Pengalaman Pertama Ikut Kejuaraan Renang

Aku sempat ketar-ketir ketika pelatih renang Moses menyampaikan kalau beliau akan mendaftarkan Moses ikut kejuaraan renang. Padahal waktu itu Moses baru 2 minggu latihan intensif di sekolah renang tersebut. "Memangnya Moses udah siap, Pak?" tanya suamiku. Dengan yakinnya, pak pelatih mengangguk. Beliau bilang gak ada target, yang penting anak punya pengalaman berkompetisi. 

Setelah latihan intensif setiap hari, memang kelihatan sekali kemajuan renang Moses. Speed-nya tambah cepat. Teknik renangnya pun pelan-pelan mulai diperbaiki oleh pelatihnya. Dulu, tangan kiri Moses lemah, terutama di renang gaya bebas. Sekarang, gerakan tangannya udah cakep ^_^

Tau kalau dirinya akan ikut lomba, Moses bersemangat sekali. Setiap hari selalu semangat latihan. Aku dan papinya jadi ikutan bersemangat sekaligus riweuh mengatur waktu kami. Hihihi, ya, gimana, yang harus diurusin dan dipikirin kan bukan cuma Moses seorang. Pernah suatu kali kami berdua keasyikan jalan-jalan berdua dan "terlambat" pulang ke rumah. Sesampainya di rumah, jagoan kecil itu sudah menunggu di depan pintu dan protes. "Abang udah tungguin nih dari tadi, eeeeh, mama dan papi gak pulang-pulang. Terlambat deh latihannya." Hadeeeh :)))

Seperti biasa, kami mengatur semua jadwal masing-masing dan printilan-printilan lainnya supaya pas hari H lomba, semuanya tetap terkontrol dan berjalan sesuai rencana. Tapi manusia memang cuma bisa berencana. Tepat seminggu sebelum hari lomba, Moses jatuh dan membuatnya harus dirawat di rumah sakit 3 hari. Bukan cuma jadwal latihannya yang berantakan. Semuanya berantakan. Kakak-kakaknya terpaksa bolos sekolah karena harus menemani Maira di rumah, sementara aku menunggui Moses di rumah sakit dan papinya bolak-balik mengurusi keperluan kami semua. Gak ada yang bisa kerja dan sekolah. Tapi, ya, kami sudah berkali-kali mengalami kejadian darurat seperti itu. Jadi walaupun pontang panting, hari-hari berat tetap bisa dilalui juga :')

Selama di rumah sakit, semangat ikut lombanya tetap tinggi. Ketika pelatihnya datang menjenguk, dia bilang hari Sabtu mau tetap ikut lomba. Ketika dijenguk tante Ani Berta, dengan semangat dia kasih contoh perbedaan gaya kaki gaya dada dan gaya bebas :))) Ketika perawat dan dokter berpesan supaya dia istirahat, dengan gaya khasnya dia bilang, "Saya cuma sakit pura-pura, eeeh. Udah sehat koq, kan mau ikut lomba." Hahahaha, mamanya geleng-geleng aja deh. Kata dokter, kalau tidak ada keluhan pusing dan muntah lagi sampai hari perlombaan, Moses boleh ikut lomba. 




Hari perlombaan pun tiba. Anaknya dan papinya sudah semangat sejak malam sebelumnya, aku koq rasanya muleeesss terus perutku :))) Rasanya gak tenang mau ngapa-ngapain. Kepikirannya macam-macam. Moses bisa gak, ya, start sambil saltonya? Bener gak ya gayanya? Moses bakalan ngerti gak ya dengan peraturan-peraturan lomba? Karena ternyata banyak sekali rules yang harus ditaati oleh atlet supaya gak didiskualifikasi *____*


  


Di lomba renang pertamanya ini, Moses masuk kelompok umur (KU) VA, yaitu anak/pelajar yang usianya 7 tahun ke bawah. Jumlah peserta KU VA putra ada 33 orang. Dari 4 nomor lomba untuk KU VA, Moses ikut 2 nomor, yaitu 50 meter gaya bebas dan 50 meter gaya dada. Karena kolam renang Mila Kencana Bogor hanya memiliki 8 lintasan, setiap nomor lomba masing-masing kelompok umur dibagi lagi jadi beberapa seri. Satu serinya terdiri dari 1 - 8 perenang. Moses mendapat seri 1 (giliran pertama), baik di gaya bebas maupun gaya dada. Entah bagaimana pembagiaannya, lawan Moses di seri 1 hanya 2 orang. 

