Melatih 5 Kebiasaan Sehat Sejak Kecil

Kesehatan itu ibarat menabung. Gak bisa kita dapat dengan cara instant, melainkan melalui sebuah proses yang seharusnya dimulai, bahkan, sejak kita lahir. Masalahnya, bayi baru lahir sampai mencapai usia tertentu, untuk aktivitas pribadinya masih sangat tergantung pada orang lain. Bayi dan anak-anak sangat tergantung kepada orangtua dan lingkungan terdekatnya untuk merawat dirinya sendiri.

Supaya anak-anak mencapai kualitas hidup sehat, ada 5 kebiasaan sehat yang aku wajibkan pada diriku sendiri sebagai seorang ibu untuk aku biasakan sejak mereka kecil. Tantangannya, beda anak beda karakter, beda-beda juga milestonenya. Jadi aku gak berani pasang target yang sama untuk setiap anak. Yang penting 5 kebiasaan sehat ini sudah mereka kuasai paling gak sebelum mereka masuk sekolah.

1. Bangun dan mandi pagi

Kebiasaan mandi dan bangun pagi aku biasakan sejak bayi. Hal ini sebenarnya gak sulit buatku karena waktu baru lahir, jadwal mandi bayi di rumah sakit pagi-pagi banget. Kadang-kadang jam 5 pagi susternya udah datang mau mandiin :))) Nah, setiba di rumah, dilanjutkan lagi meskipun gak pagi-pagi banget. Antara jam 6 sampai jam 7 pagi mereka sudah mandi. Semakin besar, ya, semakin pagi. Terutama yang sudah sekolah. Tantangannya apa? Ya, ibunya juga gak boleh malas bangun dan mandi pagi hahahaha.

2. Sikat gigi 

Nah, sikat gigi ini wajib banget hukumnya. Kalau sakit, masih boleh gak mandi. Tapi sikat gigi tetap wajib dilakukan 2x sehari. Pagi sesudah makan dan malam sebelum tidur. Anak yang masih kecil banget kadang-kadang suka ketiduran sebelum gosok gigi. Mau bangunin gak tega, kan? Kalau aku sih biasanya tetap bangunin hehehe *ibu tega* atau giginya dibersihkan pakai kasa basah. Sebisa mungkin anak-anak gak makan/minum yang manis-manis menjelang tidur supaya kalau anaknya ketiduran sebelum gosok gigi, membersihkannya gak terlalu susah. 

3. Istirahat teratur

Buat anak-anakku, istirahat sama dengan tidur. Minimal jam 8 malam sudah harus tidur. Jadi minimal 1 jam sebelumnya sudah persiapan tidur. Persiapan tidur itu adalah, anak udah makan, udah minum susu, udah gosok gigi, tubuhnya udah bersih, udah ganti baju bersih juga, dan yang penting acara main yang bikin keringetan, UDAH SELESAI :))) Yang boleh itu, baca buku, dengerin musik atau tidur-tiduran sambil dengerin papinya mendongeng. Biasanya kalau mereka pergi tidur dalam keadaan bersih dan suasana yang damai gitu, tidurnya juga lebih tenang dan bangun gak pake rewel. Ini jadi berkaitan dengan poin kebiasaan bangun pagi di atas itu tadi. Sejak kecil anak udah terbiasa dan punya alarm tubuh yang teratur. Siangnya harus istirahat atau tidur minimal 1 kali dan gak terlalu lama. Maksimal tidur siangnya 2 jam supaya malamnya gak susah tidur. Makin besar, jam istirahat siangnya biasanya makin berkurang, disesuaikan dengan aktivitas anak.

4. Cuci tangan

Umumnya anak-anak suka main air. Membiasakan mereka cuci tangan sebenernya gampang karena di pikiran mereka, cuci tangan sama dengan main air. Selama ibunya sabar nemenin anaknya "main air" dan bolak-balik gantiin baju :D, makin mudah membiasakan mereka cuci tangan. Makin besar anaknya, ya, sambil diajarinlah cara cuci tangan yang bener dan kapan harus cuci tangan. Jadi main air tanpa tujuannya gak berkelanjutan :)  

5. Minum air putih

Udah tau dong, ya, manfaat air putih untuk tubuh. Dulu, salah satu anakku ada yang susaaah banget minum air putih. Urusan minum aja mesti tarik-tarikan urat leher dulu -__- Bukan karena dia gak suka air putih, tapi karena malas atau lupa karena keasyikan main. Akhirnya sejak itu tiap anak punya botol minum masing-masing dan mereka harus menghabiskan air di botolnya sampai jangka waktu tertentu sebelum diisi ulang. 

