Berkebun Sambil Bersenang-Senang

panen timun suri
Upaya untuk menghijaukan halaman rumah dengan pohon buah-buahan, dan sudah beberapa kali pula kuposting di blog ini, pelan-pelan mulai terwujud dan kelihatan hasilnya. Sejauh ini, memang baru satu pohon pepaya Kalina (pepaya California) yang menghasilkan buah sepanjang satu tahun terakhir. Dan satu pohon timun suri, yang awalnya disangka pohon semangka :D

Tapi, satu pohon pepaya itu, buahnya buaaanyak sekali. Sekali berbuah, lamanya bisa sampai 4-6 bulan. Masa jeda hanya 2-3 bulan, dan pohonnya kembali berbuah. Bosan, gak, makan pepaya? Mungkin begitu, pertanyaannya? Ya, engga. Karena selain dimakan sendiri, kami juga bisa membagi-bagikannya pada keluarga dan orang-orang terdekat di lingkungan rumah. Biji pepayanya ditanam kembali di halaman. Saat ini kira-kira ada 10 pohon pepaya Kalina yang tumbuh di halaman. Kayak apa, ya, kalau semua pohon itu berbuah dalam waktu yang bersamaan? Bisa-bisa nanti aku jadi juragan pepaya. Aamiin!

satu pohon banyak buah
biji buahnya ditanam lagi
Selain pohon pepaya, pohon buah lainnya juga sudah bertambah besar. Pohon alpukat mentega, misalnya. Kalau dicerita yang lalu masih berbentuk biji, sekarang tingginya kira-kira sudah mencapai 100 cm. Pohon mangga Gedong Gincu dan mangga Indramayu juga sudah mulai tinggi. Masih harus menunggu setidaknya 5 tahun lagi sih, kalau ingin menikmati buahnya. Tapi melihat pohon-pohon itu tumbuh saja, rasanya senang sekali. Pohon jambu air juga sudah tumbuh.

Beberapa pohon ada yang gagal tanam. Penyebabnya, selain karena kesalahan pada waktu menanam, gak telaten merawat, atau hancur diobrak-abrik Don >_< Dua kali panen terakhir pohon timun suri, gagal dinikmati hasilnya karena ulahnya Don. Sudah kenal Don, belum? Kalau belum, kenalan dulu sama Don di Maru Bunny Town, ya :)

pohon buahnya tumbuh dan berkembang ^^
Kami memang belum bisa telaten merawat tanaman-tanaman di rumah. Terutama aku, sih. Urusan telaten merawat tanaman dan pet di rumah, suamiku lebih jago. Aku sih kebanyakan tau beres saja :))) Kalau waktunya sedang senggang, beliau pasti meluangkan waktu mengurusi semua sambil mengajak salah satu anak yang lagi "nganggur". Anak-anak juga punya "kesibukan" sendiri. Kadang-kadang suka sok sibuk, menolak ajakan mama dan papinya bersenang-senang di halaman. Cara bersenang-senangnya tentu saja berbeda. Suamiku bersenang-senang dengan anjing-anjing dan kebun kecilnya. Aku bersenang-senang dengan jadi penonton dan juru foto. Asyik, kan? :)))

sibuk mindahin pohon pepaya gara-gara istrinya
suka lempar biji pepaya sembarangan :p
ashira "dibajak" untuk ikut berkebun
pose dulu ah
anak pinter disayang papi 

35 comments:

  1. Wah halaman mu luas sekali mbak, asyik banget jadi bisa nanem macam macam. Seru!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mak. masih banyak yang kosong nih tapinya :D

      Delete
  2. Enak banget sih makte punya rumah dengan halaman luas begitu, itu halaman belakang atau depan mak ? aku pengen jg pny kebun tp gak ada lahan nih tinggal dikompleks begini -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake pot-pot aja nanamnya, mak. malah bisa lebih cantik dan rapi :)

      Delete
  3. Ini persis rumah keluargaku tempat aq dibesarkan di Kalimantan deh mak, sekeliling rumah banyak pohon buah dan bunga, hiks...kangen emak q

    ReplyDelete
    Replies
    1. tulis surat untuk emakmu, biar kangennya mencair :)

      Delete
  4. Mak, kalo nanem pepaya jng deketin dng pohon lain ya. Ntar pohon lain kalah soalnya pohon pepaya ngabis hara lebih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, terima kasih infonya, Mak. Pohon pepaya yang sudah berbuah itu ada di tempat sendiri. Kalau yang masih kecil-kecil, berdekatan dengan pohon mangga. Nanti disampaikan ke Pak Bos.

      Delete
  5. Kalo punya lahan besar kek gini bisa eksplorasi tanem macem2 nih :) buat yang doyan bercocok tanam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. termasuk untuk anak-anak main bola, mak. hehehe

      Delete
  6. Ini lahan yang sama sama marru bunny town yes?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gukguk-gukguk, mainnya di halaman samping. bisa hancur semua pohon-pohon kalo disatuin :)))

      Delete
  7. wiihh enaknyaa mak Sary punya rumah yg halamannya besar, kalau dirumahku palingan bisa nanem lidah buaya, sama bunga2 gitu.. ga bisa nanem pohon buah karena sempit :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gapapa, mak. tanaman bunga-bunga kan indah dipandang ^^

      Delete
  8. Wih... Mak Sary, asyik banget punya lahan buat ditanami. Mau dong pepayanya... :))) Btw, aku suka belanja tanaman di Trubus Cimanggis, puas banget deh disitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ayo, Mak, kalo lagi panen, bisa banyak banget nih. Aku juga suka belanja di Trubus. Tapi belum pernah yang di Cimanggis.

      Delete
  9. wow panennya banyakkk, mak. biasanya kalo halamannya luas, disebar aja bijinya, nanti tumbuh sendiri :D dulu aku sering gitu. sekarang udah ga pernah nanem pepaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, iya, itu juga dilempar aja. pada tumbuh sendiri. tapi jadinya gak beraturan :D

      Delete
  10. Senengnya punya kebun... Hiks *menatap halamanku yg seuprit* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanam di pot. lebih gampang ngurusnya hehe

      Delete
  11. wah, tanam sendiri dan bisa panen sendiri juga ya mbak, asyiiiik :)

    ReplyDelete
  12. masih sempet nanem seruny :D harga tanah makin mahal jadi harus maksimal ya mak dimanfaatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksimal dan rajin juga, mak. cuma rajinnya masih kurang nih :))))

      Delete
  13. berkebun itu asik, asik liat hasilnya, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi makannya ya, mak. lebih asyik :)))

      Delete
  14. uwaaa seru bangettt,siap2 juga jadi juragan alpukat mentega mak,,di rumah bulek di batam alpukat berbuah pas sebelum puasa sampe setlah lebaran,jadi seneng bangettt,,gede2,mulus,,enakkk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. enaaak, iya. tapi uletnya syeremmm :)))

      Delete
  15. pasti rumahnya adem yah mak banyak pohon hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pohonnya masih kicil-kicil. mungkin 5-10 tahun lagi baru adem :)

      Delete
  16. wah asiknya kalau halaman rumah seperti itu..

    ReplyDelete
  17. pepaya California memang buanyak buahanya dan lebih manis dibanding pepaya lain ya, mak.. ibu saya sering maketin pepaya kalo lagi panen, tp saya gak pernah ikut nanam, hehe

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)