Berimajinasi Lewat Aplikasi Dongeng Cerdik

Siapa nih yang masih rajn mendongeng untuk anak-anaknya? Aku sendiri, ngaku aja, gak serajin dulu mendongeng tiap malam untuk anak-anak. Terutama untuk Maira yang masih kecil. Kenapa ya? Bukan males sih, tapi memang lebih ke perbedaan karakter anaknya aja. 

Kalau Moses, dari kecil banget memang suka sekali baca buku *sampai sekarang loh*. Jadi hampir tiap malam sebelum tidur, dia memang suka minta dibacain buku atau didongengin. Nah, kalau Maira, beda lagi. Dia lebih suka aktivitas fisik ketimbang duduk diam baca buku. Kalau didongengin pun gak betahan. Apalagi kalau mama dan papinya lagi gaje, kehabisan stock cerita. Tambah gak mau lah dia duduk diam sebentar aja 😅


Padahal, ya, dari pengalamanku nih, anak-anak tuh butuh waktu tenang minimal 1 jam sebelum tidur supaya tidur malamnya lebih tenang dan berkualitas. Mereka tidur dengan perasaan senang, gak kecapekan dan keringatan. Mood dan tubuhnya dalam kondisi relaks. Salah satu cara untuk mencapai kondisi relaks sebelum tidur gitu, dengan mengajaknya baca buku bareng, mendongeng, dengerin musik atau aktivitas lain yang menenangkan.

Beberapa waktu belakangan ini aku lagi coba cara baru supaya Maira bisa anteng dulu sebelum waktunya tidur. Jadi awalnya aku beli nugget So Good di minimarket dekat rumah. Ternyata dapat hadiah kartu cerita CERDIK di dalam kemasannya. Kartu cerita CERDIK ini baru bisa dipakai setelah donlot aplikasi CERDIK di Playstore karena menggunakan teknologi Augmented Reality (AR).




Caranya gampang banget ternyata, scan kartunya di aplikasi CERDIK di smartphone, kemudian ajak deh anak baca ceritanya bareng-bareng. Biasanya aktivitas baca cerita di aplikasi CERDIK ini hanya membutuhkan waktu 15-30 menit. Tergantung anaknya juga sih. Kadang-kadang suka minta diulang. Kalau aku, membatasi maksimal 30 menit. Setelahnya, sambil kelonan, aku minta Maira ceritakan ulang cerita yang tadi dia lihat di kartu cerita CERDIK. Biarin aja kalau ceritanya melebar kemana-mana. Sekalian melatih imajinasinya kan? 😉 Nah, berhasil deh aku bikin Maira duduk anteng sebelum tidur. Seneng banget karena cara ini lumayan membantu Maira tidur lebih tenang, gak grubak grubuk kayak biasanya sebelum tidur 😆




Selain cerita, di aplikasi CERDIK juga ada resep untuk mengolah So Good jadi makanan yang lebih variatif loh. Gak cuma nugget digoreng doang tok! Hahaha.






Teman-teman ada yang sudah mencoba kartu cerita CERDIK ini? Gimana? Seru kan yaa ... 💚







2 comments

  1. Tio masih minta dibacain buku cerita, padahal udah bisa baca sendiri :(
    So good cerdik ini bikin penasaran ya, teknologinya bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anakku yang udah SMA aja masih excited gitu kalo dengerin dongeng hahaha

      Delete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)