Berkelana ke Kerajaan Kupu-kupu Maros

Kupu-kupu merupakan salah satu binatang yang terkenal karena keindahan sayapnya yang berwarna-warni. Binatang yang merupakan symbol dari kehidupan dan harapan ini ternyata memiliki kerajaannya sendiri di Indonesia. Tepatnya di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung atau disingkat TN. Babul, tepatnya berada di wilayah Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep).

sumber: katalogwisata

Untuk sampai di Kerajaan Kupu-kupu ini, kamu bisa terbang ke Makasar dengan menggunakan pesawat Batik Air, silakan cek ketersediaan tiket Batik Air di Traveloka untuk kenyamanan berwisatamu. Siapa tahu kamu beruntung mendapatkan tiket murah di sana. 

TN Babul terkenal karena menyuguhkan wisata alam berupa lembah bukit kapur, air terjun, gua, stalakmit, stalaknit dan yang terkenal adalah habitat beragam spesies kupu-kupu. Terdapat lebih dari 20 spesies kupu-kupu yang dilindungi, inilah yang menyebabkan TN. Babul di juluki sebagai The Kingdom of Butterfly atau kerajaan kupu-kupu oleh Alfred Russel Wallace yang menghabiskan sebagian hidupnya untuk meneliti berbagai jenis species kupu-kupu di kawasan ini. 


sumber: beritadaerah

Salah satu species yang ada di Kerajaan Kupu-kupu ini adalah Troides Haliphron Boisduval, Troides Helena Linne, Troides Hypolitus Cramer, Papilo Adamantius, dan Cethosia Myrana.

Meski terdapat banyak species kupu-kupu, ternyata saat ini tak banyak kupu-kupu yang bisa dilihat secara langsung. Hal ini karena ramainya pengunjung membuat kupu-kupu bermigrasi jauh ke dalam hutan. Namun tak perlu khawatir, karena di TN. Babul pun kamu bisa melihat kupu-kupu yang telah diawetkan di museum kupu-kupu. Meski museum kupu-kupu ini tak terlalu luas, namun tertata rapi dengan beberapa etalase kaca di sepanjang dinding dengan aneka warna dan jenis kupu-kupu dan yang terbanyak adalah jenis yang berasal dari Bantimurung.

sumber: id.wikipedia.org

Selain dapat melihat kupu-kupu, di sini juga terdapat hampir 80 gua alam dan gua prasejarah, dan gua yang paling sering di kunjungi wisatawan adalah Gua Batu dan Gua Mimpi. Saat menuju ke Gua – gua ini kamu akan di suguhkan rimbunnya hutan dengan monyet-monyet yang berpindah dari satu dahan ke dahan lainnya. Selain itu juga terdapat air terjun bersejarah yang dicantumkan pada perjanjian Bungaya I dan perjanjian Bungaya II pada tahun 1667-1669, dan merupakan awal dari penemuan nama Batimurung. 

sumber : phinemo

Dan yang paling teranyar juga jangan sampai kamu lewatkan adalah Jembatan Langit Helena atau Helena Sky Bridge. Destinasi ini di buka sejak akhir tahun 2017, namun sudah mampu menarik banyak pengunjung. Dari atas ketinggian 50 meter dan panjang 200 meter, kamu bisa melihat pemandangan indah TN. Babul dan tak jauh dari sana terlihat kubah raksasa penangkaran kupu-kupu, kamu bisa berfoto di sana dengan berlatar gunung karst yang menambah instagenik fotomu. Jangan lupa membawa perlengkapan fotomu agar hasilnya lebih maksimal. Selain itu, jaring-jaring pengaman malah membuat fotomu menjadi lebih menarik.

Baca: Pengalaman

Jangan khawatir mengenai keamanan, karena setiap pengunjung yang naik di batasi 5 orang sekali naik, dan kamu harus antre menunggu untuk bisa naik ke atas. Selain itu juga setiap pengunjung akan di bekali dengan keamanan yang standar, mulai helm dan webbing yang cukup lengkap juga terdapat jaring-jaring pengaman di sekeliling jembatan. Tiket masuk untuk hari biasa Rp 20.000, kalau hari libur 22.500. Buka setiap hari, pukul 08.00-17.00.

Jadi, sudah menentukan waktu yang pas untuk berkunjung ke Kerajaan Kupu-kupu? Segera buka Traveloka dan pesan tiket Batik Air sekarang juga. Selamat berpetualang.


9 comments

  1. Inilah Indonesia kaya, dan aku mupeng banget ke Maros 😍

    ReplyDelete
  2. Aku sudah pernah nih ke Bantimurung ini, dan serasa berada di kerajaan kupu-kupu, apalagi hewan yang kusuka ya kupu-kupu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, envy .. Pasti bagus banget, ya, Mbak. Aku juga suka kupu-kupu, apalagi kalau sayapnya lebar dan cantik-cantik gitu :)

      Delete
  3. Duh itu nama spesies kupu-kupunya bikin lidah kepleset, Mak 😁😁😁. Eh tapi viewnya cakep, ya. Jadi pengen ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, namanya cantik, fi, secantik sayapnya kupu-kupu :D

      Delete
  4. seru ini berwisata kesini murah dan edukatif banget

    ReplyDelete
  5. wah sekarang di sekitar kita sudah gak banyak lagi bisa lihat kupu2 ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, di sekitar rumahku juga udah jarang lhat kupu-kupu

      Delete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)