Perawatan Bibir Kering dan Pecah-Pecah Selama Hamil

Masalah yang aku alami selama hamil, salah satunya adalah bibir kering dan pecah-pecah. Kondisi ini aku alami sejak awal kehamilan. Waktu itu aku sakit DBD dan harus dirawat 2 kali di rumah sakit. Penyebabnya karena setelah trombosit normal dan diperbolehkan pulang ke rumah, frekuensi mual dan muntah tidak juga berkurang. Malah ditambah diare selama 2 hari. Akhirnya setelah 5 hari di rumah, aku masuk UGD dan harus dirawat (lagi). Pemeriksaan lanjutan menyatakan aku hamil.

Dehidrasi akibat sakit ditambah morning sickness di awal hamil membuat penampakan secara fisik jadi gak nyaman dilihat dan dirasa. Kulit jadi kering, muncul lingkaran hitam di mata dan yang paling bikin gak enak, bibirku perih karena kering dan pecah-pecah. Bahkan saking keringnya pernah sampai berdarah. 

Seiring waktu, kesehatanku membaik dan aku mulai menikmati masa-masa hamil. Tapi masalah bibir kering dan pecah masih sering aku alami terutama pagi hari saat bangun tidur. Biasanya karena kurang minum sepanjang malam. Duh, malas banget bangun hanya untuk sekadar minum karena bikin makin sering kepengin buang air kecil. Akibatnya pas bangun pagi, bibirnya kering dan crack :(

Kalau bangun pagi kondisi bibir kering dan pecah, perlu usaha ekstra supaya kondisi bibir kembali normal dan lembab karena kalau aku biarkan, dalam waktu beberapa jam saja pasti mulai perih dan berdarah kalau ada yang crack.

Biasanya aku melakukan beberapa hal di bawah ini supaya bibir kembali lembab dan lembut:

Minum lebih banyak dan lebih sering. 
Kalau minum air putih kebanyakan bikin mual, aku tambah dengan minum air kelapa.

Makan buah lebih banyak. 
Buah favoritku selama hamil adalah buah naga merahkiwi, semangka, pisang, jeruk dan alpukat. Kalau bibir lagi kering banget, biasanya aku pilih makan buah yang mengandung banyak air, seperti semangka dan jeruk.  

‌Lebih mengutamakan makan sayur berkuah seperti sayur bening bayam dan sup.

Mengoles bibir pakai madu. 
Madunya sedikit aja, soalnya kan madu sebenarnya gak dianjurkan dikonsumsi ibu hamil.

Pakai pelembab bibir. 
Setiap hari aku pasti pakai pelembab bibir (lip balm), terutama malam sebelum tidur. Tapi beberapa produk lip balm yang pernah aku pakai, kelembabannya tidak bisa bertahan sampai pagi. Kalau semalaman kurang minum, pagi-pagi bibirku tetap saja kering. Ada juga lip balm yang meninggalkan rasa lengket di bibir dan baunya gak enak, malah bikin tidur jadi gak nyaman.

Setelah gonta-ganti lip balm, sekarang aku lagi pakai lip balm dari Utama Spice. Setelah pemakaian pertama, aku langsung suka dan merasa cocok pakai lip balm ini. Cukup oles sekali sebelum tidur, bibirku tetap lembab dan lembut sampai pagi, meskipun aku gak minum semalaman.




Utama Spice adalah brand lokal asal Bali yang mengusung konsep organik. Semua produknya 100% natural.  Aku suka sekali dengan varian Peppermint Lip Balm-nya. Diperkaya bahan-bahan yang lembut untuk mempertahankan kelembaban bibir seperti minyak kelapa murni, beeswax dan cocoa butter, pas dioles ke bibir terasa sensasi dingin menyegarkan dan gak lengket, langsung menyerap ke bibir. 




Wanginya juga enak, wangi peppermint, meskipun kata suamiku, wanginya mirip minyak angin :D Nanti kalau udah habis yang peppermint, pengen deh mencoba varian yang lain. Aku lihat di katalog produknya ada Cocoa, Tangerine dan Wellkiss.

Teman-teman ada yang punya masalah bibir kering dan pecah seperti aku atau punya tips perawatan bibir? Share dong di kolom komentar ^_^


17 comments:

  1. masalah nya sama kayak aku nich, sering bangey bibir pecah2. Kalo banyak minum jd beser mulu ihim ihik ihik

    ReplyDelete
  2. masalah nya sama kayak aku nich, sering bangey bibir pecah2. Kalo banyak minum jd beser mulu ihim ihik ihik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serba salah ya, Kak -_- Kak Cumi emang kenapa suka pecah2 bibirnya? ;D

      Delete
  3. makasih tipsnya , aku suak pakai madu kalau bibirku pecah2

    ReplyDelete
  4. Jadi pengen nyoba. Belum nemuin lip balm yang ga lengket juga hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak enak ya kalo lengket. Bibir rasanya jadi tebel :D Utama Spice ini gak lengket sih menurutku, soalnya langsung menyerap ke bibir

      Delete
  5. ga bikin eneg mak lipbalmnya? soalnya saya masih di episode mual muntah. bau dikit aja yg ga cocok lgsg ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bau kayaknya cocok2an ya. Apalagi lagi hamil. Kebetulan aku udah gak mual muntah karena udah 8 bulan juga hamilnya.

      Delete
  6. Ini problemku banget Mak, bibir kering dan kadang gatel pengen ngelupas. Abis itu berdarah dan periiih T_T
    Sampai sekarang belum nemu lipbalm yang cocok. Produk ini sudah beredar luas kan Mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah koq. Kalo online bisa beli langsung di webnya utamaspice dot com dan sociolla. Kayaknya di IG-nya bisa kontak lewat whatsapp juga deh. Kalo mau beli langsung, setauku kalo gak salah ada counternya di Grand Indonesia dan Pondok Indah. Selain Jakarta kurang tau sih.

      Delete
  7. Aku juga punya masalah bibir pecah-pecah dan kering nih, makasih sharingnya Mbk

    ReplyDelete
  8. Bibir kering ini juga menghantuiku tiap hari loh mak, ga bisa lepas dari lip balm aku mak setiap kali habis mandi. Ada link webnya produk ini mak? Aku mau dong pengin nyobain juga, thks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utamaspice dot com, mak. Di sociolla juga ada :)

      Delete
  9. makasih mbak infonya, sama seperti koment2 di atas.. belum nemu lipbalm yang cocok, jadinya yaa nahan perih ampe jadi kurang nafsu makan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau perih gak bisa makan pake sambel :D

      Delete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)