Manfaat Mandi Air Hangat Untuk Bayi dan Rekomendasi Water Heater Terbaik Dari Ariston

manfaat mandi air hangat untuk bayi
Hai! Kali ini aku pengin menulis  tentang kebiasaan mandi anak-anak. Jadi, sejak bayi anak-anakku tuh selalu mandi pakai air hangat. Dan kebiasaan mandi air hangat ini terus terbawa sampai mereka besar, terutama kalau udara pagi dingin banget atau kondisi kesehatannya sedang kurang baik.

Anak-anak yang lebih kecil, Maira (5 tahun) dan Reiga (20 bulan) malah selalu mandi air hangat. Apalagi Reiga tuh, air mandinya sedikit dingin aja, pasti protes dan jerit-jerit gak mau mandi.

Untuk menyiapkan kebutuhan air hangat untuk mandi, aku selalu merebus air. Makanya meskipun anak-anak yang sudah besar pengin mandi air hangat juga setiap hari, mereka masih menahan diri. Alasannya gak tega kalau Mama harus bolak-balik merebus air 😅

Pernah loh, ada saudara yang mengomentari kebiasaanku memandikan Reiga pakai air hangat. Katanya gak praktis dan bikin anak jadi manja. Apalagi saat sedang menginap di tempat lain, pastinya repot kalau anaknya menolak mandi air dingin karena tidak tersedia air hangat untuk mandi. Padahal alasanku memandikan Reiga pakai air hangat bukan karena memanjakan dia loh. Tapi lebih untuk kesehatan dan kenyamanannya.

Apalagi sejak Reiga didiagnosa memiliki PJB (penyakit jantung bawaan) saat umurnya 9 bulan. Sejak itu aku jadi lebih mudah khawatir saat Reiga sakit atau ada perubahan sedikit saja pada tubuhnya. Beberapa kali aku melihat tubuhnya membiru saat tanpa sengaja memandikan Reiga terlalu lama dan air mandinya jadi dingin atau ketika air panas sudah dicampur dengan air dingin di bak mandinya, eh, anaknya malah asyik main. Jadinya peer banget untuk selalu memastikan suhu air mandinya tidak terlalu dingin/panas yang akan membuatnya tidak nyaman. Aku dan suami juga menunda mengenalkan Reiga dengan kolam renang karena khawatir dengan kesehatannya. Padahal kakak-kakaknya, minimal umur 6 bulan sudah kami ajak berenang di kolam renang.

Baca juga tentang: Cerita Reiga: Muntah-muntah, Dirawat dan Vonis Dokter

Kenapa gak pakai water heater? Pakai water heater kan lebih praktis. Air hangat siap kapanpun anak mau mandi. Sebenarnya ada koq water heater di rumah. Sayangnya gara-gara suamiku menemukan ada bagian yang karatan, beliau memutuskan untuk mematikan water heaternya karena khawatir konslet dan bahaya kesetrum. Apalagi pemakaian listriknya lumayan banyak. Sejak itu, kalau mau mandi, aku merebus air lebih dulu. Kalau semua anggota keluarga minta mandi air hangat, ya bolak balik merebus air. Ribet yah? Banget! 😂😔

Community Gathering Mommies Daily bersama Ariston Thermo Indonesia 

Sebenarnya, sudah terpikir sih untuk mengganti water heater yang ada di rumah dengan water heater baru supaya lebih mudah menyiapkan air hangat untuk keperluan mandi. Apalagi beberapa bulan belakangan ini, suamiku juga selalu mandi air hangat. Katanya mandi air hangat membuatnya segar dan nyaman. Mandi air hangat bisa menghilangkan lelah dan penat di tubuhnya. Jadi dalam sehari aku bisa lebih dari 2 kali merebus air untuk keperluan mandi keluarga.

Sayangnya, kami masih belum menemukan produk water heater yang hemat energi, memberikan kenyamanan dan yang paling penting aman untuk keselamatan seluruh anggota keluarga.  Kebetulan tanggal 15 September 2018 lalu aku diundang ke Community Gathering Mommies Daily with Ariston Thermo Indonesia. Ariston adalah brand water heater yang memiliki rangkaian produk terlengkap di Indonesia. Nah, aku jadi punya kesempatan deh untuk mengenal produk-produk water heater dari Ariston.

community gathering mommies daily with ariston thermo indonesia
Community Gathering Mommie Daily with Ariston Thermo Indonesia,
15 September 2018, di Nomad Hostel Kemang, Jakarta

community gathering mommies daily with ariston thermo indonesia
dr. Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD,
narasumber di Community Gathering Mommies Daily with Ariston Thermo Indonesia
sedang menjelaskan tata cara memandikan bayi dan manfaat mandi air hangat untuk bayi

Acara ini menghadirkan dr. Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, Phd sebagai narasumber yang memberikan informasi tentang tata laksana mandi untuk bayi dan manfaat mandi air hangat untuk bayi, dan ibu muda Putri Titian yang sharing seputar pengalamannya menjadi ibu, khususnya tentang pengalamannya menggunakan water heater untuk memudahkan menyiapkan air hangat untuk keperluan mandi anak dan keluarga. 

