Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil

Apa sih minuman favoritmu? Kalau orang lain menyebut dirinya sebagai coffee lover, tea lover atau milk lover, aku akan bilang kalau aku coconut water lover :D Aku memang jarang minum minuman selain air putih. Kopi palingan icip-icip aja kalau suami bikin. Minum teh atau susu kalau lagi pengen aja. Nah, air kelapa ini yang bikin ketagihan. Meskipun dalam sehari hanya minum sekali, tapi kalau gak nemu air kelapa, kayaknya kangeeeeen banget. 

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil.

Kebiasaan minum air kelapa ini sulit dihilangkan saat hamil. Malah kayaknya jadi keharusan. Apalagi di tri semester pertama, air kelapa bisa membantu mengurangi mual dan pusing.

Banyak mitos seputar air kelapa, terutama bagi ibu hamil. Katanya, kalau rajin minum air kelapa selama hamil, kulit bayinya nanti jadi kinclong, putih bersih. Halooow, kalau bapak ibunya berkulit sawo matang atau gelap, gimana caranya anaknya bisa berkulit putih :D Dan masih banyak lagi mitos-mitos lain seputar air kelapa yang sering aku dengar. Tapi karena aku bukan orang yang percayaan sama mitos-mitos yang tidak jelas, lebih baik aku share aja fakta tentang manfaat air kelapa untuk kesehatan, khususnya untuk ibu hamil.

1. Bebas lemak dan rendah kalori. 
Di bulan-bulan akhir kehamilan bawaannya biasanya haus terus, minum air kelapa gak usah khawatir BB bertambah karena bebas lemak dan rendah kalori. Tapi tetep ya, minum air putih lebih utama.

2. Mengatasi sembelit.
Pernah nonton film Castaway yang dibintangi aktor Tom Hank gak? Di salah satu adegan Tom saat terdampar di pulau terpencil, dia mengeluh karena berhari-hari harus minum dan makan kelapa. Padahal kelapa merupakan obat pencahar alami. Nah, air kelapa kaya akan serat dan membantu mengobati sembelit yang biasanya dialami ibu hamil. 

3. Mengatasi dehidrasi.
Di awal-awal kehamilan biasanya bumil mengalami mual dan muntah. Apalagi kayak aku gini, yang tiap hamil pasti mual muntah di awal kehamilan parah banget -_- Supaya gak dehidrasi, asupan cairannya harus banyak. Tapi kadang-kadang minum air putih malah bikin tambah eneq. Rasa air kelapa yang manis menyegarkan bisa membantu mengatasi kekurangan cairan. 

4. Melancarkan keluarnya urine.
Minum air kelapa meningkatkan dorongan untuk buang air kecil dan memperlancar proses pembuangannya. Beberapa ibu hamil mengalami infeksi saluran kemih selama masa kehamilan. Minum air kelapa bisa membantu membersihkan saluran kemih dan mencegah terjadinya infeksi.

5. Mengurangi kelelahan.
Manfaat ini terasa sekali oleh aku loh. Saat hamil, tubuh gampang sekali merasa lelah. Setelah minum air kelapa, tubuh langsung berasa segar kembali. Hal ini bisa disebabkan karena air kelapa merupakan minuman yang memiliki kandungan elektrolit.

Nah, buat ibu hamil, gak ada salahnya minum air kelapa sebagai ganti teh, kopi atau minuman kemasan. Banyak manfaatnya kan? Asal jangan menggantikan air putih ya. Biar gimana pun minum air putih jauh lebih menyehatkan untuk bumil. Pastikan minum air kelapa yang asli dan segar, ya. Kalau perlu, tungguin penjualnya saat motong kelapanya supaya benar-benar yakin kalau air kelapanya baru dan segar :D 

Yuk, yang suka minum air kelapa juga, share dong manfaat apa saja yang dirasakan setelah minum air kelapa.


