Tips Supaya Anak Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

[Sponsored Post]



The stars are out, the moon is up
It's time to go to bed
I'm so glad you have a place
To lay your little head

Have a deep and peaceful sleep
Dream away the hours
When you wake the sun will rise
To smile upon the flowers

Go to sleep my little friend
Beneath the evening stars
You will always have a friend
No matter where you are.


(Sumber: https://m.youtube.com/watch?v=VM2qkDJyzxQ)


Setiap keluarga pasti punya kebiasaan masing-masing, termasuk kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan supaya bisa tidur nyenyak sepanjang malam. Keluarga yang sudah memiliki anak biasanya menjadikan mendongeng, mendengarkan musik, atau membaca buku menjadi kegiatan rutin yang dilakukan saat menjelang tidur. Ada juga yang harus mendapat perlakuan khusus supaya mudah tidur. Moses suka banget punggungnya digaruk-garuk sambil didongengin. Ashira, walau udah abege, kalau dipeluk erat-erat, pasti langsung lelap. Maira, sukanya pindah kesana kemari mencari tempat dingin. Dan kalau sudah ketemu tempat nyaman, dia langsung tidur, meskipun di lantai tanpa alas apapun. Namun ada pengantar tidur yang selalu setia menemani anak-anak. 


  • Musik Dan Lagu


Lirik lagu di atas merupakan lagu pengantar tidur yang kerap aku dendangkan untuk meninabobokan anak-anak saat mereka masih bayi. Biasanya sambil berbaring di sebelahnya dan mengusap-usap punggung mereka. Gak usah dibayangkan, ya, sudah berapa ribu kali aku mendendangkan lagu itu, secara ada 5 anak yang tidurnya harus aku keloni berganti-gantian selama hampir 15 tahun ini. Hehehe.

Tidur dikeloni Mama sambil minum ASI dan didendangkan lagu, belum tentu membuat mereka langsung tidur. Terutama setelah umur mereka di atas 1 tahun. Kadang-kadang sudah lama dikeloni, mereka bangun lagi dan main lagi. Kalau sudah terlalu lelah dan mengantuk, tapi sulit tidur, jadinya malah rewel. Kalau sudah begitu, aku punya jurus ampuh berikutnya, yaitu memutar CD lagu favorit mereka. 

Anak-anak memang punya lagu pengantar tidur favorit masing-masing. Awalnya, sih, aku memutar lagu apa saja yang sekiranya enak untuk menjadi pengantar tidur. Tapi seiring waktu dan pengamatan, ternyata ada 1 lagu yang benar-benar bisa membuat mereka terlelap. Dan kalau lagu tersebut berhenti sebelum tidurnya lelap, pasti matanya melek lagi. Hahaha.  Asyah, sulungku yang sekarang berumur 15 tahun, waktu bayinya cuma bisa tidur kalau diputarkan By Your Side -nya Sade. Ashira dan Bima lagu pengantar tidur favoritnya sama, Aubrey -nya Bread. Moses agak berat nih, baru bisa tidur sambil mendengar alunan Violin Romance No.2 Beethoven. Sedangkan Maira, memilih Make It Mine, Jason Mraz. 


  • Dongeng Dan Buku

Kebiasaan mendengar lagu atau musik favorit menjelang tidur, pelan-pelan mulai tergantikan dengan aktivitas lain seiring bertambahnya umur mereka. Membaca buku atau mendongeng menjadi aktivitas favorit sebelum tidur. Seru deh kalau papinya anak-anak sudah mulai mendongeng. Anak-anak suka dilibatkan juga untuk menentukan jalan cerita. Kadang-kadang kakak-kakak abege ikutan nimbrung mendengarkan dan ikut tertawa terbahak-bahak kalau ada yang lucu. Seringnya sih kalau ada yang minta didongengin, jadinya malah main dan bercanda bersama, bukannya cepat tidur karena suasana jadi ramai dengan suara dan tawa mereka. Membaca buku sebenarnya membuat suasana lebih tenang karena ada alunan musik yang menemani. Tapi gak masalah, koq. Anak-anak yang pergi tidur dengan hati bahagia biasanya gak pernah rewel saat bangun keesokan harinya.


