Cara Efektif Atasi Ruam Popok Berulang dan Susah Sembuh

Ruam popok selalu jadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar ibu yang memiliki bayi. Padahal sebenarnya, ruam popok itu bukan masalah kulit yang berbahaya. Namun jika tidak ditangani dengan baik dan benar, resikonya meningkat jadi masalah kulit yang lebih serius karena berulang terus dan makin parah sehingga sulit diobati. Makanya, ketika anakku ada yang terindikasi kena ruam popok, aku sesegera mungkin mengatasinya supaya cepat hilang.


Ruam popok adalah kondisi kulit yang mengalami peradangan, dengan atau tanpa terkikisnya lapisan kulit, akibat paparan terus menerus (berulang) dari urin dan faeses di sekitar area genital. Ruam popok tidak hanya bisa dialami oleh bayi tapi juga orang dewasa. Biasanya orang dewasa yang tidak bisa bangun dari tempat tidur karena sedang sakit atau menjalani perawatan serius.

Beberapa faktor yang menyebabkan ruam popok:

- Iritasi karena kulit terpapar urin dan faeses terlalu lama.
- Gesekan atau kulit sensitif terhadap bahan kimia seperti detergen, sabun, dll.
- Perubahan bentuk makanan, misalnya dari ASI ke MPASI.
- Infeksi bakteri atau jamur.
- Bayi/anak mendapat terapi antibiotik.

Penanganan ruam popok sebaiknya dilakukan sesegera mungkin. 

Setiap kali bayi/anak BAB:
  1. Segera lepaskan popoknya yang basah/kotor.
  2. Bersihkan daerah popok dengan air hangat, bila perlu dengan sabun cair dan bilas sampai bersih.
  3. Keringkan dengan handuk yang lembut.
  4. Oleskan salep atau krim khusus bayi untuk melindungi dan menjaga kelembaban kulit yang sedang meradang/iritasi tersebut.
  5. Bila tidak ada perubahan, segera bawa ke dokter.

Baca juga tentang Bye Bye Ruam Popok

Bila tidak ada perubahan, mengapa harus segera dibawa ke dokter? Padahal katanya ruam popok bukan masalah kulit yang berbahaya. Itu karena bisa jadi kita salah cara penanganannya, Moms. Bisa jadi, cream yang kita gunakan ternyata tidak sesuai dengan jenis ruam popok yang dialami bayi/anak kita. Ruam popok yang disebabkan jamur tentunya butuh salep/cream yang berbeda dengan ruam popok yang disebabkan urin/faeses. 

Bagaimana Bila Ruam Popok Berulang Terus dan Susah Sembuh?


Pernah mengalami seperti itu, Moms? Aku sering. Sudah ke dokter, sudah dirawat dengan sebaik-baiknya, koq ruam popoknya gak hilang-hilang dan lama sekali sembuhnya. 

Hari Sabtu (26/5/2018) aku hadir ke acara Blogger Gathering bersama 3M dan Kumpulan Emak Blogger, di Ocha & Bella Restaurant, Jakarta. Tema Gathering adalah "Love Your Baby Love Your Skin."



Blogger Gathering 3M & Kumpulan Emak Blogger


3M sendiri adalah perusahaan internasional yang awalnya bergerak di bidang pertambangan (mining). Dalam perkembangannya, produk-produk 3M terus bertambah mulai dari Industrial, Electronics & Energy, Safety & Graphics, Consumer dan Health Care. 






Di acara gathering ini, 3M memperkenalkan 3M Cavilon No Sting Barrier Film, produk health care untuk proteksi kulit serba guna termasuk untuk perawatan kulit yang terkena ruam popok sehingga tidak terulang dan lebih cepat sembuh.

Kelebihan 3M Cavilon No Sting Barrier Film:
- Produk yang inovatif dalam pencegahan kerusakan kulit. Serbaguna melindungi dari cairan tubuh, gesekan dan perekat.
- Non sitotoksis
- Barrier film bebas alkohol dan pewangi akan membentuk lapisan pelindung transparan yang mudah bernapas pada kulit. 
- Tidak membuat kulit terkelupas akibat bersentuhan langsung dengan popok.

Bagaimana sih cara pakainya?

3M Blogger Gathering menghadirkan beberapa narasumber dokter yang berpengalaman menggunakan produk Cavilon untuk perawatan para pasiennya, yaitu dr Rina dan dr Putri, keduanya dokter spesialis anak khusus bayi baru lahir di RSCM dan dr Sony, dokter bedah sekaligus praktisi perawatan luka di RS Premier Jatinegara.




Beliau-beliau ini secara transparan berbagi pengalaman merawat pasien dengan kondisi ruam popok yang sangat parah dan bagaimana penggunaan 3M Cavilon No Sting Barrier Film dalam membantu perawatan kulit pasien sehingga jadi lebih cepat sembuh.

3M Cavilon No Sting Barrier Film bukan obat melainkan proteksi untuk melindungi kulit yang sedang meradang terkena paparan urun/faeses berulang-ulang dan mencegah kulit makin rusak akibat gesekan dengan popok.

Apabila bayi/anak kena ruam popok, lakukan penanganan seperti yang aku tulis di atas.


  • Olesi kulit yang kena ruam dengan salep/krim khusus ruam popok. Apabila sudah ada iritasi, pakai krim yang mengandung zinc untuk menjaga kelembaban kulit.
  • Semprot kulit yang sudah dioles krim dengan 3M Cavilon No Sting Barrier Film. 
  • Pakai popok baru yang bersih dan kering. 

