Resep Donat Empuk dan Lembut

Resep Donat Empuk Dan Lembut
Siapa suka makan donat? 

*ngacung*

Apalagi kalau donatnya empuk dan lembut. Gak usah pakai topping atau isian pun gak masalah. 

Donat biasanya merupakan camilan favorit anak-anak. Kalau ibuku lagi menginap di rumah, beliau suka bikin donat. Cucu-cucunya senang banget sampai akhirnya kakak Asyah belajar khusus cara membuat donat sama Nenek. 


Donat bikinan ibuku, bentuk dan rasanya tuh donat zaman dulu banget. Sementara aku pengennya donat zaman sekarang yang empuk dan lembut seperti yang dijual di gerai-gerai donat terkenal. Akhirnya setelah browsing dan mencoba beberapa macam resep donat, akhirnya ketemu juga resep donat seperti yang aku mau.

Resep Donat Empuk dan Lembut

Bahan:

500 gr tepung terigu protein tinggi (aku pakai Cakra Kembar)
6 sdm gula pasir
5 sdm susu bubuk
80 gr margarin atau butter
1/2 sdt garam
4 kuning telur
3 sdt ragi instant
1 sdt vanilla essence
200 ml air (atau sesuai kebutuhan)

Cara Membuat:
  • Campur tepung terigu, gula, susu bubuk dan ragi dalam 1 wadah besar. Aduk-aduk sampai tercampur rata.
  • Buat lubang di tengah-tengah tepung, masukkan kuning telur dan vanila essence. aduk sampai tercampur rata.
  • Tambahkan air sedikit demi sedikit. Uleni sampai kalis. Airnya jangan dituang sekaligus banyak, ya. Sesuaikan dengan kebutuhan karena kalau kebanyakan, adonannya jadi lengket. 
  • Masukkan margarin atau mentega dan garam. Uleni lagi sampai benar-benar kalis. 
  • Tutup rapat wadah menggunakan plastik wrap sampai adonan mengembang 2 kali lipat. Kira-kira selama 30 menit - 1 jam.
  • Kempeskan adonan. Kalau lengket, tambah sedikit terigu sambil uleni lagi sebentar. 
  • Bagi adonan jadi 15 bagian yang sama. Bulatkan kemudian agak pipihkan atau cetak menggunakan cetakan donat.
  • Tunggu 10-15 menit sampai adonan mengembang.
  • Goreng dalam minyak panas sampai kecoklatan di satu sisi, baru balik dan tunggu sisi yang lain menjadi kecoklatan juga.
  • Angkat dan tiriskan. 



Donatnya ini empuk dan lembut deh. Jadi dimakan polos begitu aja juga enak banget. Bisa juga dibalur gula tepung atau dikasih topping sesuai selera. Aku ada rencana pengen diisi pakai krim vanilla tapi belum nemu resep krim vanilla yang enak nih.

Selamat mencoba ya!





20 comments

  1. Aku suka aku suka. Kebetulan aku ga bisa masak beginian, jd resepnya bisa notepad. Iya emang betul yg penting dr donat itu keempukannya ya..

    ReplyDelete
  2. Jd pgn nyobak makteeeee.
    Gampang kayaknya juga
    Makasih bnyk makteee

    ReplyDelete
  3. Akuuu suka banget makan donaaat. Tapi kok ya maleeess banget bikin donat padahal punya mesinnya :(( Padahal di resepmu ini keliatannya bahan2 gampang dicari da naku ada semua di dapur. Aku simpen resepnya ya, Mak, mudah2an besok aku ada mood untuk ngerjainnya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, punya mesinnya malah enak, gak usah ngulenin, Tinggal beli cetakannya juga, tambah gampang deh bikinnya :))

      Delete
  4. Wah..aku juga suka donat,ini donatnya gemuk padet nih..aku baru pernah nyoba sekali bikin donat pakai adonan yg kotakan itu.xixixii..nanti aku coba pakai resep yg ini aja ah 😍😍


    www.dinalangkar.com

    ReplyDelete
  5. wah, jadinya cantik donatnya...aku pernah bikin sekali jelek banget bentuknya mbak ^^...kebanyakan air

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahin airnya dikit-dikit Mak :)

      Delete
  6. Aku lihat postingan mbak Sary di IG, kukejar ke sini demi gambar donat yg terlihat menggiurkan. Saya jg sudah coba macam2 resep, tp blm jodoh. Aku mau coba resep mbak Sary ini. Semoga jadinya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi selamat mencoba yaa.. Donat ini emang dari bikinnya aja udah bikin gemas yaa :))

      Delete
  7. ragi nya pake merk apa mak? aku pernah pake ragi merk tertentu hasilnya biasa aja ga empuk haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake Fermipan. Mungkin raginya udah gak bagus. Etapi ragi kan bukan buat ngempukin :D

      Delete
  8. enak kalau cuma makan doang , hiii

    ReplyDelete
  9. ini teksturnya kopong kayak donat jco kah mba? soalnya aku bikin padet terus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak terlalu padat sih, mbak, tapi gak kopong juga. Aku pernah lihat video masak luar, kalo mau kopong, adonannya digiles tipis kemudian dicetak pakai cetakan bulat. Pas digoreng, dia ngembang tapi tengahnya kopong, diisi pakai cream gitu. Nah, aku juga penasaran pengen nyoba cara kayak gitu :)

      Delete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)