Dr. Srie menjelaskan bahwa kulit bayi itu berbeda dengan kulit dewasa baik secara anatomi maupun fisiologi. Oleh karenanya kulit bayi membutuhkan perawatan khusus. Kulit bayi lebih tipis 40-60% dibandingkan kulit dewasa sehingga lebih rentan terhadap infeksi, iritasi dan alergi. Apalagi ikatan selnya masih longgar sehingga semua fungsi kulit sebagai pelindung belum berfungsi secara maksimal.

Kulit bayi membutuhkan perawatan khusus, salah satunya pada saat mandi. Perubahan suhu ekstrim bisa menyebabkan kulit bayi menjadi kering. Oleh karenanya penting sekali untuk memastikan suhu air mandi bayi yang tepat. Idealnya adalah sesuai dengan suhu tubuh bayi pada waktu mau dimandikan. Jadi bayi tidak akan kaget saat dibuka bajunya dan terkena air. Air mandi juga sebaiknya cukup untuk merendam tubuh bayi supaya dia tetap merasa hangat dan nyaman.

Baca juga tentang: Solusi Tepat Untuk Merawat Kesehatan Kulit Keluarga

Di masyarakat sendiri memang sebagian ada yang beranggapan bayi harus dibiasakan mandi air dingin sesegera mungkin. Padahal kita gak bisa semudah itu memandikan bayi pakai air dingin loh. Mungkin ada beberapa bayi yang kondisi fisiknya kuat mandi air dingin. Tapi sebenarnya mandi air dingin itu rentan membuat bayi mengalami hipotermia. Kenapa? Karena lapisan kulit bayi yang masih tipis, lebih tipis 40-60% dibandingkan kulit dewasa. Ikatan antar selnya pun masih longgar sehingga belum bisa memberikan perlindungan maksimal. Perubahan suhu yang ekstrim bisa memicu hipotermia pada bayi. Bayi yang mengalami hipotermia bisa menurun kesadarannya dan terjadi henti napas. Serem banget kan? 😭

Memandikan bayi pakai air hangat itu banyak sekali manfaatnya loh, Moms. 

Apa saja sih manfat mandi air hangat untuk bayi

  • Mandi air hangat membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Bayi jadi rileks dan nyaman karena sendi-sendi dan otot bayi yang tegang, lemas kembali setelah mandi air hangat. 
  • Mandi air hangat akan membuat pori-pori bayi membesar sehingga mempermudah pengeluaran kotoran dan toksin dalam tubuh bayi melalui kulitnya. Kotoran biasanya terdapat di sela-sela atau lipatan tubuh bayi. Cukup digosok dengan lembut, kotoran akan rontok semuanya.
  • Mandi air hangat membantu melembabkan kulit bayi yang kering. Suhu ekstrim bisa membuat kulit bayi jadi kering. Jadi pastikan suhu air mandinya tidak terlalu dingin atau panas ya, Moms. Idealnya, suhu air mandinya sesuai dengan suhu tubuh bayi atau suam-suam kuku.
  • Mandi air hangat membuat bayi jadi tenang dan tidur nyenyak. Ini sering aku lakukan ke Reiga. Saat dia rewel karena kelelahan main atau kepanasan, aku mandikan dia pakai air hangat. Setelah mandi, biasanya Reiga jadi anteng dan langsung tidur. Mandi air hangat sebelum tidur juga membantu bayi tidur lebih nyenyak. 
  • Bayi juga tidak lepas dari ancaman batuk dan pilek. Apalagi kalau anggota keluarga lain ada yang flu, resiko ketularan sangat tinggi. Kalau orang dewasa saja sangat tidak nyaman saat terkena flu, apalagi bayi dan anak-anak kan? 😢 Nah, mandi air hangat memudahkan lepas dan keluarnya lendir-lendir yang mengganggu hidung atau tenggorokan bayi. Kalau Reiga pilek, aku biasanya memandikan dia pakai air dengan suhu yang lebih panas dari biasanya, tapi tetap aman untuk bayi. Tujuannya supaya uap air panas membantu melegakan hidungnya yang tersumbat.