  • Anti Nyamuk Tanpa Repot Tanpa Asap


Siapa sih yang senang diganggu nyamuk saat tidur? Suara nging-ngingnya aja udah mengganggu banget. Anak-anak pasti mengeluh dan rewel deh kalau banyak nyamuk. Apalagi kalau sampai digigit. Maira, kalau digigit nyamuk, bekas gigitannya biasanya seminggu baru hilang. Selain dengingnya mengganggu kenyamanan saat tidur dan gigitannya bikin gatal, nyamuk juga menjadi sumber penyakit yang cukup berbahaya, seperti DBD dan malaria. 

Zaman dulu, anti nyamuk masih sedikit sekali variannya. Waktu aku masih kecil, orangtuaku selalu memasang anti nyamuk bakar. Meskipun berbau dan berasap, gak ada pilihan lain selain anti nyamuk bakar itu. Yang penting bisa tidur nyenyak gak diganggu nyamuk.

Setelah berkeluarga dan punya anak, anti nyamuk jadi benda wajib yang harus selalu tersedia di rumah. Yah, pastinya pemikiranku sama dengan orangtuaku waktu aku masih kecil dulu. Saat anak tidur pun, orangtua ingin selalu memastikan anak-anaknya tetap terlindungi. Untungnya sekarang ada banyak varian anti nyamuk yang tersedia di pasaran. 

Memilih anti nyamuk gak bisa sembarangan loh. Apalagi kalau mau dipasang di kamar anak-anak. Anti nyamuk itu harus aman untuk kesehatan, efektif mengusir dan melindungi keluarga dari nyamuk sepanjang malam, sehingga kita bisa tidur nyenyak tanpa asap, tanpa repot, tanpa nyamuk. Kalau dulu orangtuaku gak punya pilihan lain selain anti nyamuk bakar, sekarang ada banyak pilihan yang lebih baik, seperti Baygon Liquid Electric Anti Nyamuk.

Baygon Liquid Electris Anti Nyamuk adalah inovasi terbaru dari Baygon yang efektif mengusir dan melindungi keluarga dari gigitan nyamuk sepanjang malam. Varian Baygon Liquid Electric Anti Nyamuk ini ada 3, yaitu Baygon Liquid Electric Base, Baygon Liquid Electric Advance dan Baygon Liquid Electric Dual Power. Ketiganya memberikan perlindungan anti nyamuk dengan inovasi terbaru dengan keunggulannya masing-masing. Ketiganya sangat efektif mengusir dan melindungi keluarga dari nyamuk sepanjang malam, bahkan untuk nyamuk tersembunyi sekalipun, sehingga kita bisa tidur nyenyak tanpa asap, tanpa repot, tanpa nyamuk. Teman-teman blogger biasanya pakai varian Baygon Liquid Electric Anti Nyamuk yang mana nih?

Baygon Liquid Electric Anti Nyamuk, aromanya sangat lembut TANPA ASAP, sehingga aman untuk kesehatan dan gak bikin mata jadi perih. Ada 3 varian isi ulang dengan keharuman berbeda, yaitu keharuman reguler (pine scent), lavender dan harum alami kayu putih (natural eucalyptus scent). 

Cara penggunaan Baygon Liquid Electric Anti Nyamuk ini pun TANPA REPOT. Tinggal colok pemanasnya ke kontak listrik. Kalau lampu indikatornya menyala, berarti pemanasnya sudah bekerja. Dengan penggunaan 8 jam sehari, 1 botol Baygon Liquid Electric Anti Nyamuk cukup untuk tidur nyenyak TANPA NYAMUK selama 45 malam. Praktis banget, kan? ^_^

Nah, kalau tiga pengantar tidur itu sudah lengkap, pasti deh anak-anak tidur nyenyak. Jam 9 malam biasanya mereka sudah tertidur semua. Jarang sekali ada yang tidur di atas jam 9 malam. Moses itu malahan tiap mau tidur selalu mengingatkan, "Mama, udah pasang obat nyamuk, belum?" Hahaha! Terbukti, ya, pengantar tidur yang selalu dilakukan sejak mereka masih bayi membuat jadwal tidur mereka jadi teratur dan nyenyak sampai pagi ^_^ Alhamdulillah, pagi hari penuh drama akibat bangun kesiangan atau anak rewel, jarang sekali aku alami. 

