Tips Mengatasi Nyamuk Bandel Dengan Yang Expert

Pagi itu aku memulai hari seperti biasa. Setelah anak-anak berangkat sekolah, aku mandi kemudian beres-beres rumah. Kebetulan suamiku sedang ada di rumah, jadi aku punya teman ngobrol dan bersenda gurau. Saat sedang menyapu lantai, tiba-tiba aku merasa badanku gak enak, ngilu-ngilu dan sakit kepala. Makin lama makin gak enak dan malah berubah jadi nyeri.

Suamiku langsung menyuruh aku berhenti beberes saat itu juga karena tiba-tiba aja aku gak kuat lagi berdiri. Aku dan suami benaran gak ngerti kenapa koq aku langsung sakit begitu padahal sebelumnya baik-baik aja. Kondisiku langsung ngedrop. Badanku panas dan menjelang sore muntah-muntah terus. Malamnya malah aku sempat pingsan di kamar mandi. Aku sih gak ingat. Suamiku yang cerita. Dia panik dan langsung mau bawa aku ke rumah sakit tapi aku menolak.

Selama 3 hari, kondisiku terus begitu. Orang serumah jadi repot karena aku sakit. Dan aku tetap saja menolak periksa ke dokter karena merasa hanya sakit kecapekan aja. Di hari keempat, Moses mulai menunjukkan gejala yang sama seperti aku. Kali itu suamiku gak bisa dibantah lagi, langsung membawa kami berdua ke rumah sakit. Padahal kondisiku sudah mulai membaik loh.

Dokter mencurigai kami kena DBD. Setelah periksa laboratorium, ternyata benar. Trombositku bahkan sudah rendah sekali, sementara Moses masih baru awal. Aku, yang tadinya menyangka sudah mulai sehat, harus dirawat, sementara Moses boleh pulang tapi tetap harus dipantau. Di rumah sakit, kondisiku ngedrop lagi dan benaran gak enak banget. Aku sampai menangis saking gak enaknya. Dokter bilang, aku datang ke rumah sakit pada waktu yang tepat jadi bisa langsung ditangani.

Di mana kami digigit nyamuk pembawa penyakit DBD itu? Sepertinya bukan di rumah atau lingkungan dekat karena tidak ada tetangga yang kena DBD pada periode waktu tersebut. Aku curiganya di tempat latihan renang Moses karena ada kasus DBD di daerah tersebut.

Intinya, mau di manapun kami digigit, nyamuk itu memang harus dibasmi. Menurut data WHO tahun 2016, nyamuk adalah hewan paling mematikan di dunia. Data dari Kementrian Kesehatan Indonesia memperlihatkan kalau DBD termasuk penyakit yang memiliki kontribusi besar dalam peningkatan jumlah kematian di Indonesia. Bayangkan, itu baru DBD loh. Padahal masih banyak lagi penyakit berbahaya yang disebabkan gigitan nyamuk.

Indonesia yang merupakan negara tropis adalah tempat favorit bagi para nyamuk. Perubahan iklim yang makin panas pun berpengaruh pada siklus hidup nyamuk.



Community Gathering Ibu Inspirasi HIT & Kumpulan Emak Blogger


Hari Kamis, 7 Desember 2017, bertempat di D-Lab, Menteng, Jakarta, aku menghadiri Community Gathering bersama Ibu Inspirasi Hit dan Kumpulan Emak Blogger (KEB). Acara dipandu MC Lia Atma dan narasumber sekaligus brand ambasador HIT, dr Lula Kamal, yang banyak memberikan insight seputar cara mengatasi nyamuk bandel. Banyak fakta tentang nyamuk yang baru aku ketahui dari gathering ini. Seperti misalnya, nyamuk itu hanya butuh 1 cc air untuk bertelur. Wah, serem banget kan? Ada setitik air saja yang luput dibersihkan, berpotensi jadi sarang nyamuk 😓




Pengalaman Hadapi Nyamuk Bandel Pakai HIT Expert

Setelah aku kena DBD, aku dan suami jadi makin parno sama nyamuk. Apalagi beberapa bulan kemudian Reiga lahir. Kasihan kan bayi kalau digigit nyamuk, bekas gigitannya susah hilang.