Sebenarnya ada lagi sih beberapa kebiasaan sehat yang sebaiknya dilakukan anak-anak sejak kecil, misalnya seperti olahraga/aktivitas fisik daripada main game dan makan buah dan sayur. Tapi 5 di atas itu yang menurutku paling penting karena dasar banget dan akan dilakukan setiap hari. Aku juga membedakan kebiasaan sehat dan kebiasaan-kebiasaan baik. Kapan-kapan aku sharing juga deh kebiasaan baik yang kami pilih untuk dikenalkan pada anak sedini mungkin. 

Nah, kalau teman-teman blogger punya kebiasaan sehat apa yang sudah dilakukan sejak kecil atau dikenalkan pada si kecilnya di rumah? Share, yuk! :)



30 comments

  1. kebiasaan sehat itu sebenarnya simpel ya mba, hanya suka diskip sama orang..makasih artikelnyaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal kebiasaan yang basic banget ya. tapi bisa menolong banget untuk melatih disiplin sehat untuk diri sendiri

      Delete
  2. Pas cucok Mba Sary, saya pun menerapkan 5 hal di atas pd anak2.

    ReplyDelete
  3. Sederhana dan mudah dilakukan tapi untuk konsisten butuh usaha. Soalnya suka menggampangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, iya, bener, kita sering menggampangkan hal-hal sederhana dan melakukan yang susah-susah hehehe

      Delete
  4. yg susah diterapi yg istirahat ituu.. kalo malam, udah rutin jam 7 tet, masuk kamar. kalo siang itu.. huhuhu.. susyaah.. anaknya mau main terus. padahal balik sekolah jam 2 siang

    ReplyDelete
    Replies
    1. susyah karena gak terbiasa, biasanya. makanya kalau aku dibiasain sejak sebelum sekolah. pelan-pelan disesuaikan dengan aktivitasnya.

      Delete
  5. Akuu masih failed buat ngebiasain Naia bangun & mandi pagiii, uhuhuhu T_T

    ReplyDelete
  6. Minum air putih ituuu suka lupa T_T

    ReplyDelete
  7. sekarang menggalakkan olahraga dan makan buah2an sar

    ReplyDelete
  8. sarapan Makte, aku ga boleh sekolah atau keluar rumah dulu sama Mamah kalo belom sarapan hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, udah cukup bergizi belum sarapannya? :D

      Delete
  9. Buang sampah di tempatnya..heheeee. Iya nich emaknya sekarng di rumah malah jarang mandi pagi, kudu dibiasakan kembali saya mandi pagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buang sampah pada tempatnya aku kategorikan kekebiasaan baik. Nanti kapan2 sharing lagi deh *kalo inget* :))

      Delete
  10. Memang harus dibiasakan sejak kecil biar sudah besar jadi terbiasa, thanks mak

    ReplyDelete
  11. Aku waktu masih kecil sih masih biasa kayak gitu mbak ._. tapi pas udah kuliah, kebiasaan bangun dan mandi pagi udah ilang :p

    ReplyDelete
  12. Istirahat teratur nich yg agak susah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak cumi sih halan-halan teros, itu itungannya udah sama kayak istirahat. tapi dapat duwit ya, kak hehehe

      Delete
  13. Yang agak susah nomer 5 nih Mak te...
    terutama Ka Al..minum air putihnya tuuh dikiit banget. bekal air putih yang dibawa ke sekolah jarang banget habisnya...
    tp klo minuman berasa kayak coklat atau susu mereka doyan banget apalagi klo dingiin.
    harus digalakin dulu spy banyak minum air putih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gak dibiasain dr kecil emang gitu jadinya. Moses aja baru banyak minum air putihnya setelah rutin latihan renang. Kalo maira malah lebih suka minum air putih. Minum buat maira ya air putih. Kl minum susu dll, bukan minum, dia mintanya sesuai namanya :)))

      Delete
  14. Aku selalu sedia itu air putih dikasur xD..jadi bangun tidur pasti minum pada...
    Kalau bangun pagi pasti...soale semenjak ada raffi kalo g bangun pagi dikaplok2 biar bangun ;v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, kebiasaan di rumah jg gitu. Selalu sedia air putih deket tempat tidur, soalnya malam2 suka kebangun n minum :D

      Delete
  15. setujuuuu,,kadang hal sederhana seperti minum air putih aja susahnya minta ampun ya mbaaa...satu lagi..kurangi gula, sejak dini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, kurangi gula. Aku kl bikinin juice bwt anak2 aja gak pake gula. Makanya jg harus dibiasain minum air putih supaya gak banyak minum minuman zaman skrg yg pk pemanis buatan

      Delete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)