Hemat Ala Mak Irits

Berhemat mungkin jadi salah satu hal pilihan yang bijak saat harga BBM up and down, harga-harga kebutuhan pokok jadi galau, tarif listrik naik, tapi penghasilan lurus-lurus aja hihihi. Beberapa bahkan mungkin melakukan penghematan dengan cara yang ekstrim demi memangkas pengeluaran rumah tangga. Keluarga besar seperti aku tidak mengenal istilah berhemat, karena gimana mau berhemat kalau kebutuhan tiap hari memang banyak. Daripada berhemat, kami lebih memilih gaya hidup sewajarnya saja. Eh, sama gak sih, tuh? :)))

Penghematan yang kerap dilakukan sehari-hari ini, gimana jadinya, ya, kalau dituangkan menjadi cerita bergambar? Kira-kira, apa yang akan dirasakan oleh pembacanya? Miris? Geli? Atau malu, sambil berkata dalam hati, "Oh, ternyata, gitu banget, ya, alasan(ku) untuk berhemat? Jadi aku ini pelit atau irit?" Hahaha!






Campur aduk, begitulah setidaknya perasaanku saat membaca Komik Mak Irits. Pas banget seperti pesan cinta dari desperate housewife Rahmi Aziza, penulisnya,

Dear Makte Sary Melati
Met baca ... maap kalo kesindir
No offense lho ya hahaha
-Rahmi-

Siapa sih yang gak pernah kayak Mak Irits, belanja saat diskon, belanja hemat dapat banyak, bahkan ada yang sampai bela-belain berhutang demi punya barang idaman. Sebagian kisah di komik ini terasa begitu nyata dan pernah juga aku lakukan. Ups, tapi bukan bagian yang kredit panci loh, ya. Hahaha! Ngomong-ngomong soal kredit panci ini, anakku sampai tertawa terbahak-bahak saking gak percaya kalau untuk panci bisa dikredit. Menurutnya, barang yang pantas dikredit itu, ya, rumah atau mobil, bukan panci. Begitulah, meskipun menurut anakku dan mungkin sebagian besar generasi abege jaman sekarang, kredit panci itu berlebihan, faktanya memang masih banyak orang yang melakukannya. Dan Komik Mak Irits mampu menangkap realita itu dan menyuguhkannya dengan gaya yang ringan dan menghibur.

Satu lagi, menurutku, Komik Mak Irits ini semacam memberi sentilan ringan, untuk mengingatkan apa sebenarnya prioritas keuangan kita. Di satu waktu kita mengeluarkan uang tanpa berpikir, di waktu yang lain kita terpaksa berhemat untuk mengatasi kebocoran pengeluaran. 

Nah, kalau pengin cari bacaan menghibur sekaligus belajar tips dan trik mengelola keuangan keluarga hihihi, Komik Mak Irits ini cocok banget deh. Dijamin cepat pintar dan makjleb ilmunya. Oya, katanya ada Komik Mak Irits edisi kedua, ya? Kepo dengan tips ngirit ala Mak Irits selanjutnya :D


43 comments:

  1. Baca mak irits tu berasa ngaca sambil ngekek2 ya mak :p

    ReplyDelete
  2. Maak aku juga baru kredit panci loh, cicilannya baru jln3x masih kurang tujuh kali hihi *bongkar aib

    Makasih ripiunya ya Maktee :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk..jadi inget dolo waktu olive batita,
      nyicil panci serbaguna mihiil bingits, bela2in cicilan 10x, ngos2an sebulan 80 rebong (gd bgt pada jamanya)
      tapi alhmdllh pancinya berguna bingits ampe sekarang
      bisa buat bikin kue bolu,ngerendang, ngupat dll hahaha

      hidup panci kreditan :v

      Delete
    2. Hahaha, pengalaman pribadi ya, pantesan Mak Iritsnya juga seneng kredit panci :v
      Etapi beneran loh anakku sampe ketawa terbahak2 n gak percaya gitu dan bikin aku kaget jg ternyata aku blm pernah sharing soal kredit panci sm dia hahaha

      Delete
  3. bacaan wajib emak keknya nniiich

    ReplyDelete
  4. pertama kali baca pas di toko buku,ngakak g karuan sampe dilihatin orang hehe

    ReplyDelete
  5. Baca komik mak irits itu spt menertawakan diri saya sendiri... He h ehe

    ReplyDelete
  6. hihii...kayaknya lucu ya isinya, makte Sary

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh, belum baca? Ada fanpagenya loh :))

      Delete
  7. maooo aahh komix mak Iritnya :)
    penasaran

    ReplyDelete
  8. Waaaah wajib beli ini :D :D :D Makasih resensinya Mak Sary, jadi ga sabar pengen ke toko buku!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli yang banyak, mak! Supaya kredit panci mak irits segera lunas hahaha

      Delete
  9. Belum punya ini, wajib ada nih sebagai penanggungjawab keuangan dapur di rumah :P

    ReplyDelete
  10. wah, reviewnya asiiik...jadi mupeng bacanya. kalo pinjem bukunya, termasuk irit atau pelit yak? hehe...

    ReplyDelete
  11. Ceritanya emang nempel banget ama kehidupan sehari2 Mak.. :)

    ReplyDelete
  12. pertama kali baca...sukaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    cepet lagi bacanya aku...semoga ada sekuel kedepannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku juga bacanya cepet. Tapi diulang2 juga gak bosen yaa dan tetap ngakak hahaha

      Delete
  13. Sekarang, tas dan baju aja yang harganya 200an, bisa dikredit :D

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. Berasa ditampar-tampar gitu ya sama Mak Irit? :)))

      Delete
  15. Komik mak irit memang makjleb banget hahaha. Oh mau ada seri keduanya ya, seru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalo gak salah pernah baca di FP nya Mak Irits. Pasti tambah gokil tips-tipsnya haha

      Delete
  16. itu sih bacaannya emak2 banget ya mak... hehehe

    ReplyDelete
  17. Baca reviewnya saja sudah kerasa kerennya komik Mak Irits ini :))

    ReplyDelete
  18. Sepertinya perasaan kita sama makte saat membaca buku ini :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perasaan saat tips ngirit halaman berapa, Neng? :))))

      Delete
  19. Irit terus biar bisa beli berlian yg banyak ya

    ReplyDelete
  20. Komik yang benar2 sangat real & Indonesia bangets :)))

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)