Sukses Bisnis Online Bersama Google

Penelitian baru menunjukkan perempuan Indonesia berkeinginan kuat untuk berwirausaha.

Hasil riset yang dilakukan Google melalui womenwill dari Maret - Mei 2017, menunjukkan 39% perempuan tertarik untuk berwirausaha dan 53% perempuan wirausaha berkeinginan belajar online. Namun sayangnya hasil riset juga menunjukkan kalau para perempuan ini belum memanfaatkan secara maksimal konten online untuk mengembangkan bisnis mereka.

Bagaimana Google mengambil peran dan berkomitmen untuk membantu perempuan wirausaha dan UKM Indonesia sukses online? Bahasan ini dikupas tuntas dalam acara #GoogleUntukUKM di Por Que No, De RITZ Building, Jakarta, pada hari Kamis, 26 Oktober 2017.


(Dari kiri ) Tony Keusgen Managing Director Google Indonesia, Veronica Utami Head of Marketing Google Indonesia, dan Jason Tedjasukmana Head of Corporate Communications Google Indonesia dalam acara #GoogleUntukUKM. Dengan internet, peluang sukses UKM makin besar. Kamis (26/10) Google kenalkan beragam fitur gratis, program, hingga riset agar dorong UKM di Indonesia sukses online.


Tony Kuesgen, Managing Director Google Indonesia mengatakan, fitur gratis yang diluncurkan Google pada hari itu merupakan komitmen Google untuk mendukung pemilik usaha mengelola bisnisnya secara online.




Mengapa UKM harus online? 

UKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia. Saat ini ada lebih dari 55 juta UKM di Indonesia. Namun bisnis yang memiliki situs web masih kurang dari 16% padahal hampir separuh penduduk Indonesia sudah menggunakan Internet loh. 


Untuk membantu pelaku UKM mengembangkan bisnisnya, Google meluncurkan beberapa fitur gratis, di antaranya adalah fitur-fitur baru seperti Test My Site, untuk membantu pemilik usaha menguji kecepatan seluler situs bisnisnya dan ATM payment untuk pemasangan iklan Adwords. Selengkapnya tentang fitur gratis yang disediakan Google untuk UKM bisa dilihat di infografik di bawah ini.



Di acara yang sama, Google Indonesia juga menghadirkan 3 pemilik usaha di Indonesia yang terbukti sukses mengembangkan bisnisnya setelah memanfaatkan internet.

(Dari kiri) Jason Tedjasukmana Head of Corporate Communication Google Indonesia, Andina Nabila Irvani Pemilik Slight Shop, Fadly Sahab Pemilik ZAP Clinic, dan Aprilia Melissa Pemilik Let's Go Gelato dalama cara #GoogleUntukUKM. Dengan internet, peluang sukses UKM makin besar. Kamis (26/10) Google kenalkan beragam fitur gratis, program, hingga riset agar dorong UKM di Indonesia sukses online.

Fakta menarik terungkap dari sharing session bersama tiga orang pebisnis ini. Andina Nabila, pemilik Slight Shop misalnya. Dia mengungkapkan kalau setelah memanfaatkan internet marketing untuk bisnis sepatunya, omzet bisnisnya naik sampai lebih dari 500%. Fadly Sahab, owner ZAP Clinic pun mengungkapkan hal yang sama. Setelah memanfaatkan internet, bisnisnya berkembang pesat dari 14 ke 32 cabang. Wow! Luar biasa memang kekuatan internet ini, ya. Apalagi dengan dukungan dari Google, kayaknya gak ada alasan deh untuk teman-teman wirausaha untuk memanfaatkan internet untuk mengembangkan bisnisnya. Grow your business online with GOOGLE!

Oya, kapan-kapan aku ingin bercerita tentang proses sulungku Asyah yang masih SMA merintis usahanya. Sepulang dari acara #GoogleUntukUKM , aku langsung membantunya sign up di Google Bisnisku. Harapannya supaya usahanya bisa lebih berkembang. So far, kakak Asyah baru membuka channel di Instagram saja. Wish her luck ya!


4 comments

  1. Kakak Asyah luar biasaaaa udah mulau berbisnis ya maak hebaaattt

    Itu Jason yg dulu presenter berita di TV yak? Sekarang Corp Comm Google? Kereeennn!!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, jason yg dulu presenter tv 😃

      Delete
  2. dulu pernah jualan online setahun lebih tapi baru sekarang tahu tentang google bisnis. thanks for sharing mba :D siapa tahu berguna kalau aku mau buka olshop lagi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada aplikasinya juga di playstore/appstore, jadi lebih praktis penggunaannya 😊

      Delete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)