Berdasarkan pengalamanku, anak-anak memang lebih tenang dan cepat sekali tertidur setelah mandi air hangat. Apalagi setelah lelah seharian bermain dan beraktivitas. Setelah keringatnya mengering, mandikan air hangat, pijat-pijat dulu sebentar, pakaikan baju bersih dan wangi, ajak ke tempat tidur, langsung bobok deh gak pakai drama-drama merengek apalagi menangis 😊

Baca juga tentang: Manfaat Pijat Untuk Bayi

Putri Titian ternyata juga memiliki pengalaman yang sama. Tiap kali selesai mandi pakai air hangat, anaknya pasti langsung tidur. Bedanya, untuk memudahkan kebutuhan air hangat untuk keperluan mandi keluarganya, Putri Titian menggunakan water heater, sementara aku masih bolak-balik merebus air 😅😔


community gathering mommies daily with ariston thermo indonesia
Foto bersama Putri Titian

Seperti yang aku tulis di atas tadi, kami bukannya tidak mempertimbangkan untuk ganti water heater di rumah. Tapi ya, itu, gara-gara water heater yang lama bermasalah, kami masih khawatir dan belum menemukan produk water heater yang tepat. Makanya waktu perwakilan Ariston Thermo Indonesia memberikan informasi seputar produk-produk water heaternya, aku menyimak dengan serius. 

Ariston Comfort Always On, Mandi Air Hangat Lebih Nyaman Pakai Ariston Water Heater



community gathering mommies daily with ariston thermo indonesia
Perwakilan Ariston Thermo Indonesia sedang menjelaskan
keunggulan dan benefit produk-produk water heater Ariston

Ariston Thermo adalah brand water heater global yang hadir di Indonesia sejak tahun 1974 melalui distributor. Pada tahun 2015, Ariston resmi mendirikan perusahaan di Indonesia dengan nama Ariston Thermo Indonesia. Dibandingkan brand water heater lainnya, Ariston Thermo Indonesia memiliki rangkaian produk water heater paling lengkap di Indonesia. Dalam waktu 2 tahun setelah berdiri, Ariston Thermo Indonesia menguasai 80% pasar electric water heater di Indonesia. Di tahun 2018 ini, Ariston Thermo Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas hidup keluarga Indonesia dengan menggunakan water heater kelas dunia.


Pada tahun 2017, Ariston Thermo Indonesia, bekerjasama dengan Nielsen melakukan penelitian tentang perilaku konsumen Indonesia terhadap pemanfaatan dan penggunaan water heater. Hasilnya, kebanyakan masyarakat Indonesia sudah menjadikan penggunaan air panas sebagai kebutuhan namun sebagian besar masih merebus air daripada menggunakan water heater. Masih berdasarkan penelitian, status sosial ekonomi seseorang akan menentukan keputusan mereka membeli water heater. Bila dilihat dari manfaat ekonomi, menggunakan water heater lebih ekonomis dibanding merebus air.


Ada 3 faktor kenapa Ariston Water Heater merupakan pilihan terbaik untuk keluarga Indonesia yaitu DURABILITY (Ketahanan Produk), SAFETY (Keamanan Penggunaan) dan COMFORT (Kenyamanan)

mandi air hangat lebih nyaman pakai ariston water heater
Keunggulan Ariston Water Heater

Sebagai bentuk komitmen dari Ariston Thermo Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga Indonesia, Ariston Thermo Indonesia hadir dengan rangkaian produk water heater terlengkap yang dapat mengakomodasi faktor-faktor di atas. 

Setelah mendengar informasi yang disampaikan oleh Ariston Thermo Indonesia,  aku jadi punya beberapa rekomendasi produk water heater Ariston untuk didiskusikan dengan suami sehingga bisa memilih water heater terbaik yang sesuai kebutuhan keluarga.

SLIM 20 & SLIM 30
   
SLIM 20 dan SLIM 30 merupakan produk water heater Ariston yang terbaru. Produk ini dilengkapi dengan sistem dan pelayanan yang dirancang khusus untuk menghadirkan kenyamanan, keamanan serta daya tahan yang maksimal. Meskipun memiliki kapasitas air yang lebih besar, 20 dan 30 liter, produk ini hemat energi dengan daya listrik rendah (350 watt). 

