Siapa Bilang Buah Kiwi Zespri Rasanya Asam? It's Sweeter Than You Think!

[Sponsored Post]


Ada hal berbeda yang aku rasakan di kehamilan kali ini. Aku jadi suka banget makan buah dan sayur. Sebelum hamil juga selalu mengonsumsi buah dan sayur setiap hari sih, tapi kali ini maunya porsinya lebih banyak. Layaknya orang ngidam, kalau udah makan buah atau sayur, rasanya badan segar dan enak banget. Apalagi di awal kehamilan, buah dan sayur sangat manjur menghilangkan rasa mual yang mendera. Kadang-kadang, bisa tuh seharian aku hanya makan buah dan sayur. Makan yang lain, mual!

Seiring bertambahnya umur kehamilan, napsu makan buah dan sayur yang berlebihan di awal hamil mulai kembali normal. Tapi tetap dong, menu buah dan sayur wajib ada setiap hari. Dibanding sayur, aku sebenarnya lebih suka makan buah. Mungkin karena buah rasanya lebih segar, beda dengan sayur yang kebanyakan harus dimasak dulu. Apalagi selama hamil, makan sayuran mentah dikurangi dulu.

Salah satu buah favoritku selama hamil adalah kiwi. Suamiku rajin sekali membelikan kiwi. Dua kilogram kiwi bisa habis hanya dalam waktu 2 hari? What? Berarti 1 hari 1 kilo? Ya iya sih, soalnya anak-anak juga suka banget dengan rasa buah kiwi yang manis dan segar. Padahal papinya udah berpesan, buah kiwi khusus untuk mama (yang lagi hamil), anak-anak dibelikan buah yang lain. Tapi mana mempan. Kalau ada kiwi, buah yang lain pasti gak laku.

Saat menghadiri acara Blogger Gathering Zespri beberapa hari yang lalu, aku baru tau, ternyata masih banyak orang yang belum pernah makan kiwi. Bahkan mungkin gak tau buah kiwi itu bentuknya seperti bagaimana. Iya juga sih, mungkin karena buah kiwi yang sekarang beredar di pasar Indonesia termasuk buah impor, dikirim langsung oleh Zespri Internasional, produsen buah kiwi asal New Zealand. Perusahaan ini memasarkan kiwi ke lebih dari 54 negara di dunia, termasuk Indonesia. Di kesempatan yang sama, Anastasia Damayanti, Marketing Manager Zespri Indonesia menjelaskan, Kiwi Zespri memiliki quality control yang sangat canggih sehingga keamanan produk kiwi alami dan berkualitas dengan rasa yang lezat sangat terjamin.


A photo posted by Sary Melati (@saryahd) on


Kebanyakan orang enggan mengonsumsi kiwi karena menganggap kiwi adalah buah yang rasanya asam. Wuih, padahal kalau sudah mencoba buah kiwi yang matang, rasanya manis segar dan nyess enak banget. Cara makannya juga gampang. Tinggal dibelah dua dan scoop pakai sendok. Apalagi kalau makan kiwi yang sudah matang dan baru keluar dari kulkas. Segarnya luar biasa!

Kiwi yang biasa aku, eh suamiku beli, biasanya belum terlalu matang. Jadi mesti menunggu beberapa hari dulu supaya matang dan manis saat dikonsumsi. Nah, mungkin itu juga, ya, yang bikin orang beranggapan kalau kiwi rasanya asam. Begitu beli, langsung dimakan. Padahal belum tentu kiwinya sudah matang.

Ada beberapa tips nih untuk mematangkan buah kiwi:

1. Simpan buah kiwi di suhu ruangan agar matang lebih cepat. Biasanya membutuhkan waktu 1-3 hari untuk matang dan memiliki rasa yang lebih manis. Jadi jangan simpan di dalam kulkas kalau belum matang, karena proses pematangannya jadi lebih lama di suhu dingin. Makanya rasanya gak jadi manis.

2. Buah kiwi juga bisa matang lebih cepat kalau disatukan dengan buah lain seperti pisang atau apel.

3. Jangan terkena paparan sinar matahari langsung karena bisa membuat kiwi tidak matang sempurna.


Cara memilih buah kiwi yang siap santap sangat mudah. Tekan bagian atas dengan ibu jari dan badan buah dengan jari yang lain. Kalau terasa lunak, tandanya sudah matang dan rasanya manis. Selain itu bisa juga dengan cara melihat warna buah. Warna buah kiwi yang lebih gelap menunjukkan tingkat kematangan dan kemanisan yang lebih tinggi.


