansa:

    gpp mak, disimpen rekamannya. nanti kalo diana udah besar kasih sama dia supaya dengerin :D

    ReplyDelete
  10. @mira sahid:

    teteuup ya, maira.. :D
    ada tuh rekamannya lagi ngoceh babababba :)))

    ReplyDelete
  11. aku juga suka merekam mbak kadang suka senyum2 sendiri kalau mendengarkan lagi beberapa tahun kemudian

    ReplyDelete
  12. saya jarang merekam mak...jadi kepikiran....emang kalo liat vidio anak waktu kecil, suka senyum-senyum sendiri....

    ReplyDelete
  13. Thifa juga suka nyanyi mak, kadang aku videoin kadang ya cuma direkam aja pake hape, kalo udah besar dia denger lagi lucu kali yaa

    ReplyDelete
  14. Anak2 saya juga senang menyanyi mak, apalagi yg kecil. Lagu2 nasional aja udah hapal :D

    ReplyDelete
  15. Lha ini sonklot mbukake gimana? Hrs sign in ya? Waaaa.... Tapi anakku udah nyanyi snediri2 sih & lagunya aku nggak paham semua. Koreanan :(

    ReplyDelete
  16. menyanyi memang selain mengasyikkan juga banyak manfaatnya, Mak

    ReplyDelete
  17. Hai mak Sary! Liat blognya lgsg adem mata saya..saya bgt!! gbr2 dan warnanya kesukaan sy maak! *peyuk lepi..eh blognya* :D

    Menyanyi mmg bagus buat fun en refresing'in otak.

    Salam kenal ya mak! :)

    ReplyDelete
  18. Menurut Almarhum Pak Pranadjaja ...
    menyanyi itu dapat meningkatkan kecerdasan anak-anak ...

    Mengapa demikian ...?
    karena dengan menyanyi anak-anak akan terbiasa mendengarkan bunyi yang harmonis ... sehingga otaknya pun terbiasa pula berfikir secara harmony ... berfikir secara teratur ...

    Salam saya

    ReplyDelete
  19. aihh...ketemu sesama purple lover :)

    Samara juga sukaa banget nyanyi, saya selalu merekam dan masukin ke youtube, hihi..

    ReplyDelete
  20. sayang sekali ya, lagu anak-anak di media sekarang ini tidak ada.kalaupun ada sangat sedikit.benar-benar harus ekstra mencari sendiri

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)