Teman-teman blogger punya tips unik untuk tidur nyenyak sepanjang malam? Yuk, share di kolom komentar di bawah ini ^_^


87 comments:

  1. tidur dikeloni mama sambil mimik ASI malah mamanya yang bobo duluan hihihi... aku juga paling ngga bisa tidur kalo ada nyamuk, obat nyamuk elektrik nyala terus nih kalo malem

    ReplyDelete
  2. Hihihi tipikal ibu-ibu menyusui, kayaknya. Anaknya bangun lagi, main, mamanya bobo duluan :D

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Malahan tersedia beberapa scent yg bisa dipilih sesuai selera indera penciuman kita, mak lyd :)

      Delete
  4. Ritual sebelum tidur anak memang macem-macem ya, mak. Anakku, Vito, kalo mau bobo mesti dibacain cerita, lampu harus redup, harus dipeluk dulu baru mau baca doa tidur dan langsung lelap. hehehe Kebayang ini bocah ntar lagi bujang, masa mesti dipeluk emaknya xixixi.
    Nah, beber banget emang musim DB dan penyakit sejenisnya yang dibawa nyamuk, rumah kita harus siap sedia obat nyamuk. Di rumah pakai yang spray tp ya harus dievakuasi dulu dari kamar, yang ga repot ya pake yg elektrik. hehe sama kita ya mak *toss!

    Salam hangat,
    Zia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anakku tidur, lampunya harus terang benderang :))

      Delete
  5. Sean digaruk punggungnya...kaka tazkia dipeluk dan disun dan yg pasti harus dingin dan gak ada nyamuk ^_^

    ReplyDelete
  6. Kalau aku suka ninaboboin mereka dengan lagu ninabobo batak, yang dulu sering dinyanyiin almarhumah Mama sama anak-anaknya, jadi kayak lagu turunan :)))
    Di rumah aku juga pakai baygon liquid itu. lebih karena udah familiar sama merek itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wooow, pengen denger Mbak Indah nyanyi lagu batak. Kapan, yaaa?

      Merek anti nyamuk yg aku tau dr kecil pun ya, Baygon. Setelah hidup mandiri, tetep percaya sm pilihan orangtua dulu. Cuma variannya pilih yang lebih nyaman dan praktis :)

      Delete
  7. Kalau Zahran dan Vinka, kebiasaan sebelum tidur selalu minta ditemani dulu untuk berdoa sama-sama. Terutama Zahran, mesti minta dipeluk-peluk dulu sampai dia terlelap. Kadang suka heran aja sih, sampai di usianya yang 7 dan 11 tahun ini, mereka masih aja selalu minta ditemani. Tapi Alhamdulillah, tetap bersyukur, artinya mereka merasa nyaman. Aah, kok aku jadi melow gini. Btw, selama ini juga aku pakai Baygon Electric itu mak, yang paling nyaman dari produk tersebut, enggak ada asap dan wangi yang menyegak, jadi nggak menganggu pernapasan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi si Kakak yg udah umur 15 tahun aja masih suka minta dikelonin nih. Padahal badannya udah lebih besar dari mamanya. Time flies, ya :')

      Delete
  8. Anakku pernah batuk nggak sembuh-sembuh ternyata gara-gara obat nyamuk. Padahal dah pakai obat nyamuk listrik. Kudu pinter-pinter pilih obat nyamuk yang berkualitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, salah pilih anti nyamuk bisa bikin batuk juga, ya? Sekarang udah ketemu yg cocok dong pastinya? ^_^

      Delete
  9. Kalau saya tidur nyaman dan nyenyak itu tidur di pelukan mama karena belum menkah.hehehe

    ReplyDelete
  10. Iya mak, obat nyamuk nih emang benda wajib yg harus ada di rmh, daku jg pakek ini mak, dulu bakar, trus beralih ke yg padat trs dimasukin ke alatnya gitu, apa namanya ya lupa, n skrg udh beralih lg ke cair. Baunya emang bersahabat mak dan ampuh. Nyamuk2 di rmh bakal ngungsi bahkan mungkin srklaian pindahan alias boyongan..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah aman dari nyamuk dong, ya, sekarang, kalo nyamuknya pada boyongan pindah? hihihi