Fruit Facts Kiwi Zespri New Zealand:

1. Kiwi adalah buah kaya nutrisi. Satu gram buah kiwi mengandung vitamin dan mineral lebih banyak dari buah lainnya.

2. Buah kiwi kaya vitamin C, bahkan mengandung 3x vitamin C lebih banyak dibandingkan jeruk atau lemon. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin perhari, kita cukup mengonsumsi 2 buah kiwi setiap hari.


3. Buah kiwi merupakan sumber alami vitamin E, asam folat dan potasium yang kandungannya lebih tinggi dibanding buah yang lain. Tuh kan, buat ibu hamil seperti aku, buah kiwi sangat bermanfaat sekali karena asam folat sangat dibutuhkan oleh mencegah kelainan tabung syaraf pada janin.


4. Buah kiwi mengandung antioksidan alami untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan stres.

5. Penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa orang yang mengonsumsi buah kiwi pada saat atau setelah makan terbukti mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif adalah penyebab utama penuaan dini dan timbulnya penyakit kronis seperti kanker, jantung, dan lain-lain.

6. Buah kiwi membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

7. Buah kiwi mengandung enzim pencernaan Actinidin dan serat tinggi untuk membantu kelancaran proses pencernaan. So, buat penderita asam lambung, gak perlu khawatir mengonsumsi buah kiwi karena justru manfaatnya malah lebih besar. Dibanding nanas, buah kiwi mengandung serat 2x lebih banyak.

Nah, gimana, masih menganggap buah kiwi rasanya asam dan ragu untuk mengonsumsi? Percaya deh, buah Kiwi Zespri New Zealand is SWEETER THAN YOU THINK  dan sudah pasti sangat baik untuk kesehatan ^_^


17 comments:

  1. Aku sama skali belum pernah nyobain makan buah kiwi mbak. Wkwkkwkk.... bentuknya mirip kek buah melon ya mbak. Hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda sih sama melon. Selain kecil, kulitnya ada kayak bulu-bulunya gitu. Cobain deh, tapi yang mateng ya. Rasanya enyak :)

      Delete
  2. Eh gw baru tau kalo kiwi di satukan ama buah lain jd cepet mateng, ini dasar ilmiah mya bagaimana yaaa ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak semua buah sih, Kak. Terutama kalau disatukan dengan buah yang mengandung etilen kayak apel dan pisang. Proses pematangan apel or pisang secara alami itu menghasilkan gas etilen yang bikin buah lain jadi matang juga. Kalo pake cara gak alami semacam dikasih karbit gitu kali ya. Tapi kan kl karbit gak alami, mendingan ya pake cara itu, memanfaatkan etilen yang dihasilkan oleh buah lain. Katanya sih cara ini banyak dipake sama pedagang buah, Kak.

      Delete
  3. Kiwi buah favoriteku jg makte...etapi aku mah celamitan kalo buah mah. Apa aj doyan hihihiii. Ibu hamil akan tmbh sehat dgn buah ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga celamitan. Gak cuma buah sih, pokoknya makanan enak2 deh :v

      Delete
  4. i love kiwiiiiii... apalagi kalo di juss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, malah belum pernah nih nyobain jusnya. Sukanya makan langsung aja. Pasti seger juga ya :)

      Delete
  5. iya memang kiwi enak kok enggak asem manis malahan kayak sawo...

    ReplyDelete
  6. Kemarin dibelikan suami sop buah dan didalamnya da buah Kiwi, asem mbak. Pas baca cerita mbak Sari, aku jadi penasaran sama rasa Kiwi dari Zespri ini.

    ReplyDelete
  7. Aku suka kiwiii, dan emang kalau udah matang ngga asam, tapi maniis & enyaak!

    ReplyDelete
  8. Aku suka buah kiwi, enak segeeeer. Dijadiin topping puding juga cantik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dipotong2 untuk jadi topping memang cantik bgt kiwi ini ^_^

      Delete
  9. marwah suka banget sama Kiwi, dia suka pengen di masukin ke jelly, enak asem - asem seger katanya

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)