SLIM 20 dan SLIM 30 menawarkan 4 kenyamanan dalam 1 produk:
  • New and modern design dengan tampilan horisontal yang moderen dan futuristik hasil rancangan Umberto Palermo, seorang desainer produk mewah dan otomotif ternama di Italia. Selain itu SLIM 20 dan SLIM 30 dilengkapi fitur teknologi terbaik, memiliki daya tahan ekstra berkat elemen pemanas berbahan tembaga, efesiensi air dengan teknologi Flexomix.
  • Compact/Space Saving, menghemat banyak ruang dan stylish sebagai tambahan dekorasi kamar mandi. Pemeriksaan dan perawatan lebih mudah dilakukan dengan adanya panel samping dan tempat menarik pipa yang letaknya di bagian bawah tangki.
  • Hot Shower Ready Indicator, untuk memberikan informasi saat suhu yang diinginkan sudah tercapai dan air panas siap digunakan.
  • Time Saving, pemanas dilengkapi dengan lampu indikator berwarna biru yang akan menyala saat air siap digunakan sehingga dapat menghemat energi. Khusus SLIM 30 memiliki tangki ganda dengan sistem pemanas terpisah yang dapat mempercepat proses pemanasan tanpa daya listrik tambahan

ARISTON ANDRIS LUX


ANDRIS LUX merupakan produk Electric Storage Water Heater yang merupakan rangkaian dari seri ARISTON ANDRIS sebelumnya yaitu ANDRIS R dan ANDRIS RS.

Keunggulan ANDRIS LUX:
  • ANDRIS LUX memiliki elemen pemanas yang dilapisi Incology Enamel yang berfungsi untuk melindungi dan mencegah kandungan kalsium pada air menempel di heating element (elemen pemanas). Teknologi enamel ini merupakan yang pertama di Indonesia, membuat proses pemanasan menjadi lebih efisien. 
  • ANDRIS LUX dilengkapi dengan teknologi flexomix terbaru yang membuat temperatur air yang keluar dari water heater menjadi lebih stabil karena air dingin tidak langsung tercampur dengan air panas.
  • ANDRIS LUX didatangkan langsung dari Italia, memiliki standar kemanan tertinggi yang telah disertifikasi internasional (CE).

ARISTON ANDRIS AG+

rekomendasi water heater aristonrekomendasi water heater ariston

Ariston ANDRIS AG+ dilengkapi teknologi AG+ yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur pada tangki pemanas hingga 80%. Ketika air masuk ke dalam tangki pemanas air, Silver Ion AG+ akan melindungi dan mengurangi pertumbuhan jamur seperti E.Coli, Salmonella, Legionella, Jamur dan lain-lain. Anak dan keluarga dijamin aman mandi dengan air panas yang bebas bakteri.

ARISTON FAST R

rekomendasi water heater Ariston

Ariston FAST R merupakan salah satu varian dari rangkaian produk Gas Instant Water Heater Ariston Thermo Indonesia. 

Keunggulan FAST R adalah:
  • Faster Heating, dilengkapi teknologi 2 Pin untuk waktu pemanasan yang lebih cepat.
  • Extra Safety, mencegah nyala api ketika tidak ada aliran air, mematikan unit pemanas air secara otomatis jika suh air terlalu tinggi dan otomatis menghentikan aliran gas ketika tidak ada api untuk mencegah kebocoran gas.
  • Easy Installation, memiliki 2 tipe instalasi yaitu Direct (tanpa pencampur) dan Indirect (tanpa pencampur), memiliki pengaturan suhu dan debit air yang mudah dan lampu indikator baterai.
  • Durable Component, memiliki komponen gas water heater terbaik yang terbuat dari tembaga yang tahan lama dan anti karat.
  • Continuous Hot Water, memastikan FAST R tetap bekerja menghasilkan air panas walaupun tekanan air sangat rendah.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi produk water heater Ariston yang informasinya aku dapat dari Community Gathering Mommies Daily bersama Ariston Thermo Indonesia. Siapa tahu ada Moms yang sedang mencari informasi tentang water heater yang aman, nyaman dan terjangkau, semoga informasinya membantu ya. Informasi lebih lengkapnya bisa dibaca di website Ariston ya, Moms. 

Sekarang aku mau fast forward dulu, membayangkan sudah punya water heater baru, gak perlu repot lagi merebus air ketika waktu mandi tiba. Tinggal panggil anaknya cuusssss mandi pakai air hangat. Pakai Ariston, comfort always on  😍😍😇



55 comments

  1. As the admin of this web site is working, no uncertainty very rapidly it will
    be famous, due to its quality contents.

    ReplyDelete
  2. Hi there it's me, I am also visiting this site daily, this web page is
    actually fastidious and the visitors are really sharing pleasant thoughts.