      Delete
  11. Nyamuknya nggak lihat apa selucu ini digigitin? Nyamuknya kasih baygon aja mak, biar mabok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, gak liat sih kalo si lucu itu digigitin nyamuk. Dia kan bule trus kulitnya totol-totol merah. Susah lagi ilangnya >_<

      Delete
  12. Kayaknya setiap orang tua punya tips & trick nya masing-masing buat anaknya tidur. Sama kaya Orang tua saya dulu mbak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak sekalian dishare tips dan trik ortunya Mas Febrian supaya anaknya tidur? Siapa tau ada yang bisa dicontoh ^_^

      Delete
  13. Kalo gue biasanya pake Hit yang Spray buat nyamuk rangers :)

    www.fikrimaulanaa.com

    ReplyDelete
  14. anak2 memang suka punya kebiasaan sendiri jika mau tidur ya mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali :D orangtua tinggal menyesuaikan aja, ya? ^_^

      Delete
  15. kalo anak kurang tidur yang rewel g cuman anaknya tapi juga emaknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bangeeet. Apalagi kalo emaknya lagi banyak peer ya? :D

      Delete
  16. klo anak kurang tidur yg rewel g cuman anaknya tapi juga emaknya :D

    ReplyDelete
  17. Kalau Arya, lebih cepat tidur kalau dibacakan sholawat nariyah. Dari kecil sih mmg sudah aku biasakan, Mak. Tp benar memang, seiring waktu, memberi dongeng pada anak jg perlu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya anak-anak memang senang mendengarkan dongeng. Tinggal orangtuanya aja mau apa engga mendongeng untuk anaknya hehehe

      Delete
  18. Tips paling ampuh memang cuma satu : bersih!
    Bersih dan bebas kuman dan nyamuk :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanpa nyamuk, tidur tenang ya, mak :D

      Delete
  19. Aku juga pakai baygon mak, hihiiii

    ReplyDelete
  20. Nongol lagi mau nyiwel Maira :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangaaaan, nanti bangun Mairanya :)))

      Delete
  21. Nggak bisa bobok nih. Banyak nyamuk disini :(

    ReplyDelete
  22. klo susah tidur kadang dengerin lagu melow sampai akhirnya bisa tidur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal jangan ikutan jadi melow ya, kak :D

      Delete
  23. Kalo naqiya baru mau bobok kalau udah ditepuk-tepuk ... Baru 4 bulan udah mulai rewel kalo mau bobok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepok-tepok sambil dinyanyiin, heaven banget tuh, mak :)

      Delete
  24. Kalau Marwah dulu tidurnya nyenyak kalau susu terus disedotnya :D hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Giginya rajin dibersihkan juga kan, tapinya, mak? ^_^

      Delete
  25. Obat nyambuk emang kudu n wajib banget ya mak buat tidur, walo rumah udah bersih tetep aja nyamuk ada dimana2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyamuk emang nakal ya? Pintar sembunyi pula >_<

      Delete
  26. pernah nidurin ponakan pakai tepuk2 pantatnya aja xixixi,nggak pakai nyanyi,masih malu dulu hehehe....

    ReplyDelete
  27. Aku pake baygon electrik biarbobo nyenyak hehehe tapi wajib gelap gulita, kalo ada cahaya sedikitpun pasti susah bobo cakep :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bobo cakep itu kayak gimana, kakak? Sambil pose gitu ya? :)))

      Delete
    2. Sambil miring kekiri trus nyenggir hahaha

      Delete
  28. makasih tipsnyaaa mak...anak2ku di sini karena siangnya udah capek dan banyak kegiatan, jadi malem bobonya lempeng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, gak repot, ya, Mak :) Etapi ada juga loh, anak yang kelewat lelah malah jadi suka gak tenang boboknya. Mungkin badannya sakit/pegel2 gitu, ya, jadi gak nyaman :(

      Delete
  29. dua anak saya sama dua2nya pengen diusap2 punggungnya sebelum bobo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kalo mau bobo suka rebutan siapa duluan yg diusapin..akhirnya tangan kanna usapin kakaknya tangan kiri usapin adiknya :D

      Delete
  30. Moses kayak anak sulungku, mesti digaruk-garuk sebelum tidur, hihii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya digaruk-garuk bikin nyaman, ya? :)