Barrier film Cavilon akan melindungi kulit yang sudah dolesi salep/krim selama 72 jam dari urin/faeses dan gesekan dengan popok. Selama ini kan setelah diolesi krim, bayi langsung pakai popok lagi. Salep/krim tidak melindungi kulit yang sedang iritasi dari gesekan dengan popok, akibatnya kulit makin terkikis dan krim pun hilang. Begitu juga saat ganti popok, kulit rentan langsung terkena lagi urin/faeses. Sedangkan bila pakai 3M Cavilon No Sting Barrier Film, kulit yang sudah diolesi krim terlindungi. Ruam popok lebih cepat sembuh karena krim berkerja secara optimal.




Aku belum pernah mencoba produk 3M Cavilon No Sting Barrier Film sebelumnya. Tapi  I would love to try. Kalau ada cara efektf atasi ruam popok berulang dan susah sembuh, kenapa gak dicoba kan? Apalagi masalah ruam popok ini masih suka aku alami. Semoga dengan memakai produk ini, gak akan lagi mengalami drama ruam popok yang berkepanjangan.

Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Di bawah ini aku share tips pencegahan ruam popok:

  1. Menjaga kulit bayi tetap bersih dan kering.
  2. Segera ganti popok kotor dan lakukan sesering mungkin. Jadi jangan mentang-mentang pakai popok sekali pakai jadi jarang diganti, ya, Moms.
  3. Bersihkan kulit bayi dengan air hangat saat mengganti popok.
  4. Oleskan/semprotkan krim/film pelindung untuk melindungi kulit bayi dari gesekan dan basah.
  5. Keringkan kulit bayi dengan haduk lembut sebelum ganti popok baru.
  6. Biarkan bayi tidak pakai popok paling sedikit 2-3 jam sehari agar kulitnya tidak panas dan lembab.
  7. Pakai popok yang sesuai dengan ukuran dan berat badan bayi.

Baca juga tentang Toilet Training Untuk Bayi

Teman-teman ada yang sudah punya pengalaman memakai 3M Cavilon No Sting Barrier Film untuk melindungi kulit yang sedang ruam popok? Share ya pengalamannya di kolom komentar 😊

22 comments

  1. Benar-benar melindungi ruam dari urine dan feses mbak. Bahkan masih tahan 3 hari. Alhamdulillah pakai Cavilon ini, proses penyembuhan ruam popok Rayyan lebih cepat dan tidak rewel seperti sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah senangnya. Semoga Rayyan gak kena2 lagi ruam popok ya. Gak tega liatnya. Pasti perih banget :(

      Delete
  2. salam kenal mbak sary.. anakku umur 11 bulan udah 2 minggu pantatnya ruam.. katanya akibat pake pospak terus.. bener gak mbak? aku pengen nyoba cavilon itu mbak sary beliny dmana ya dan harga berapa? maaf banyak tanya mbak.. makasih seblmny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, mbak Kartika :) Pengalaman saya, iya, bisa jadi karena pemakaian popok sekali pakai terus menerus atau terlalu lama tidak diganti, jadi kulit bayi basah dan terpapar urin dalam jangka waktu lama.

      Beli online bisa di Lazada/Shopee, harganya sekitar 180ribu-an. Semoga cepat sembuh ruam popok anaknya, ya, Mbak :)

      Delete
  3. Apotik jual gak mba sari? Kebetulan saya lg cr informasi ttg ruam ketemu tulisan dari mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bulan Juni/Juli nanti kabarnya bisa dibeli di apotek Kimia Farma. Terima kasih ya sudah membaca tulisan di blog ini :)

      Delete
  4. Ruam popok bikin ibu panik ya mbak, Prabu sempet kena ruam popok mau olesin krim aja takur perih eh ketemu sama Cavilon ini membantu banget tinggal semprot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, semoga sekarang udah sembuh ruam popoknya Prabu. Kasian deh kalo anak kena ruam popok :(

      Delete
  5. mau tanya.... kira2 aman tdk bu untuk pemakaian terus menerus?

    ReplyDelete
  6. mak sary, ruam popok ini datangnya suka tiba-tiba ya mak... baru tau ada produknya 3m si cavilon ini, coba tau dari dulu ya mak

    ReplyDelete
  7. Kasian kalau si kecil ruam popok, rewelnya gak nahan deh. Untung udah ada Cavilon ya, praktis banget tinggal semprot, jadi gak perlu khawatir lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetep harus diobati dulu ruam popoknya pakai salep/krim khusus ruam popok. nanti si cavilon ini melindungi kulit yang sedang diobati krim dari gesekan dan paparan urin/faeses. jadi gak langsung semprot ke ruamnya mak

      Delete
  8. Berguna banget ya Mak Sari 3M Cavilon ini. Bisa untuk berbagai macam luka ya nggak hanya ruam popok?

    ReplyDelete
  9. Ini harusnya bisa untuk luka biasa juga kali ya Mak? Menarik deh kalo produk kaya gini bisa didapat dengan mudah, persediaan buat p3k

    ReplyDelete
  10. Kalau dilindungi pakai Cavilon, ruam yang diobati jd lekas sembuh ya mak. Produk bagus yg mesti dimilik oleh ortu niih.

    ReplyDelete
  11. Iya, ruam akibat popok emang sering banget terjadi sama bayi. Makasih atas infonya....

    ReplyDelete
  12. Great weblog right here! Additionally your web site quite a
    bit up very fast! What host are you the use of?

    Can I get your associate hyperlink on your host? I wish my
    website loaded up as quickly as yours lol

    Here is my web-site inchirieri in uk anunturi

    ReplyDelete
  13. Wahh, terima kasih mbak informasi yang sangat membantu para ibu - ibu banget.

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)