Panduan Memilih Sekolah Untuk Anak

Tahun ini Maira naik tingkat ke TK B. Itu artinya tahun depan masuk SD. Gak terasa, ya? Rasanya baru kemarin masih jadi anak bayi yang tiap difoto selalu pakai gaya kaki melintir 😄

Memilih SD untuk anak selalu jadi bahasan serius di antara aku dan suami. Bahkan pembahasannya bisa dimulai bertahun-tahun sebelum anak masuk di SD tersebut. Soalnya memilih SD ini krusial untuk perkembangan anak ke depannya. Jangan sampai salah pilih sekolah yang akhirnya malah membuat mereka jadi trauma dan gak senang belajar. Padahal sejak dulu kami menganut prinsip, belajar itu seharusnya dengan perasaan bahagia, bukan terpaksa. 


Sampai sekarang, kami belum memutuskan Maira masuk SD di mana. Apakah akan di SD yang sama dengan Moses, atau cari lagi yang lain. Kenapa sekarang ragu memilih SD yang sama dengan Abangnya, padahal dulu merasa sekolah itu sudah paling sesuai dengan ekspetasi kami dan kebutuhan anak? Alasannya karena sejalan dengan waktu, kami menemukan beberapa ganjalan yang dulu tidak kelihatan/dirasakan. Jadi masih menimbang-nimbang, apakah kalau Maira sekolah di sana, ganjalan-ganjalan itu akan menimbulkan dampak positif/negatif yang lebih besar. 


Panduan Memilh Sekolah Untuk Anak Zaman Now


Panduan Memilih Sekolah Untuk Anak


Buku Panduan Memilih Sekolah Untuk Anak Zaman Now adalah sebuah buku yang awalnya berupa ebook dan sudah diunduh puluhan ribu. Pengarangnya adalah Bukik Setiawan, Andrie Firdaus dan Imelda Hutapea. Ketiga orang ini memiliki latar belakang sebagai guru dan penggiat pendidikan serta memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pendidikan anak Indonesia. Khususnya Kak Bukik sendiri, aku mengenalnya lewat Twitter dan selalu mengikuti kiprahnya sampai sekarang. Dalam banyak hal, pemikiran dan pendapat Kak Bukik mewakili apa yang aku rasakan khususnya tentang pendidikan anak-anak.


Awalnya aku berpikir, aku gak butuh baca buku Panduan Memilih Sekolah Untuk Anak Zaman Now. Lah, buat apa? Rasanya pengalamanku cukup koq, anakku bahkan ada yang sudah menjelang kuliah. Buat apa lagi belajar tentang hal yang sudah berulangkali aku alami?

Tapi ternyata aku salah dan bersyukur sekali akhirnya membaca buku ini. Menjadi orangtua itu proses belajar seumur hidup. Apalagi jadi orangtua di zaman now, zaman digital. Pola pengasuhan dan pendampingan anak pun harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Tentunya berbeda pola parenting yang dulu aku terapkan untuk Asyah yang sekarang umurnya sudah 17 tahun dengan pola parenting yang sekarang aku terapkan untuk Maira yang sekarang umurnya 5 tahun atau Reiga nanti ketika berumur 5 tahun. Zamannya Asyah waktu umur 5 tahun berbeda dengan zamannya Maira sekarang saat umurnya 5 tahun.

Baca juga tentang Belajar Menjadi Orangtua

Buku Panduan Memilih Sekolah Untuk Anak Zaman Now ini membantuku untuk memahami bagaimana ciri anak-anak zaman sekarang dan keterampilan penting apa yang sebaiknya mereka kuasai untuk sukses di masa depan. Memiliki pemahaman yang baik tentang perkembangan anak zaman sekarang membuat orangtua bisa memilih sekolah yang tepat dan menumbuhkan anak.


Panduan Memilih Sekolah Untuk Anak


Aku suka membaca buku Panduan Memilih Sekolah Untuk Anak Zaman Now ini karena bahasa tulisan yang digunakan mudah dimengerti, sistematis dan pasti menjawab semua pertanyaan yang muncul saat memilih sekolah anak. Isinya sangat lengkap, mulai dari wawasan tentang ciri anak zaman now, cara belajar, pemahaman tentang sekolah, panduan memilih sekolah, sampai lembar observasi dan wawancara untuk memudahkan orangtua menilai dan memilih sekolah. 


Panduan Memilih Sekolah Untuk Anak


Sekolah pada zaman dulu mungkin bukan pilihan. Tapi perkembangan zaman memberi banyak pilihan kepada orangtua. Anak-anak pun tumbuh dan berkembang sesuai dengan zamannya. Tantangan yang akan dihadapi di masa depannya, berbeda dengan tantangan yang pernah orangtua hadapi. Banyak perbedaan, banyak perubahan. Sudah siapkah kita mendampingi mereka menghadapi perubahan nanti? Sudah siapkah kita sebagai orangtua menjalani perubahan? Mengutip salah satu penyataan penulis di buku ini, orangtua adalah komunitas yang punya pengaruh besar dalam pendidikan anak. Mulailah ambil peran dalam melakukan perubahan pendidikan dengan memilih sekolah untuk anak kita. Orangtua berubah, sekolah berubah, pendidikan berubah.

Orangtua bukan korban tanpa daya, karena punya kewenangan untuk memilih sekolah yang tepat untuk anaknya.

So, Moms, Ayah, Bunda, Bapak, Ibu, kalau kalian sedang galau dan butuh panduan bagaimana memilih sekolah terbaik untuk anak, aku rekomendasikan banget untuk membeli dan membaca buku ini. Mencerahkan sekali! Bukunya bisa dibeli melalui link ini ya http://bit.ly/tipsmemilihsekolah

Share yuk pengalaman kalian memilih sekolah untuk anak 😊

3 comments

  1. wah sulit gambapng ya, kalau masih kecil kita yang 1005 menentukan kalau sdh besar juga hrs mempertimbangkan anak mau dimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, mikirinnya harus jauh sampai ke depan :)

      Delete
  2. Ngikutin Maira dari zaman bayi, sekarang udah mau TK B aja :)

    Bagus ya bukunya. saya suka buku yang ada ilustrasinya begitu

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)