      Delete
  31. kalo anak pertamaku musti dibelai-belai rambutnya sebelum, kalo yang adek harus sambil pegang telingaku sambil minum susu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untung anak-anakku gak ada yang suka pegang telinga mamanya menjelang tidur. Geli :)))

      Delete
  32. Aku kalau pengen tidur nyenyak pake lagu-lagu yang nuansa slow gitu langsung deh tidur pulas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagu slow emang bikin ngantuk, ya :D

      Delete
  33. Anak-anak syaa juga kalau tidur harus digaruk dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kan, mesti digaruk-garuk juga, nih :D

      Delete
  34. Wah dinyanyikan lagu..., kalau saya dulu didongengin dulu

    ReplyDelete
  35. Ngobrol, nyanyi, dongeng, main tebak-tebakan, ...kalau ga mempan juga saya yang ngalah keluar kamar biar mereka beneran diem dan tidur....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh, kalo ditinggal malah beneran tidur ya? Hehehe malah gampang dong, mak :D

      Delete
  36. solusi bagi yang tahan dengan obat nyamuk bakar, spt saya ini. Jadi tak hanya bikin tidur nyenyak si kecil, tapi buat yg dewasa pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anti nyamuk elektrik memang lebih aman untuk kesehatan keluarga :)

      Delete
  37. Duh nyenyaknya tidurnya... damai banget..

    ReplyDelete
  38. Persiapan menjelang tidurnya mirip dengan kebiasaan di rumah kami mbak. Mendongeng sebelum tidur dan pasang anti nyamuk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah jadi kebiasaan rutin, ya, Mbak? :D

      Delete
  39. iya ya dibanding anti nyamuk bakar dan anti nyamuk lotion, yg lotion bikin kulit iritasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Anakku ada yang alergi dengan anti nyamuk losion, bikin merah dan gatal.

      Delete
  40. Kedua anakku alhamdulillah pelor alias nempel langsung molor hihiiii... Suara nyamuk gak ngaruh buat mereka. Tp klo emaknya nih yg suka ribet banget sama nyamuk. Paling pas ya itu pake anti nyamuk elektrik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, enak banget kalau gampang tidur kayak gitu. Emaknya gak usah lama-lama ngelonin dong :D

      Delete
  41. Tips nya oke bgt, MakTe

    Aku biasanya suka nyanyiin lagu dan sampai skrg belom bisa dongengin Anak (bingung Aja cara dongengnya, hehe)

    Wah, ga bau ya pake anti Nyamuk? Harus cepet2 beli neh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak cerita biasa aja. Malahan aku suka ngarang aja ceritanya. Tapi diusahakan di akhir cerita ada pesan sederhana yang bisa diingat oleh anak. Gak usah yang rumit-rumit, ambil dari kejadian di siang harinya aja, tapi tokohnya diganti jadi binatang yang lucu atau diganti namanya ^_^

      Delete
  42. Pertama pakai baygon liquid itu waktu pertama kali baygon ngeluarin produk cair (tahunnya dihide) krn aku asma, gak bisa asap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau punya asma emang paling aman pakai yang elektrik, sih. Eh, gak punya asma pun mendingan pake anti nyamuk elektrik ajaa. Lebih gampang dan aman untuk kesehatan ^_^

      Delete
  43. Makte, Alisha juga aq belukan ini, kadang juga dipake emaknya, tapi bukan buat tidur, buat nemeni ngerapel Kdrama malam2 biar konsentrasi nintonya ga sambil teplok2 nyamuk gitu :)))

    ReplyDelete
  44. Makte, Alisha juga aq belukan ini, kadang juga dipake emaknya, tapi bukan buat tidur, buat nemeni ngerapel Kdrama malam2 biar konsentrasi nintonya ga sambil teplok2 nyamuk gitu :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah diulang 2x trus nyadar ada typo, tapi masih ada lagi typonya hahaha..

      Jadi anti nyamuk elektrik berguna juga untuk teman nonton Korea, ya? :D

      Delete
  45. Mak Sary, antara tulisan untuk review dan lomba sulit dibedakan. Semula tulisan ini untuk review, ternyata ada lombanya ya di Mommiesdaily. Telat tau saya.

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)