badge Sary Melati Journal : Memilih Kacamata Renang Yang Tepat

Memilih Kacamata Renang Yang Tepat

Kacamata renang gak pernah masuk list barang yang wajib beli, setidaknya sampai Moses ikut les privat renang setahun yang lalu. Dulu, kalau berenang, ya, berenang aja, gak penting pake kacamata-kacamataan. Kacamata renang or bahasa kerennya, goggles, cuma dianggap aksesoris supaya kelihatan keren :D Aku belum melihat fungsinya karena anak-anak pun biasanya gak betah pakai goggles kelamaan. Setelah Moses les, barulah dapat pencerahan kalau kacamata renang, selain bikin kelihatan keren, penting untuk melindungi mata dari air kolam yang mengandung klorin dan cahaya matahari.

Kacamata renang pertama Moses dibeli di counter di kasir tempat les renangnya. Jadi cuma asal-asalan beli, yang penting si Abang pake goggles karena semua teman-teman lesnya juga pake goggles. Sejak awal pakai goggles, kelihatan banget Moses gak nyaman. Kacamatanya gak pas dengan wajahnya dan kemasukan air terus. Tiap kali renang dan sampai di tepi kolam, gogglesnya dibuka, dicelup ke air dan diurek-urek kacanya karena berkabut. Sampe gemes deh liat kelakuannya itu karena lama-kelamaan mengganggu aktivitas renangnya. Dari situlah perjalanan panjang pencarian kacamata renang yang cocok untuk Moses dimulai.

Named it! Mulai dari goggles asal beli yang ternyata merek KW sampai goggles merek original. Bahkan saking susahnya cari goggles yang pas, sekalinya nemu, mas Adi beli 2 lagi untuk cadangan. Padahal belinya jauh pula, jadi nitip minta tolong adikku untuk beliin dan kirim pake kurir :))
Urusan kacamata renang ini memang ribet dan diamini artikel-artikel hasil browsing tips memilih kacamata renang. Cherry Cros di Swimming Without Stress menulis bahwa mereka belum menemukan kacamata renang yang cocok untuk semua orang atau wajah yang cocok dengan kacamata renang manapun :D Kalaupun udah ketemu yang cocok, salah perawatan atau setelah jangka waktu tertentu, harus diganti. Pelatih Moses menyarankan kacamata renang ganti setiap 3 bulan sekali. Udah kayak sikat gigi aja, ya :))) Begitulah, akhirnya 3 kacamata renang yang belinya jauh itu pun habis masa pakainya dan udah gak available lagi di toko tersebut. Terpaksa hunting penggantinya lagi. 

Moses sekarang lagi pakai kacamata renang Speedo Rapide Goggles dan Junior Mad Wave Ultraviolet. Dia lumayan cocok dengan kacamata renang Speedo Rapide-nya, meskipun sebenarnya ini kacamata renang untuk adult (dewasa). Hanya talinya aja diganti supaya Moses bisa adjust sendiri sesuai kebutuhannya. Saat lomba urusan kacamata renang juga bisa tricky banget. Sering ada perenang yang kacamatanya lepas pas loncat dari tempat start yang tinggi. Jadi memang harus benar-benar pas. Sedangkan yang Mad Wave Ultraviolet belum lama beli karena kata Moses keren, kalau kena panas, karet pinggirannya berubah warna jadi orange. Orange means Jingga. Jingga means Maira :)))


Mad Wave Junior Ultraviolet, makin hot makin orens :D

Berdasarkan pengalaman hunting kacamata renang untuk Moses, aku pengen share beberapa tips untuk memilih kacamata renang yang tepat dan cara merawatnya.

  • Yang pertama adalah lensa harus nyaman dan pas di mata. Ada lensa yang gelap ada yang terang. Moses lebih suka lensa terang dengan anti fog dan UV protection. Saat memilih kacamata renang jangan sampai lensa dalamnya kena jari tangan ya, karena bisa merusak anti fog-nya atau tergores. Ntar disuruh ganti loh *pengalaman diomelin penjual dan nyaris disuruh ganti -_- * Jadi cukup dorong aja ke area mata dan tekan supaya menempel. Kalau pas dan tidak lepas, meskipun tanpa tali, berarti ukurannya pas dan tidak akan kemasukan air. Pilih lensa yang memiliki pelindung karet yang empuk supaya tidak melukai kulit di sekitar mata.
  • Periksa talinya. Sebaiknya pilih yang mudah disesuaikan tapi tidak gampang lepas. Urusan tali ini juga bisa bikin pusing, bolak-balik talinya kekencengan atau kelonggaran. Untunglah nemu yang jual tali pengganti di bazaar peralatan renang di kejuaraan renang beberapa waktu lalu sehingga Moses bisa ngepasin tali kacamatanya sendiri. 

