Perawatan Bibir Kering dan Pecah-Pecah Selama Hamil

Masalah yang aku alami selama hamil, salah satunya adalah bibir kering dan pecah-pecah. Kondisi ini aku alami sejak awal kehamilan. Waktu itu aku sakit DBD dan harus dirawat 2 kali di rumah sakit. Penyebabnya karena setelah trombosit normal dan diperbolehkan pulang ke rumah, frekuensi mual dan muntah tidak juga berkurang. Malah ditambah diare selama 2 hari. Akhirnya setelah 5 hari di rumah, aku masuk UGD dan harus dirawat (lagi). Pemeriksaan lanjutan menyatakan aku hamil.

Dehidrasi akibat sakit ditambah morning sickness di awal hamil membuat penampakan secara fisik jadi gak nyaman dilihat dan dirasa. Kulit jadi kering, muncul lingkaran hitam di mata dan yang paling bikin gak enak, bibirku perih karena kering dan pecah-pecah. Bahkan saking keringnya pernah sampai berdarah. 

Seiring waktu, kesehatanku membaik dan aku mulai menikmati masa-masa hamil. Tapi masalah bibir kering dan pecah masih sering aku alami terutama pagi hari saat bangun tidur. Biasanya karena kurang minum sepanjang malam. Duh, malas banget bangun hanya untuk sekadar minum karena bikin makin sering kepengin buang air kecil. Akibatnya pas bangun pagi, bibirnya kering dan crack :(

Kalau bangun pagi kondisi bibir kering dan pecah, perlu usaha ekstra supaya kondisi bibir kembali normal dan lembab karena kalau aku biarkan, dalam waktu beberapa jam saja pasti mulai perih dan berdarah kalau ada yang crack.

Biasanya aku melakukan beberapa hal di bawah ini supaya bibir kembali lembab dan lembut:

Minum lebih banyak dan lebih sering. 
Kalau minum air putih kebanyakan bikin mual, aku tambah dengan minum air kelapa.

Makan buah lebih banyak. 
Buah favoritku selama hamil adalah buah naga merahkiwi, semangka, pisang, jeruk dan alpukat. Kalau bibir lagi kering banget, biasanya aku pilih makan buah yang mengandung banyak air, seperti semangka dan jeruk.  

‌Lebih mengutamakan makan sayur berkuah seperti sayur bening bayam dan sup.

Mengoles bibir pakai madu. 
Madunya sedikit aja, soalnya kan madu sebenarnya gak dianjurkan dikonsumsi ibu hamil.

Pakai pelembab bibir. 
Setiap hari aku pasti pakai pelembab bibir (lip balm), terutama malam sebelum tidur. Tapi beberapa produk lip balm yang pernah aku pakai, kelembabannya tidak bisa bertahan sampai pagi. Kalau semalaman kurang minum, pagi-pagi bibirku tetap saja kering. Ada juga lip balm yang meninggalkan rasa lengket di bibir dan baunya gak enak, malah bikin tidur jadi gak nyaman.

Setelah gonta-ganti lip balm, sekarang aku lagi pakai lip balm dari Utama Spice. Setelah pemakaian pertama, aku langsung suka dan merasa cocok pakai lip balm ini. Cukup oles sekali sebelum tidur, bibirku tetap lembab dan lembut sampai pagi, meskipun aku gak minum semalaman.




Utama Spice adalah brand lokal asal Bali yang mengusung konsep organik. Semua produknya 100% natural.  Aku suka sekali dengan varian Peppermint Lip Balm-nya. Diperkaya bahan-bahan yang lembut untuk mempertahankan kelembaban bibir seperti minyak kelapa murni, beeswax dan cocoa butter, pas dioles ke bibir terasa sensasi dingin menyegarkan dan gak lengket, langsung menyerap ke bibir. 




Wanginya juga enak, wangi peppermint, meskipun kata suamiku, wanginya mirip minyak angin :D Nanti kalau udah habis yang peppermint, pengen deh mencoba varian yang lain. Aku lihat di katalog produknya ada Cocoa, Tangerine dan Wellkiss.

Teman-teman ada yang punya masalah bibir kering dan pecah seperti aku atau punya tips perawatan bibir? Share dong di kolom komentar ^_^


35 comments

  1. makasih tipsnya , aku suak pakai madu kalau bibirku pecah2

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen nyoba. Belum nemuin lip balm yang ga lengket juga hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak enak ya kalo lengket. Bibir rasanya jadi tebel :D Utama Spice ini gak lengket sih menurutku, soalnya langsung menyerap ke bibir

      Delete
  3. ga bikin eneg mak lipbalmnya? soalnya saya masih di episode mual muntah. bau dikit aja yg ga cocok lgsg ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bau kayaknya cocok2an ya. Apalagi lagi hamil. Kebetulan aku udah gak mual muntah karena udah 8 bulan juga hamilnya.

