Belajar Membuat Home Video

Belajar Membuat Home Video.
Akhir-akhir ini istilah vlogging sedang ramai disebut-sebut di kalangan netizen. Padahal vlogging ini udah ada sejak lama. Pengertian vlogging atau video blogging secara sederhana yaitu ngeblog dengan medium utama video.

Kabarnya trend vlogging pada 2016 nanti akan semakin meningkat. Aku sendiri sudah berkali-kali mendapat tawaran kerjasama dalam bentuk video namun karena merasa belum bisa fokus, tawaran-tawaran tersebut aku tolak dengan halus dengan alasan aku memang belum memonetize akun youtubeku.


Tapi terus-terusan menolak, gak enak juga, ya. Kendalaku sebenarnya selalu terbentur masalah waktu, gadget yang gak mumpuni dan aplikasi yang terbatas. Waktu ikutan salah satu kompetisi foto dan video di Facebook, aku maksain banget bikin videonya karena punya satu momen yang klik banget dengan tema lomba. Tapi ternyata, meskipun berantakan, banyak angle video yang gak pas, video yang dibikin sehari semalam itu terpilih jadi salah satu finalis. Dan hadiahnya lumayan banget.

Kata suamiku, kalau kendala terus yang aku pikirin, ya sampai kapanpun gak akan bisa bikin video yang bagus. Aku suka belajar hal-hal baru dan termasuk orang yang tekun dalam belajar. Tapi banyak hal yang lebih penting untuk diprioritaskan saat ini sehingga keinginan untuk belajar sering tertunda. Solusinya, aku belajar pelan-pelan dengan target minimal.

Ternyata aku menikmati prosesnya walaupun sangat lambat. Ibarat naik tangga, setiap naik satu anak tangga, aku dapat ilmu baru. Mulai dari bikin video tanpa konsep hanya gabungan teks dan foto, kemudian tambah dengan sisipan lagu/musik, dan sekarang lagi belajar bikin video pake story board. Dari awal sudah dipikirkan apa dan bagaimana setiap scene yang akan ditampilkan. Hasilnya? Ya, jangan dibandingkan dengan video-video yang udah pro. Masih jauh banget lah. But at least ada pencapaian untuk diri sendiri.

Sekarang aku lagi belajar bikin video masak. Berawal dari hobi nonton video-video masak di Youtube, aku jadi penasaran, bisa gak sih aku bikin video kayak gitu juga. Saat ini aku sudah punya 2 video masak yang diunggah ke Youtube. Video cara membuat puding tahu dan video membuat mango cheesecake. Resep puding tahu sudah aku posting di blog. Resep mango cheesecakenya, nanti, ya, di postingan berikutnya. Tapi kalau mau nonton dulu videonya, silakan loh, ya. Kalau suka, boleh share, like atau subscribe ^_^




Selama belajar membuat home video, aku jadi tahu kalau ada beberapa hal yang sebaiknya disiapkan sejak awal. Aku coba share, ya.


  • Konsep video meliputi tema, isi dan pesan yang ingin disampaikan.
  • Membuat story board semacam pokok pikiran atau plot point.
  • Menyiapkan properti. Terutama kalau videonya gak cuma terdiri dari teks dan foto, tapi ada gambar bergerak (harus syuting) dan menggunakan properti. 
  • Pastikan lagu/musik pengiring untuk video tidak melanggar copy right. Apalagi kalau videonya mau diposting di Youtube. Youtube sendiri menyediakan source untuk musik yang bebas dipakai di video kita. Cara ini lebih aman dan legal. 
  • Software untuk video editing. Sekarang ada banyak aplikasi video maker/video editing yang bebas dipakai user tanpa harus bayar. Bahkan bisa juga diinstal di gadget. Yang pasti buatku sih, jangan pakai software bajakan. Kalau gak sanggup beli, cari yang yang freeware, shareware atau open source

Setelah 4 hal di atas siap, kita udah bisa mulai belajar membuat home video sendiri. Mau belajar juga? Yuk, belajar bareng!



20 comments

  1. Bideonya bagus, mak Sary. Hand blender yg diapake kayaknya samaan tuh eh, salah fokus. Btw Aku juga udah mulai memakai vlog atau infographic di beberapa artikel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hand blendernya bandel tuh, udah 14 th :))

      Delete
  2. Bideonya bagus, mak Sary. Hand blender yg diapake kayaknya samaan tuh eh, salah fokus. Btw Aku juga udah mulai memakai vlog atau infographic di beberapa artikel.

    ReplyDelete
  3. Ayooo mbakk, kita belajar bareng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu tuh harusnya bikin video baking-baking, yeee. Buat branding millie cakery juga ^_^ Aku mah ada ada waktunya buat bikin2 kue pasti bakalan bikin videonya terus tuh :D

      Delete
  4. Wah baguss. Ajarin dong mak Sary.
    Aku cuma bisa pake gabungan foto aja selama ini, itu aja sdh mumet bikinnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo deket, pasti kuajakin belajar bareng deh. Aku jg masih banyak penasarannya nih, pengen nambahin ilmunya :)

      Delete
  5. Wuiihh bikin ngiler aja nih. Ak mau makte. Cheescake nya :))

    ReplyDelete
  6. kalau aku, yang ngomporin untuk bikin video tuh Kayla. Dia kan youtuber banget, sering ngelihat video-videonya blogger luar negeri, trus dia bilang, inna bikin kayak gini dong, biar keren tulisannya :)))
    Sekarang lagi belajar pakai caranya Goenrock. Oh ya, sesekali twittku suka pakai video juga. Lumayanlah viewnya banyak.

    ReplyDelete
  7. mbaak.. baguss, jadi ngiler pengen bikin juga. dan videonya juga bagus, tapi agak bingung ini ditambah ke apa itu ditambah ke mana gitu2. tiap proses mesti ditambah tulisan lagi kayaknya yaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya bikin storyboard dulu, supaya pas editing gak riweuh bgt :)

      Delete
  8. Wow cakep banget. Hayo dibanyakin. Sekarang krn didukung gadget & platform yg support. Kyk FB, twitter & IG kan video singkat bisa automatic play juga. Utk video pendek & instan diajarin goenrock kmrn pake iMovie & Magisto. Sama kyk mbak Indah, livetweet jg lbh keren pake video.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo livetweet, aku masih prefer baca tulisan sih drpd liat video :D

      Delete
  9. Gw juga mesti belajar bikin video, cuman laptop jadulku ngak support untuk edit video. Semoga ada rejeki buat ganti laptop dulu #Amien

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ish pasti keren deh kalo Kak Cumi bikin video. Apalagi video halan-halannya tuh ^_^

      Delete
  10. Sariii whatsapan doong di 081585200806 yaa

    ReplyDelete
  11. Sariii whatsapan doong di 081585200806 yaa

    ReplyDelete
  12. maaaaaak, baru aja saya mau nulis ttg vlogging, lg nyari ide ketemu tulisan mak. keren loh videonya :)

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)