Petualangan Boci, Buku Digital Interaktif Untuk Anak 4-6 Tahun

Orangtua di era digital seperti sekarang, gadgetnya pasti diisi dengan aplikasi-aplikasi khusus anak seperti game edukatif, musik dan video anak, atau buku cerita interaktif. Iya, gak? :D Samalah kalau begitu. :D


Salah satu aplikasi online yang baru saja aku coba adalah Petualangan Boci, sebuah buku cerita interaktif untuk anak-anak usia 4-6 tahun. 

Petualangan Boci bisa diunduh gratis di Android dan iOS. Aku belum sempat mencoba instal di gadget android. Untuk iOS, aplikasi ini hanya bisa diunduh oleh iOS 6.0 ke atas. 



Boci adalah seekor bunglon cilik yang punya rasa ingin tahu yang sangat besar. Bersama sahabatnya Kato si Kakatua, mereka kerap berpetualang bersama. Cerita petualangan Boci inilah yang kemudian dikemas menjadi sebuah interactive storytelling. 

Petualangan Boci memiliki tampilan yang cukup mudah diakses dan dimengerti oleh anak-anak. Untuk anak-anak yang belum bisa membaca sendiri, ada pilihan "Dibacakan". Bisa dibacakan secara digital, artinya cerita sudah dilengkapi suara orang bercerita. Atau bisa juga orangtua yang membacakan dengan menggunakan option "Baca Sendiri". Pilihan "Baca Sendiri" ini juga bisa digunakan oleh anak-anak yang sedang dalam tahap belajar membaca supaya membacanya jadi lebih lancar.

Selain membaca/mendengarkan cerita, di tengah-tengah cerita diselipkan game-game edukatif yang berkaitan dengan isi cerita. Anak-anak harus menyelesaikan tantangan di game itu lebih dulu supaya bisa melanjutkan cerita ke halaman selanjutnya. Petunjuk cara menyelesaikan game bisa dilihat dengan mengklik tanda tanya di sudut kanan atas. 


Awalnya, aku mengira pada fitur "Dibacakan" akan dilengkapi dengan suara-suara hewan dan sound effect yang bisa membuat anak-anak jadi lebih tertarik dan penasaran. Ternyata hanya ada suara pembaca cerita sebagai pengganti suara orang yang membacakan cerita secara langsung. Mudah-mudahan di versi lengkap berbayarnya, suara digitalnya lebih dramatis, ya. Karena aplikasi Petualangan Boci yang aku unduh adalah versi yang gratis. Untuk menyelesaikan membaca keseluruhan cerita, kita harus membeli versi lengkapnya. Harganya gak mahal, hanya 35 ribu rupiah. Tidak jauh berbeda dengan harga buku anak-anak di toko buku. 


Aplikasi buku cerita interaktif seperti Petualangan Boci ini bisa dijadikan alternatif mengenalkan kegiatan bercerita dan mendongeng kepada anak-anak. Ketika anak bosan membaca/dibacakan cerita dari buku dan tertarik dengan gadget orangtuanya, gadget tersebut tetap bisa digunakan untuk menjalin interaksi orangtua dan anak. Apalagi disisipi pula dengan game edukatif sehingga bisa mengalihkan kebosanan anak saat membaca dan merangsang rasa ingin tahu anak untuk menyelesaikan tantangan membaca dan terus membaca sampai selesai.

Teman-teman blogger yang ingin mengunduh Petualangan Boci bisa mendapatkannya di link berikut ini:







21 comments:

  1. kebayang eksperesinya maira kalao dibacain dongeng hehehe

    ReplyDelete
  2. Wah, menarik. Aku mau punya ah. Thanks infonya mak :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Semoga anaknya suka ya ^_^

      Delete
  3. wih, bener lah kalau anak-anak bacanya beginian.
    jaman sekarang banyak bacaan nggak bagus yg bisa aja dikonsumsi sama anak dibawah umur :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kontrol dari orangtua itu yang penting banget, mas jeverson :)

      Delete
  4. terima kasih infonya mbak,aku langsung download ah buat Alvin

    ReplyDelete
  5. di iOS ada ya mak? kebetulan punya balita neh mak 5 th, cium n peyukk buat maira yaaak mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang aku donlot itu yng di iOS. Itu linknya aku kasih di atas. Enaknya buka via ipad/iphonenya, jadi langsung connect ke appstore. Kiss-kiss juga dari Maira utk Te nunk :*

      Delete
    2. Waah...asik banget tuh, mau juga download buat Fikri :)

      Delete
  6. Sean masih mau nggak ya download cerita begini :)

    ReplyDelete
  7. Tenggok2 dulu ... ntar download kalo dah punya anak hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih mantap banget, Kak Cumi. Pasti ntar anaknya suka deh :)))

      Delete
  8. Anak sekarang kalau mau pinter banyak fasilitasnya ya, asal ortunya tlaten nyariin bahan & mendampinginya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orangtuanya justru yang harus mau belajar lebih banyak dan lebih giat hehehe

      Delete
  9. Makin banyak pilihan ya mak.. obi juga hobi banget dibacain dongeng..sekarang favoritnya masih princess et dinosaur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Princess and dinosaurus tuh kayaknya emang fave semua anak ya :)

      Delete
  10. mari download untuk keponakan-keponakan :)

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)