Es Timun Suri Untuk Buka Puasa

Aku pernah bertanya pada suami, bener gak sih, timun suri itu hanya berbuah saat bulan Ramadhan? Soalnya, selain di waktu itu, jarang sekali kita menemukan timun suri dijual di pasaran. Iya, kan?

Padahal tentu saja tidak. Timun suri bisa tumbuh dan berbuah kapan saja. Hanya saja, karena kesegarannya, timun suri sering dijadikan sebagai minuman untuk buka puasa.
Para petani timun suri biasanya mulai menanam 3 bulan sebelum bulan puasa. Supaya pas puasa dimulai, timun suri sudah bisa dipanen. Nah, hal tersebutnya sepertinya sudah menjadi keumuman. Makanya jarang sekali kita menemukan penjual timun suri selain di bulan Ramadhan.

Saking senangnya dengan timun suri, suamiku pernah mencoba menanam pohon timun suri sendiri di halaman rumah. Senang banget waktu panen pertama kali. Sayangnya, pohonnya gak bisa bertahan lama karena hancur diobrak-abrik si Don -_- Don and the gank memang suka banget makan buah, apalagi buah kayak timun suri. Beuh, langsung tandas dalam berapa kali gigitan saja :D

Kesegaran timun suri ini memang tiada tara. Cara mengolahnya juga mudah. Cukup dikerok pakai sendok, taruh ke dalam mangkuk besar, tambahkan sirup Tjampolay Pisang Susu, air dan batu es. Aduk-aduk, sajikan di gelas. Segeeeerrrrrr! Pas banget kalau diminum saat buka puasa ^_^



6 comments

  1. nelenludah seger gini es timun suri mana masih jam 11 :)

    ReplyDelete
  2. iya mak. seger banget kalau buka puasa minum ini :)))

    ReplyDelete
  3. Favorite di rmh nih makte, segerrr....apalagi pake tjampolay, beuh harumm. sirup keluargaku di cirebon ituh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya, nengnong dari cirebon ya, sama kaya tjampolay. Asyiiik, bisa mintak oleh2 tjampolay dong kalo mudik ^_^

      Delete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)