      Delete
  4. Ini problemku banget Mak, bibir kering dan kadang gatel pengen ngelupas. Abis itu berdarah dan periiih T_T
    Sampai sekarang belum nemu lipbalm yang cocok. Produk ini sudah beredar luas kan Mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah koq. Kalo online bisa beli langsung di webnya utamaspice dot com dan sociolla. Kayaknya di IG-nya bisa kontak lewat whatsapp juga deh. Kalo mau beli langsung, setauku kalo gak salah ada counternya di Grand Indonesia dan Pondok Indah. Selain Jakarta kurang tau sih.

      Delete
  5. Aku juga punya masalah bibir pecah-pecah dan kering nih, makasih sharingnya Mbk

    ReplyDelete
  6. Bibir kering ini juga menghantuiku tiap hari loh mak, ga bisa lepas dari lip balm aku mak setiap kali habis mandi. Ada link webnya produk ini mak? Aku mau dong pengin nyobain juga, thks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utamaspice dot com, mak. Di sociolla juga ada :)

      Delete
  7. makasih mbak infonya, sama seperti koment2 di atas.. belum nemu lipbalm yang cocok, jadinya yaa nahan perih ampe jadi kurang nafsu makan.

    ReplyDelete
  8. Hi there to all, the contents existing at this web site are truly remarkable
    for people experience, well, keep up the nice work
    fellows.

    ReplyDelete
  9. I absolutely love your blog and find most of your post's to be
    precisely what I'm looking for. Would you offer guest writers to write content to suit your needs?
    I wouldn't mind writing a post or elaborating on some of the
    subjects you write about here. Again, awesome web log!

    ReplyDelete
  10. Wow, this paragraph is nice, my sister is analyzing such things, thus I
    am going to let know her.

    ReplyDelete
  11. I consider something genuinely interesting about
    your site so I saved to my bookmarks.

    ReplyDelete
  12. You made some decent points there. I did a search on the topic and found
    most guys will approve with your site.

    ReplyDelete
  13. Everything is very open with a clear explanation of the challenges.
    It was definitely informative. Your website is
    extremely helpful. Thank you for sharing!

    ReplyDelete
  14. You made some nice points there. I looked on the internet for the issue and found most persons will consent with
    your site.

    ReplyDelete
  15. Everything is very open with a really clear clarification of the challenges.
    It was definitely informative. Your site is very useful.
    Thanks for sharing!

    ReplyDelete
  16. Take part in be aware can certainly make money finished up
    below, nevertheless idea this article was indeed very good.
    I additionally wouldn't fully understand who
    you are but you're going to a new famed weblog writer just so
    already ?? Best wishes!

    ReplyDelete
  17. If some one desires to be updated with newest technologies then he must
    be visit this site and be up to date everyday.

    ReplyDelete
  18. For a nice and exploring on a tad bit for all
    premium quality content using this style of vicinity .
    Searching for Yahoo and google Simply put i at last located this web site.
    Reading this article specifics Which means that i’m happy to communicate that we receive an exceptionally beneficial
    weird becoming I ran across what I had. We should certainly will
    assure to help you don’t avoid this website and present
    this a glance regularly.

    ReplyDelete
  19. Amazing website. Many beneficial data in this article.
    I am just distributing the idea to most close friends ans besides that revealing inside delightful.
    And clearly, thanks a ton with your are sweating!

    ReplyDelete
  20. Paragraph writing is also a fun, if you be acquainted with
    afterward you can write or else it is difficult to write.

    ReplyDelete
  21. Excellent way of describing, and fastidious article to get facts on the topic of my
    presentation subject, which i am going to convey in university.

    ReplyDelete
  22. Appreciating the time and energy you put into your website
    and detailed information you offer. It's nice to come across
    a blog every once in a while that isn't the same out of date rehashed information. Great read!
    I've saved your site and I'm including your RSS feeds to my Google account.

    ReplyDelete
  23. I know this if off topic but I'm looking into starting my own weblog
    and was curious what all is needed to get setup?
    I'm assuming having a blog like yours would cost a pretty
    penny? I'm not very internet smart so I'm not 100% certain. Any tips or advice would
    be greatly appreciated. Appreciate it

    ReplyDelete
  24. Excellent pieces. Keep writing such kind of information on your
    site. Im really impressed by your site.
    Hey there, You have done an incredible job. I'll definitely digg it and individually recommend to my friends.
    I'm sure they'll be benefited from this web site.

    ReplyDelete
  25. First off I want to say fantastic blog! I had a quick question which I'd like to ask if you don't
    mind. I was curious to find out how you center yourself and clear
    your head before writing. I have had trouble clearing
    my thoughts in getting my ideas out there. I truly do take pleasure in writing but it just seems like the first 10 to 15 minutes are generally lost just trying
    to figure out how to begin. Any ideas or tips? Thanks!

    ReplyDelete
  26. I enjoy looking through an article that can make people think.
    Also, thanks for allowing for me to comment!

    ReplyDelete
  27. What's up friends, how is everything, and what you would like to say on the topic of this piece of writing, in my view its genuinely amazing
    in favor of me.

    ReplyDelete
  28. As the admin of this site is working, no hesitation very quickly it will be
    famous, due to its feature contents.

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)

Popular Posts