Photo: Pixabay.com



31 comments

  1. Dulu aku juga mba pas hamil rutin banget minum ini biar bayinya bersih dan memang terbukti anakku bersih cling hehehe..klo sekarang malah tiap hari jajannya es kelapa aja ga mau airnya ;P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo es kelapa ditambahin gula or sirup gitu, ya, biasanya?

      Delete
  2. Ini bener bangeet, jaman hamil Raya aku cuman bisa minum air kelapa hijau, semakin gede hamil konsumsinya malah tambah banyak hihihi. Tapi alhamdulillah pas Raya lahir bersiiih banget, ada yg bilang gegara si air kelapa, aku ngga ngerti juga :D

    ReplyDelete
  3. Saya juga suka minum air kelapa dingin tanpa gula, segar sekali. Baru tahu ternyata banyak manfaatnya, terutama itu yg nomor 2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga taunya pas nonton film itu. Pas browsing, eh, ternyata bener :D

      Delete
  4. Pas lagi hamil tinggal di Suly, sih. Nggak ada air kelapa sama sekali TT___TT
    Tapi gantinya, aku minumnya yoghurt atau susu kedelai yg bikin sendiri, hhahahha. Saking susahnya nyari susu kedelai di sana. Suka ada di salah satu supermarket, tp nggak ready stock selalu. jadi paling sering beli yoghurt biar nggak eneg. :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, yoghurt juga enak, bisa ngurangin mual. Aku juga suka minum tapi gak sesering air kelapa

      Delete
  5. Manfaatnya banyak bangeeet, nggak lagi hamil pun sukaaa minumnya. Mudahan kalo nanti hamil, gk mual ya liat si kelapa ini wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kayaknya engga, kan rasanya seger :D

      Delete
  6. Aku baru tau lho manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Tau gitu aku dulu minum air kelapa saat hamil :D
    Aku jarang minum air kelapanya aja, seringnya sih dengan daging buahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah jarang makan buahnya, Mak ;)

      Delete
  7. Saya juga suka minum air kelapa, gak pakai 'dagingnya'. Berasa lebih seger kalau habis minum :)

    ReplyDelete
  8. aku suka air kelapa, kalau ibuku lagi beli sayur di tukang sayura ku selalu minta air kelapa sama si mamangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau di tukang sayur langgananku, air kelapanya suka dibuang2, mungkin karena kelapanya tua :D

      Delete
  9. mau coba juga ah. biar ga eneg. iya nih, saya jarang minum air putih sejak mual-mual. gimanaaa gitu rasanya.

    dulu pas kecil di rumah ada pohon kelapa gading, mbak. saya biasa manjat, metik dan mbuka sendiri tuh kelapa muda pake linggis sama bendo. kadang pas ada teman datang untuk belajar bersama juga saya ambilin kelapa muda. kadang dikasih gula, kadang enggak. dagingnya dikerok. tapi kalo saya suka yang tanpa gula atau sirup. alami aja.

    cuma kl sekarang harus nyari ke pasar atau tukang sayur. masalahnya kalo belanja sayur belum apa-apa udah mual. jadi selalu lupa. harus diniatin ke tukang kelapa deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong, kalo ke tukang sayur juga suka mual. Mungkin karena bau segala macam ya :|

      Delete
  10. saya lagi ga hamil aja suka banget sama air kelapa hihihi

    ReplyDelete
  11. Eh konon kata nya bisa bikin kulit bayi nya bersih gitu kah ???

    ReplyDelete
  12. Dulu Mbakku jg nungguin yg jual trus minta airnya. Gak nunggu hamil aku jg sukaaa

    ReplyDelete
  13. untung syaa baca bukan siang hari. Bisa clegukan kalau lihat penampakan air kelapa hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minum malam2 juga gpp koq, segerr hihihi

      Delete
  14. aku alhamdulillah sih nggak mual dan pusing di awal kehamilan. tapi pengen ngebuktiin aer kelapa bisa bikin anak kinclong, ahahahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha selamat membuktikan ^_^ Sehat terus ya :*

      Delete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)