Singkong Goreng Renyah Dan Empuk

Aku penggemar singkong. Apalagi singkong goreng abang gorengan yang renyah di luar dan empuk di dalam itu. Kadang-kadang, kalau lagi pengin banget ngemil singkong goreng, aku sampai "memaksa" suamiku untuk beli saat itu juga -_- Dan kalau sudah ngemil singkong, susah sekali berhenti. Makanya sekali beli gorengan, isinya bisa singkong semua.

Beberapa hari yang lalu, Pak Sayur langganan menawariku membeli sekantong singkong yang belum laku terjual. Karena kasihan, aku beli saja singkong itu. Tapi setelah itu kebingungan, singkongnya mau diolah jadi apa. Pengen dibikin kolak tapi anak-anak gak suka kolak. Akhirnya kepikiran mencoba bikin singkong goreng yang renyah dan empuk ala abang gorengan.

Dulu, duluuuu banget, jaman masih kuliah, aku punya langganan bapak penjual singkong goreng di daerah Condet, Jakarta. Waktu itu singkong goreng yang empuk belum sebanyak sekarang. Penasaran kenapa singkong gorengnya bisa empuk, aku bertanya ke Bapak itu. "Singkongnya direndem air garem semaleman, Neng. Besoknya baru digoreng, dah," kata si Bapak dengan logat betawinya yang kental. Suatu kali, karena ingin makan singkong goreng empuk sepuasnya, aku mencoba praktekin resepnya Bapak Tukang Gorengan itu. Singkongnya direndam semalaman menggunakan air dan garam. Hasilnya? Gatot! Gagal total! Singkongnya tetap aja keras. Hih! Setelah itu gak pernah mencoba lagi. Lebih praktis membeli. Hehehe!

Nah, kemarin itu, karena sudah terlanjur membeli singkong, mau gak mau harus diolah. Sekarang, setelah menyandang status emak-emak, lidah udah lebih pintarlah ya, mengenali rasa. Logika memasak juga udah bagusan dibanding waktu masih jadi anak kost-kost-an :p Apalagi punya banyak anak dengan selera makan yang berbeda. Harus kreatif mengolah makanan supaya mereka gak bosan.

Duh, kenapa jadi curcol kemana-mana. Hihihi, sebenarnya supaya postingannya jadi panjang aja. Karena cara membuat singkong goreng renyah nan empuk itu, ternyata gampang sekali, Teman-temin ^_^ Kalau dulu singkongnya direndam aja gak bikin empuk, pasti cara lainnya singkong dikukus atau direbus dulu sebelum digoreng. Dan hasilnya? Horeee! Jadi deh, singkong goreng yang renyah di luar, empuk di dalam. 

Saking senengnya, langsung foto-foto dan upload ke Twitter, eh ada yang minta resep dan cara bikinnya diposting di blog #halah :))

Bahan: 
  • Singkong
  • Bawang putih
  • Garam
Cara membuat:
Singkong kukus yang sudah direndam
dalam air + bawang putih + garam
Siap digoreng.
  • Kukus singkong, jangan sampai empuk, nanti hancur pas digoreng. Kira-kira setengah matang deh. Setengah matang itu kayak gimana, ya dikira-kira aja, ya. 
  • Angkat, kemudian direndam dalam air dingin yang sudah dicampur bawang putih dan garam. Kalau aku, bawang putihnya cukup digeprek saja, gak dihaluskan. Garam secukupnya. Kalau gak suka asin, sebaiknya air untuk rendaman singkongnya dicicipi dulu supaya dapat rasa yang pas. Waktu telponan dengan ibuku sambil pamer kalau anaknya berhasil bikin singkong goreng kesukaan, beliau menyarankan pakai ketumbar juga. Tapi karena di rumah lagi gak punya persediaan ketumbar, ya, gak pakai. 
  • Makin lama direndam, singkongnya makin empuk setelah digoreng. Jadi suka-suka aja, ya :D
  • Goreng di minyak panas sampai berwarna kecoklatan, dan setelah itu bisa bilang "bye-bye" deh sama abang-abang gorengan. Hahaha! Hore, saiyah bisa bikin sendiri, sekarang, Bang!



55 comments

  1. Duh Maaak...enggak tahan deh, kalau liat singkong goreng pecah begini...mauuu!! Terimakasih sudah menulis resep yang lama saya cari. Mau coba deh...selama ini beli yg di gerobak teruss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi ternyata gampang ya. Selamat mencoba :D

      Delete
  2. Aku juga suka singkong yang renyah di luar dan empuk di dalam, kalo males nggoreng, udah dikukus gitu langsung dimakan hihi keburu laperrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gak digoreng, bau bawang putihnya gak nahan, Mak :D

      Delete
  3. apa kabar mak sary?
    hmmm bikin ngiler neh postingannya...lebih enak lagi tambahin keju mak....suer deh mantap banget rasanya...

    mampir jg dipostingan baruku ya mak, mgkn berkenan hehe
    http://mieagoblog.blogspot.com/2014/04/culinary-tourism-of-banda-aceh.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii! Kabar baik, dong ^_^
      Iya, belum sempat nyobain pakai keju, nih. Next time! ^_^

      Delete
  4. Wahh...wenyak ini Mak. Kalau aku sukanya dicocol sambal pas makannnya.Maknyoss deh :)

    ReplyDelete
  5. rendam lamanya itu berapa lama mak? seharian? atau? hehe.. aku juga suka goreng-gorengan, yang ga suka cuma penggorengan hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin, 4 jaman udah empuk.
      Hihi penggorengan sih keras, Mak, gak empuk :p

      Delete
  6. Wah... keluargaku suka sekali singkong melepuh ini, Mak. Nyobain aaaaah. TFS. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, namanya Singkong Melepuh, ya? Hihi baru tau. Tapi koq, 'melepuh', ya? Renyah dan empuk kedengarannya lebih yummy #maksa :))

      Delete
  7. Aku pasti praktek makte... makasihh resepnya yaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang praktek, NengNong atau Mpok? #eh :)))

      Delete
  8. Ooooh dikukus dulu ya biar empuk...baru tahu rahasianya. Cobain ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kukus setengah matang. Yang bikin empuknya itu, proses perendaman pakai air dinginnya.

