Belanja Lebih Hemat Selama Bulan Ramadan

Gak terasa, ya, sebentar lagi Ramadan 😇 

Ramadan kali ini pastinya harus jadi Ramadan ekstra lebih baik dari Ramadan sebelumnya. Berusaha memperbaiki yang baik jadi lebih baik lagi, mereview lagi perjalanan dan pilihan hidup yang sudah dibuat selama satu tahun ke belakang. Memang sih, memperbaiki kualitas diri itu bisa kapan saja, gak harus menunggu Ramadan. Tapi tentunya akan lebih baik di bulan yang penuh rahmat ini kita ekstra berusaha, ekstra berniat dan ekstra melakukan ibadan dan kebaikan. Setiap pilihan dan keputusan yang akan diambil pun ekstra dipikirkan matang-matang supaya ketika Ramadan usai, usaha ekstra tadi membuat kita jadi lebih baik untuk seterusnya.  

Biasanya, selama bulan Ramadan aku mengurangi kegiatan di luar rumah, termasuk bepergian. Kalau bisa semua urusan yang harus dilakukan di luar rumah diselesaikan sebelum Ramadan. Tujuannya supaya bisa fokus beribadah. Termasuk untuk kegiatan rumah tangga seperti memasak, belanja dan lain-lain. 

Supaya tidak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk memasak di dapur, biasanya aku bikin bumbu-bumbu dasar siap pakai lebih banyak kemudian simpan di freezer. Tinggal pakai sesuai keperluan. Atau masak lauk dalam jumlah banyak, dibagi untuk berapa kali makan, simpan di freezer. Memang butuh usaha ekstra di awal tapi praktis di kemudian hari.

Begitu pun urusan belanja. Kebutuhan dapur distok sejak sebelum Ramadan. Jadi gak bolak-balik pergi belanja. Kalau biasanya belanja kebutuhan dapur dan rumah tangga 2 minggu sekali, sekalian aja belanja untuk kebutuhan 1-2 bulan. Paling engga, siapkan juga kebutuhan untuk 2 minggu setelah Idul Fitri biar aman.

Untungnya sih sekarang bisa belanja online, ya. Jadi kalaupun mau tetap belanja sesuai jadwal, semua bisa dilakukan dari rumah. Asal bikin list aja dulu supaya gak banyak buang waktu pilih-pilih barang yang mau dibeli 😌

Nah, aku punya tips nih, gimana sih supaya kita bisa belanja lebih hemat selama bulan Ramadan:

1. Bandingkan harga setiap toko online
Misalnya kayak di Tokopedia kan ada banyak merchant (toko tuh). Banyak yang jual produk yang sama tapi harganya beda-beda. Memiliki banyak toko online berkualitas, Tokopedia memungkinkan kita untuk membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Cukup cari produk yang dibutuhkan, ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Untuk menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan, cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas.

2. Pilih produk berkualitas dari kreator lokal
Untuk membuat Ramadan Ekstra, bukan berarti harus selalu gunakan barang branded dengan harga selangit. e-commerce dengan produk terlengkap seperti Tokopedia memiliki koleksi berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Hemat pengeluaran belanja kita di bulan Ramadan dengan memilih produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang lebih miring.

3. Cari toko online terdekat
Ini penting banget, nih. Lokasi toko online jangan diabaikan karena saat berbelanja online, komponen biaya yang gak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan. Di Tokopedia, kita dapat mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik. 

4. Pilih cara pembayaran yang tepat
Kalian kalau belanja online biasanya bayar pakai apa? Aku sih biasanya bayar pakai TokoCash kalau belanja di Tokopedia. Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia ini memang dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat kita gunakan mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online.

5. Pilih metode pengiriman paling efisien
Dalam melakukan pengiriman barang yang kita beli, ada beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Saat belanja di Tokopedia aku selalu memilih metode pengirimannya kemudian membandingkan biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online.

6. Manfaatkan promo dan diskon
Promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan loh untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online. Tau gak sih, di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Ada rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yang bisa kita gunakan untuk buat Ramadan kali ini makin Ekstra. Asyik banget kan?

Dan yang makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Layaknya festival belanja online “Black Friday”, kira-kira kejutan seperti apa ya yang bakal buat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih spesial?

Apakah di tanggal 25 Mei nanti kejutan Ramadan Ekstra di Tokopedia itu kita bisa belanja gratis sepuasnya? Hahaha ngarep banget! Atau mungkin gratis ongkir kemana pun? Duh, jadi penasaran. Apapun kejutannya, aku yakin pasti menguntungkan dan bikin bahagia 😃 Yang penasaran kayak, aku, yuk tandai kalendarnya, atau pasang alarm sekalian supaya pas tanggal 25 Mei nanti gak lupa buka Tokopedia 😊


2 comments

  1. Menjelang dan saat ramadhan ini biasanya banyak sekali diskon dan bonus cashback di marketplace!

    ReplyDelete
  2. Nice post. I was checking continuously this blog and I am impressed!
    Very helpful info specifically the last part :) I care for such info much.
    I was seeking this particular info for a long time. Thank you and good luck.

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)