Oleh karena itu aku mengambil langkah preventif dengan memasang kelambu di semua tempat tidur di rumah. Yang paling penting, aku juga make sure selalu ada pembasmi nyamuk di rumah. Kelambu saja rasanya gak cukup karena masih ada saja nyamuk bandel yang menyelinap masuk ke dalam kelambu. Makanya supaya lebih tenang, pakai pembasmi nyamuk HIT yang aerosol dan HIT elektrik.

Nyamuk zaman now itu makin cerdas berevolusi. Mereka makin bandel, makanya butuh yang expert untuk mengatasinya. Nah, cuma HIT Expert dengan revolusi terbarunya yang aku percaya untuk mengatasi nyamuk bandel.

Apa saja sih kelebihan HIT Expert ini?

  • HIT Expert punya formula baru micro-particle, yang membuatnya lebih tahan lama di udara sehingga membasmi nyamuk bandel dengan lebih baik.
  • Dilengkapi teknologi Double Nozzle sehingga semprotannya lebih jauh dan lebih merata ke seluruh ruangan. Semprotan yang dihasilkan pun lebih halus.  Semprot secukupnya, jadi lebih irit kan?
  • Kemasannya baru dan ergonomis, lebih nyaman saat digenggam. 
  • Ada 2 varian wangi baru, Sweet Flower dan Fresh Citrus. Kamu sukanya yang mana? Aku sih suka yang wangi Fresh Citrus. Wanginya segar.

Supaya penggunaan HIT Expert ini lebih efektif, aku pakai cara-cara seperti di bawah ini. Dan ternyata gak jauh beda loh dengan tips yang diberikan dr Lula Kamal di acara gathering kemarin.

  • Menyemprot HIT Expert di waktu-waktu nyamuk aktif menggigit, misalnya untuk membasmi nyamuk demam berdarah, waktu yang paling tepat untuk memakai HIT Expert adalah pagi dan sore hari. 
  • Menyemprotkan HIT Expert ke udara, bukan langsung ke bantal, sofa, pakaian, atau benda-benda lain yang biasanya jadi tempat nyamuk bersarang.
  • Menyingkirkan pakaian bekas dipakai dari gantungan. Dari pada digantung, lebih baik dicuci karena suka banyak nyamuk sembunyi di pakaian yang digantung. Menurut dr Lula, nyamuk itu menyukai bau tubuh manusia. Makanya pakaian bekas pakai berpotensi jadi sarang nyamuk.
  • Menyingkirkan makanan dari ruangan yang akan disemprot HIT Expert.
  • Mematikan AC atau kipas saat menyemprot HIT Expert. Perhatikan deh, saat udara dingin, jarang sekali ada nyamuk. Tapi kalau hawanya panas, nyamuknya banyak banget dan kalau mengigit, terasa sakit dan gatal sekali. Nyamuk yang aktif beterbangan saat udara di ruangan terasa panas, makin mudah dibasmi.
  • Tutup ruangan setelah disemprot HIT Expert dan baru digunakan lagi setelah 1 jam.

Oya, ada satu lagi pesan dr Lula yang juga aku ingat-ingat. Nyamuk itu sangat suka traveling, maka mobil pun sebaiknya rutin dibersihkan dan disemprot HIT Expert untuk mengurangi penyebaran nyamuk. Nyamuk yang bersembunyi dan bersarang di dalam mobil sangat besar kemungkinannya ikut bergerak bersama mobil dan pindah ke tempat lain. 

Gimana? Punya pengalaman tidak menyenangkan karena nyamuk? Pokoknya jangan ragu lagi ya. Buat nyamuk bandel, pakai yang expert. HIT Expert!







34 comments

  1. Repot bnaget ya mba kalau sudah kena DBD. Mending repot skrg saat sehat rajin bersih2 lingkungan sekitar biar gak jd sarang nyamuk...