      Delete
  9. wah kayanya enak banget tuh mak..cobaa ahhh

    ReplyDelete
  10. Bawang putih, ketumbar, garam itu basic bumbu rendaman untuk tempe tahu juga sebelum digoreng. llmunya ibu sama dg ilmuku, jangan2 kami seumuran *ambil kacamata & tongkat. Tapi untuk orang jualan spt tela2 gitu, biar prosesnya lebih cepat, ditambah baking powder juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi, tapi .... Ibuku belum pakai tongkat, Mah .... *kembali pasang wajah polos* :))))

      Delete
  11. waduh...!! lihat singkong ini jadi inget tukang singkong dijalan menuju PIM, mak Sari :)
    renyah2 gurih dan maknyuss gituh ....
    terimakasih ya sdh dikasih resep nya .... :)

    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaah, ada bunda lily *peluk-peluk*

      Delete
  12. Mak sary...pengalaman saya bikin dalam jumlah yang banyak. setelah fase goreng setengah matang, simpan di freezer dan bisa digoreng kapan saja kita ingin...dari beku digoreng langsung renyah juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi, gak direndam lagi ya, Mak? Langsung masuk freezer? Oke sip, dicatet tipsnya. Kapan-kapan dicobain juga cara yang ini. Makasih, Mak Ida :*

      Delete
  13. ooo gitu ya, caranya. Woke... saya mau nyoba, boleh dipake resepnya ya mak... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi kirim-kirim kalo udah jadi singkongnya, ya :D

      Delete
  14. penggemar singkong goreng nih sar..

    Biasanya beli dirukang gorengan..tapi sekarang lg musuhan ma tukang gorengan..mau buat sendiri aja, tfs ya

    ReplyDelete
  15. abang-abang gorengan bisa keilangan 1 pelanggan hihi

    ReplyDelete
  16. singkongnya enak banget tuh,,,pengen maem,,nyoba ah nanti bikin,,makasih ya mak
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak bangettt. makasih udah mampir ke sini ya :)

      Delete
  17. Ibuuu, pesan 10 biji saja cukup. Harganya berapa? :D

    Ternyata, ada sesi rendam lama ya, Mba. Baru tauuuuu...

    ReplyDelete
  18. enak ya, mak. cobain bikin ah :D

    ReplyDelete
  19. singkong goreng sih yang di sini juga suka, padahal di desa saya di gunungkidul, singkong adalah tanaman semua orang.

    menurut simbok saya nih, singkong yang bisa empuk itu juga dari jenisnya tapi ternyata di sini ada resep agar singkong menjadi empuk digoreng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm, kalau memang ada jenis singkong yang bisa empuk, pasti makin empuk ya, kalau dioleh dengan cara supaya tambah empuk :D

      Delete
  20. Saya juga suka bgt sama singkong mak..

    ReplyDelete
  21. Sek mba aku tak kira-kira dulu kapan mau nyona bikin xD lagian semua dikira2 xixixi

    contek ya mba resepe...tar mau request ke papih beliin singkong

    ReplyDelete
  22. Kok jadi kepingin makan singkong ya sore ini... padahal saya lebih suka singkong rebusnya :D

    ReplyDelete
  23. Ternyata Mak Sary penggemar singkong jugaaa :) toss ah, aku juga mak.. apalagi singkong goreng yang renyah dan gurih..

    ReplyDelete
  24. Iya bener itu saran utk pake ketumbar, lebih siiipp mak.
    Ah tapi klo gak sabar ya dikukus ampe mateng, ntar pas makan dioles2 ama mentega, dah bereeess hahaha...dasar emak males niy

    ReplyDelete
  25. wuahhh aku jg suka gorengan singkong mba ^o^ apalagi yg sdkt asin...mmm bisa ga berhenti :D.. Di dekat rumah ada yg jual singkong ditambahin susu kental manis dan keju.. aku jd suka juga... jd kdg singkong aku ksih topping bgitu... :D

    ReplyDelete
  26. noted, deh. dari gambarnya kelihatan enak ^ ^
    Makasih udah sharing, mbak.

    ReplyDelete
  27. Mba itu khan direndam air dinginnya mpe 4 jam ato smaleman, pake air dingin kulkas ato yg ada esnya? Ato boleh msk kulkas smaleman gt? 😊

    ReplyDelete
  28. Mba itu khan direndam air dinginnya mpe 4 jam ato smaleman, pake air dingin kulkas ato yg ada esnya? Ato boleh msk kulkas smaleman gt? 😊

    ReplyDelete
  29. Mbak, kalo direndam pake air es semalaman bakal bikin singkongnya basi ga?

    ReplyDelete
  30. Kalo liat singkong goreng kayak gitu bawaannya jadi laper

    ReplyDelete
  31. salam kenal Mbak,
    Lihat fotonya jadi ingin nyobain, apalagi sudah ada resepnya?
    segera ke pasar sebelah
    thank

    ReplyDelete
  32. Direbus setengah mateng dulu emang bisanaya, tp kalo singkongnya kayak beda umur gitu kadang ada yg keras ada yg empuk wkwkw, jd kalo beli singkong kayu cuma abil yg ukuran sedang

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)