Sistem penilaiannya langsung. Penentuan pemenang berdasarkan waktu tercepat. Moses juara 1 di seri 1, tapi masih kalah jauh dengan perenang-perenang KU VA lain yang sudah punya pengalaman lomba. Di nomor 50 m gaya dada, Moses urutan 11 dari 33 perenang, sementara di 50 m gaya bebas di urutan ke 20. Padahal catatan waktu renang gaya bebasnya lebih cepat daripada gaya dadanya. 

Dari 33 perenang KU VA, 11 orang termasuk Moses baru pertama kali ikut kejuaraan, jadi mereka belum punya catatan waktu yang terdaftar di PRSI. Dari 11 orang itu, waktu gaya dada Moses urutan 1, sementara di gaya bebas urutan kedua. Catatan waktu ini akan dipakai sebagai catatan untuk lomba-lomba berikutnya. 

Gimana rasanya ikut kejuaraan renang pertama kalinya? Capek banget karena harus menunggu dari pagi sementara giliran KU Moses baru sore. Tapi semuanya terbayar dengan wajah bahagia Moses dan semangatnya yang makin meletup. Tanggal 26 September kita lomba lagi ya, Bang! ^_^



Video Moses selama 2 hari ikut kejuaraan renang di Bogor




20 comments:

  1. Kayla dan Tio juga kumasukkin ke klub renang, biar lebih terarah latihannya :)
    Moses keren ih. Semangat terus ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih tante inna IndahJuli. Semangat juga ya buat kayla dan tio :)

      Delete
  2. Waahh...Moses keren banget. Diseriusin mak moga2 bisa jadi atlet nasional. Nadia udah 2 bln ini ga les renang lagi..udah nagih terus baca ini jd semangat nganter nadia les renang lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang-kadang hambatannya tuh justru dari kita (orangtua) ya :( anaknya semangat, tapi kitanya sibuk, males, jenuh, jadinya stuck anaknya. Kalo gak maksain diri jg aku suka bosen jg sebenernya mak :D

      Delete
  3. Moses keren ih...udah ikutan lomba aja. Aufa juga sudah beberapa bulan ini les renang. Lagi belajar gaya dada nih...semoga bisa ikutan lomba kayak Moses ya...

    ReplyDelete
  4. wah.. Moses kereen.. aku baru mau masukin Naia les renang. eh, iseng aja ini sih, mau memperkenalkan aja. mau sukur, gak mau ya udah. Moses tambah semangat yaa latihan renangnyaa! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih anak-anak suka main air, tapi kalo diterusin jd latihan renang intensif utk prestasi mesti liat anaknya juga. Semangat juga ya, Naia :*

      Delete
  5. mantap, udah berbakat olahraga sejak dini

    ReplyDelete
  6. Moses hebat, semangatnya luar biasa ya.
    Sama, anak lomba emaknya yang mules2 hihi, kirain aku saja yang seperti itu mak Sary :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan ibu2 ternyata begitu, ya :))

      Delete
  7. sempet ikut khawatir waktu tau kabar Moses masuk rumah sakit. Alhamdulillah, semangatnya tinggi, ya. :)

    ReplyDelete
  8. wah Moses hebat udah langsung ikut kejuaraan. Pascal les renangnya gak ada kejuaraan :) btw jaketnya sama akya alvin gagal fokus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg boleh ikut kejuaraan biasanya klub/sekolah renang yg udah diakui sm PRSI, mak. Kalo les privat biasa sih gak ada.

      Asiik, bisa foto kembaran dong sama alvin :D

      Delete
  9. Anak nya yg ikut lomba tp emak nya yg stresass haha.
    Ayo moses tgl 26 nanti jadi juara yaaaa #Semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi...

      Aamiin, aamiin, aamiin, maacih om cumiiii

      Delete
  10. suka sm komentar pelatihnya "gk ada target apa2, biar ada pengalaman berkompetisi aja". bonusnya juara...
    smangat berkompetisi moses dan raih bonus sbg juaranya yak....yoyoyowwwwww :)

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)