    Pokonya mencegah lebih baik ya dari pada mengobati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa harusnya jadi gerakan massal ya ... Soalnya bisa jadi lingkungan kita bersih gak ada nyamuk, digigitnya di tempat lain 😶

      Delete
  2. Aku baru tahu lho ternyata nyamuk suka ikut jalan2 naik mobil kita. Huhuhu. Harus sedia juga di tas yah buat semprot ke mobil kalau pergi2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada nyamuk di dalam mobil tuh ngeselin banget kan yaaa 😑😑

      Delete
  3. Ih bener ya mak sary, setelah kejadian tuh ada hikmahnya juga jadi lebih waspada terhadap nyamuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget. Liat nyamuk bawaannya parno 😅

      Delete
  4. Haduh, membayangkan kalo seorang Ibu sakit bakalan rempong dan hancur urusan dapur dan dalam negeri RT ya. Apalagi ditambah anak sakit huhu..sedih..

    Semoga si nyamuknya makin bisa diatasi dengan HiT Expert ya Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ibu-ibu sehat selalu yaa.. Nyamuk bandel, semprot HIT Expert aja :)

      Delete
  5. DBD memang menakutkan ya mba , semoga kita terhindar dari DBD. Harus rajin bersih bersih dan basmi nyamuk kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..
      Yuk, jaga lingkungan dan selalu sedia HIT Expert di rumah supaya gak diganggu nyamuk bandel

      Delete
  6. Mak, mdh2an nggak kena lagi ya. Klo sakit rasanya sedih. Mikirin anak2.. semoga sehat2 😊 aku suka yg citrus^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeay, team citrus dong kita ^_^ seger ya wanginya :)

      Delete
  7. Sekarang aku pakai HIT Expert sweet flower wangi parfum nya enak dan ampuh usir nyamuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hus hus nyamuk ... jadi tenang deh yaa :)

      Delete
  8. Paling sebel banget kalau digigit nyamuk apalagi kalau lagi pules tidurnya. Bagus juga nih HIT bisa mengatasi nyamuk bandel itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pasti kebangun kalo lagi tidur denger suara nyamuk nguing2

      Delete
  9. Duuuh, jangan sampe kena (lagi) ya Demam Berdarah. Penyakit sekarang serem-serem. Nyamuk aja berevolusi, apalagi penyakitnya :"(

    ReplyDelete
  10. Walah pasti sedih banget ya mak sakit DB-nya bisa barengan gitu. Untung sekarang udah ada HIT Expert, jadi perlindungannya bisa lebih ekstra lagi buat keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semoga pakai HIT Expert pergi semua nyamuk2nya

      Delete
  11. Nah iya banget nih, waktu itu mobil nda dipkai hampir smeingguan. Pas mau dipakai nyamuk pada bertebrangan deh, sempet mikir ini datangnya dari mana ya si nyamuk? padahal mobil kan tertutup rapat :(
    Wah ntr mau coba aah semprotin HIT Expert di mobil, nda kepikiran loh sebelumnya kaena serignya semprotnya ya di dalam rumah aja hehe. Thanks infonya ya Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sebel banget kalo di mobil banyak banget. Udah gitu susah pula ditepokinnya gak dapet2, bikin esmosi :))

      Delete
  12. Aku pake hit expert sweet flower. Tp kmrn nyoba yang citrus ternyata enak juga wanginya loh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah belum nyobain yg sweet flower, baru ngendus2 wanginya aja :)

      Delete
  13. Namanya sakit ya mak, ga pandang bulu dan usia mau siapapun kalau sudah ketularan ya mau ga mau kita harus istirahat hehe, Wahh Moses ikutan renang juga to. Btw bener banget kalau lagi nyemprot, makanan harus jauh-jauah. terims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampai makanannya kena semprot, ntar mubazir gak bisa dimakan :D

      Delete
  14. Duh serem baca cerita makTe, jgn nolak kl mesti ke RS dong mak, serem kan kl sampe telat ditangani.. huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya huhuhu kupikir sakit kecapekan aja :(

      Delete
  15. Aku jg pakai hit expert nih makte yg sweet flower. Wanginya enaaak

    ReplyDelete
  16. liat foto nyamuknya, langsung gemes pingin nabok hihihi... berarti bener ya mbak, kalau terkena DBD badan sakit semua...

    ReplyDelete
  17. Ya Allah mbaaak pernah DBD. Pasti jadi rempong banget deh itu ya rumah. Huhuhu. Dasar nyamuk bandel ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kasian suamiku hiks, jadi dia sendirian deh ngurusin semua

      Delete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)