Mengasah Kemampuan Kognitif Anak Dengan StimuLearn

[Sponsored Post


Alhamdulillah, akhirnya proses pendaftaran dan seleksi Moses masuk SD selesai juga. Meskipun masih terselip perasaan gundah dan khawatir, tapi ini adalah salah satu proses pembelajaran yang harus dilalui oleh aku dan Moses. 

Sebagai mamanya, aku belajar ‘melepaskan’ Moses untuk belajar dan berkembang di lingkungan yang lebih luas dan kompleks. Moses belajar menjadi lebih mandiri dan tidak selalu tergantung padaku. Proses pembelajaran ini, sekali lagi, membuatku menyadari satu hal, betapa terbatasnya waktu yang aku miliki untuk terus mendampingi dan menstimulasi anak-anak. Pada akhirnya mereka terus berkembang dan berinteraksi dengan lingkungan yang lebih luas.

Di era digital seperti sekarang ini, keterbatasan waktu yang kita miliki untuk menstimulasi si Kecil bisa dibantu dengan memanfaatkan program aplikasi edukatif di smartphone atau tablet. Misalnya nih, aplikasi edukatif “StimuLearn” yang baru saja dikeluarkan oleh DANCOW. Kebetulan akhir bulan Juni kemarin, aku diundang DANCOW ke acara launchingnya.

StimuLearn Apps adalah sebuah program parenting edukatif dirancang untuk membantu para orang tua menstimulasi proses belajar dan eksplorasi si kecil secara online (melalui aplikasi) dan offline (kegiatan interaktif nyata). Biasanya, aplikasi digital edukatif kan hanya berupa aktivitas online saja. Sedangkan di StimuLearn, ada juga aktivitas offlinenya. Jadi anak-anak tetap punya kesempatan untuk mengembangkan kemampuan fisiknya, gak cuma main game sambil duduk, terpaku pada layar gadget.

Aktivitas online yang ada di StimuLearn terdiri dari enam sub-aplikasi yang terdiri dari lima permainan interaktif-edukatif untuk menstimulasi lima pilar kognitif anak, serta mother app yang membantu para ibu/orang tua memonitor kemajuan dan perkembangan kognitif anak. Sedangkan aktivitas offline-nya berupa berbagai ide kegiatan bersama bagi para orang tua dan anak untuk mendukung proses pembelajaran. Penasaran? Yuk, cari tau sampai tuntas tentang program StimuLearn ini.

Program StimuLearn mengintegrasikan lima kemampuan/keterampilan kognitif utama yang merupakan bagian dari perkembangan kognitif anak, seperti memori, perhatian, keterampilan psikomotor, pemecahan masalah dan bahasa.

Psikomotorik

Kemampuan psikomotorik atau kemampuan kinestetik adalah kemampuan menggunakan gerak seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide, pemikiran dan perasaan. Kemampuan ini meliputi ketrampilan menggunakan tangan dan organ tubuh lainnya dalam koordinasi, keseimbangan, ketrampilan, kekuatan, kelenturan, kecepatan, dan keakuratan terhadap rangsangan. Anak-anak yang punya kemampuan psikomotorik yang baik biasanya kemampuan motorik kasar dan halusnya berkembang lebih cepat daripada anak seusianya. 

Aktivitas online di aplikasi Stimulearn yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik anak misalnya Pearl Beach, yaitu permainan mengumpulkan mutiara dalam labirin ajaib. Sedangkan untuk ide aktivitas offline-nya, misalnya, permainan Membuat Peta. Kita bisa mengajak si Kecil membuat peta dan melakukan petualangan. Aktivitas ini bisa dilakukan di dalam dan luar ruangan.

Permainan Pearl Beach di StimuLearn Apps, untuk melatih psikomotorik anak

Daya Fokus 

Melatih daya fokus anak sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Meskipun anak-anak usia 1-5 tahun memiliki daya konsentrasi yang pendek, bukan berarti kita gak bisa menstimulasinya loh. Melatih daya fokus sejak dini akan membuat anak belajar membedakan, mana informasi yang bisa diikuti mana yang tidak. Stimulasi daya fokus ini nantinya penting ketika anak sudah masuk jenjang sekolah. 

Contoh permainan untuk melatih daya fokus di program StimuLearn adalah, Bermain Puzzle Bersama Mr Skylab (aktivitas online) dan Mengenal Lingkungan Sekitar (aktivitas offline). 

Kemampuan Berbahasa 

Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting untuk anak-anak. Beberapa anak yang terlambat bicara, ternyata disebabkan kurangnya pemberian stimulus untuk meningkatkan kemampuan berbahasanya. Stimulus kemampuan berbahasa misalnya bisa dilakukan melalui kegiatan mendongeng, mengobrol, dan menyanyi. 