Speedo Rapide Goggles dengan tali pengganti

Kacamata renang juga perlu perawatan supaya tidak cepat rusak. 

  • Bilas kacamata renang dengan air bersih setiap habis dipakai. Jangan dilap, cukup diangin-angin sampai kering.
  • Jangan menyentuh, mengelap apalagi menggosok bagian dalam lensa kacamata. Apalagi kalau kacamata renang dilapisi anti fog (anti kabut). Anti fog bisa hilang atau lensa tergores.
  • Tali kacamata yang kotor bisa dicuci menggunakan sabun yang lembut. Lepaskan terlebih dulu dari lensanya supaya lensa gak kena sabun.
  • Simpan kacamata renang yang sudah kering dan bersih di tempat yang tidak kena sinar matahari langsung. Biasanya sih tiap kacamata renang ada tempatnya masing-masing. Dompetnya ini juga harus sering dibersihkan supaya gak lembab dan bau.

Nah, udah siap berenang? Yuk, nyeburrr! ^_^



Related stories:

#Olahraga Renang Untuk Terapi Pernapasan
#Pengalaman Pertama Ikut Kejuaraan Renang

17 comments:

  1. Yukkk nyebur bareng kpn2 di PGA situ mbakkk hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. millie udah jadi di PGA? Rencananya Moses mau ke situ jg biar bisa latihan 50 m :D

      Delete
  2. jadi jangan dipegang dan di lap ya, kaca mata renang suami saya seringnya di lap mbak *hadeuhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. AKu juga baru tau pas dimarahin penjualnya hihihi

      Delete
  3. Nah, bener banget, cari kacamata renang itu bener2 tricky. Ei juga pengalaman soalnya ribet cari kacamata renang yg pas bahkan buat ei sendiri. Sama kayak Moses, sampe sekarang ei masih minggir untuk buang air yg masuk googles :-(
    Makasih tips nya ya, sekarang jadi tau kenapa googles punya ayahnya anak2 kegores hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kacamata yang sekarang dipake Moses sih udah gak kemasukan air lagi. Tapi masih suka ngurek2 kalo pas sampai tepi kolam -_-

      Delete
  4. aku awalnya beli gak ngerti , akhirnya beli lagi buat pascal renang. Ternyata milih kacamata renang aja ada tipsnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya, aku pun baru tau pas moses udah serius latihan :D

      Delete
  5. zaman aku les renang dulu juga ibu aku begini nih, nyari kacamata yang pas buat aku. akhirnya beli juga yang anti fog dan UV protector. sekarang minusku makin gede pengen banget beli kacamata yang ada minusnya. cuma berenangnya juga kapan-kapan. sejak pake jilbab belum renang lagi karena nggak punya bajunya *curhat panjang lebar* lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli gih.. Beli sepatu sm lipstick teyus sih :)))

      Delete
  6. *cateeettt
    Raffi belum mau pake kacamata mba... Pake topi aja g mau :( ada tips ga biar mau pake aksesoris gitu..tpi g nyalahin juga seh ya... Soale kan ibunya juga g suka pake macem2 dikepala --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku suka dipakein smbil main2 di rumah pake kacamata yg elek.. Jd lama2 kebiasa :))))

      Delete
  7. kami punya koleksi banyaaak mba hehehe...dan tau ngga..supaya lensa tetap bening, taburi dengan bedak bayi saat disimpan...dan sebelum dipakai dibasahi dulu, supaya karetnya tidak getas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiik dapat tips lagi.. Maacih mama bo.. Dicatet nih ^_^

      Delete
  8. wow lumayan juga ya kalau mau awet kaca mata renangnya, dan itu bukan kaca biasa ya ada semacam lensa2 gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kacamata renang khusus untuk yg matanya minus juga ada koq :)

      Delete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)