Di dalam program StimuLearn juga terdapat aplikasi yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa, yaitu Story House dan Kegiatan Hari Ini. Story House adalah aktivitas yang bisa dilakukan secara online. Ada berbagai cerita menarik yang bisa dibaca oleh anak. Kita juga bisa merekam suara anak dan menambahkan berbagai efek suara sehingga lebih menyenangkan. 

Daya Ingat 

Memori merupakan bagian penting dalam proses belajar anak, dan punya peranan penting dalam perkembangan sosial anak-anak. Anak-anak dengan daya ingat yang baik, biasanya juga memiliki kepercayaan diri yang baik. 

Daya ingat dipengaruhi oleh faktor genetik dan nutrisi. Tapi stimulasi juga tetap dibutuhkan untuk melatih daya ingat anak-anak. Melalui StimuLearn, kita bisa menstimulasi daya ingat anak dengan cara yang menyenangkan. Ada permainan Forgotten Castle, sebuah petualangan mencari rahasia dan barang-barang tersembunyi di balik perisai kastil yang hilang. Ada juga ide untuk melakukan aktivitas offline di permainan Piknik Bersama Bunda. 

Pemecahan Masalah 

Pengen gak sih punya anak yang sigap dan punya inisiatif sendiri untuk menyelesaikan masalah-masalahnya? Misalkan ketika dia tidak sengaja menumpahkan air, dia langsung mengambil lap dan membersihkan tanpa disuruh. Anak yang cerdas menyelesaikan masalah didukung oleh nutrisi dan pola pengasuhan yang diterimanya. Stimulasi untuk melatih kecerdasan memecahkan masalah dapat dilakukan dengan melatih kemampuannya mengolah angka dan logika, misalnya melalui permainan Island Market dan Membuat Daftar Belanja yang terdapat di dalam program StimuLearn. 

Program aplikasi StimuLearn merupakan persembahan dari Nestle DANCOW sebagai bentuk komitmennya sebagai mitra para orangtua untuk tumbuh kembang anak. Aplikasi ini dirancang dan dikembangkan secara ilmiah oleh Nestlé Research Center Switzerland, bekerja sama dengan para ahli perkembangan anak yang memberikan ide kegiatan interaktif melalui sistem ASQ (Ages & Stage Questionnaires®). Cara mengunduhnya pun gampang koq. StimuLearn bisa diunduh gratis di Appstore.



Nah, kalau sudah mendownload dan mengajak anak-anak bermain StimuLearn bersama, yuk sharing tentang aplikasi ini di blog masing-masing. Selain meneruskan informasi yang bermanfaat untuk pembaca blog kita, review aplikasi StimuLearn ini juga bisa kita ikutkan dalam lomba blog Review Aplikasi StimuLearn. Aku kasih bocoran sedikiiiit aja mekanisme lomba blog review aplikasi StimuLearn ini. 

  • Yang pertama, tentu saja download dulu aplikasinya.
  • Mencoba berbagai fitur menarik yang ada di dalam StimuLearn.
  • Menuliskan review mengenai StimuLearn di blog. Jangan lupa, ya, foto juga sama anaknya saat bermain StimuLearn bersama-sama. Artikel blog tanpa foto, katanya kan ibarat sayur tanpa garam :D
  • Kalau sudah diposting, link tulisannya didaftarkan melalui Kumpulan Emak Blogger (KEB). Udah tau KEB dong, ya? ^_^
  • Jangan lupa hashtagnya, #belajarsamabunda dan #StimuLearn
Nah, itu tadi bocoran info lombanya. Terus, hadiahnya apa? Penasaran? Hihihi, download aja dulu aplikasinya, dan pantau terus Facebook Dancow Parenting Center untuk update syarat dan ketentuan lengkap cara mengikuti lomba blognya, ya :)


12 comments:

  1. Maak ada batasan usia anak apa enggak...? Revo tuh sudah 7 tahun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada, Mak Ida. Lombanya untuk blogger, bukan anaknya. Yuk, ikutan :)

      Delete
  2. mau ikuuttt... mudah-mudahan ada rejeki... rejeki ide maksudnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin! Semoga idenya Mak Orin moncer! Ditunggu ah ^_^

      Delete
  3. Udah ikut seh...tinggal bertapa xD...sayangnya g ada yang buat lebih kecil usianya xixiz

    ReplyDelete
  4. aplikasinya bagus. Semoga semakin mencerdaskan anak-anak yang memakainya :)

    ReplyDelete
  5. mudah2an segera bisa di download di android supaya gak pinjem punya suami kl mau main hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebentar lagi bisa dimainkan di android, mak. tunggu, ya :)

      Delete
  6. praktek langsung di rumah asyikk banget ni Makte :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tungguuu.. bentar lagi ada di android ^_^

      Delete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)