    ReplyDelete
  3. I am genuinely grateful to the holder of this web site who has
    shared this fantastic paragraph at here.

    ReplyDelete
  4. That is a good tip especially to those new to the blogosphere.
    Brief but very precise information… Thank you for sharing this one.

    A must read article!

    ReplyDelete
  5. Yang mandi pakai air hangat sampai sekarang itu Tio. Tapi karena harus jam 5 pagi mandi, kasihan kalau kedinginan. Dan masih ngerebus juga, karena nggak pakai water heater. Masih trauma karena pengalaman buruk.
    Daku pakai ariston buat kompor gas 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untung cuma Tio yang mandi air panas. Kalo kayak aku, bolak balik rebus air tuh 😅😅

      Delete
  6. Kebetulan lagi nyari info water heater dapat tulisan mbak sari. Sudah beberapa toko saya datangi, rekomennya juga ariston sih mbak. Beneran bagus sepertinya ya

    ReplyDelete
  7. Ariston emang bagus.. di rumah mamaku pakai merek ini pemanas airnya

    ReplyDelete
  8. Mbak tanya dong.. jadi mandiin bayi pakai air dingin tu gak boleh ya? :( Anakku baru 3 bulan gitu mbak tp sama mertuaku disuruh ajarin mandi air dingin katany biar kuat anaknya. tapi kok akunya gak tega gitu mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya sih mandi air hangat ya mbak. seperti yang aku tulis di atas, menurut penjelasan dokter, kulit bayi itu kan masih tipis. didiskusikan aja sama mertuanya, sebagai ibu pastinya tau yang terbaik untuk bayinya :)

      Delete
  9. Saya kalo lagi dingin juga masih suka pake air hangat

    ReplyDelete
  10. Sehat terus ya Reiga. Anakku ada yg masih mandi air anget sampe gedean. Bahkan dia masih sempet ngerebus air sendiri sampe sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha enak dong udah bisa ngerebus air sendiri, ibunya jadi gak repot :D

      Delete
  11. Waaa anakku malah kumandiin pake air dingin terus sejak bayiii. Ternyata mandi air anget banyak ya manfaatnya. Makasih sharingnya Mak.

    ReplyDelete
  12. Saya malah baru tahu kegunaan mandi air hangat buat bayi ahahaha. Selama ini mandiin bocah pakai air hangat cuma ngikut tradisi saja. Berhubung Jogja lagi panaaas banget, anak saya mandi air hangatnya cuma pagi. Kalau sore minta air dingin. Mamak senang gaperlu rebus air.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh mandi air hangat tuh tradisi juga ya ternyata hihihi

      Delete
  13. Merk Ariston ini udah lama banget jadi yang terdepan untuk merk water heater ya mbak. Di rumah orang tuaku udah lama pake. Sekarang di rumahku pun pake Ariston.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw pengguna setia Ariston nih ... Makasih dah komen ya ^^

      Delete
  14. Kulit bayi memang rentan. Anakku saja yang pecicilan mandi air dingin langsung nangis.
    Water heater ini bagus nih mba, jadi pengin coba biar lebih praktis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gak tega kalo anak nangis pas mandi air dingin :(

      Delete
  15. Wah ternyata lbh murah pake water heater ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih water heaternya yg hemat listrik supaya irit :D

      Delete
  16. Banyak juga ya mbk manfaat mandi air hangat untuk bayi, saya belum pernah punya bayi mbk. Belum perbah coba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi buat orang dewasa juga banyak manfaatnya koq. Cobain deh :D

      Delete
  17. Jangankan anak kecil atau bayi, yang dewasa kayak saya aja seneng banget kalau pas di hotel ada air panasnya. Hihi.. Kalau di rumah sih, kecuali pas lagi sakit atau pas dingin banget, males mau masak air buat mandi. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya pake water heater supaya praktis gak rebus2 air :D

      Delete
  18. Aku lebih suka mandi pake air dingin. Alasanya simpel aja sih, ga usah lama-lama nunggu ngrebus air. CUma kalau pas ujan deres apalagi pas musim hujan emang dinginnya makin luar biasa hihihi.... Kalau mandi sore pake air hanagt emang enak, Makte. Bawaaannya pengen cepet tidur aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget, kalau abis mandi air hangat pengennya langsung tidur :D

      Delete
  19. Wah, ak baru tau ttg water heater ini. Anak ak udh 5 tahun tiap pagi pasti maunya mandi air hangat. Kadang rempong jg nyediain airnha. TFS ya bun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sudah waktunya mempertimbangkan beli water heater :D

      Delete
  20. Wah, praktis banget ya pake Ariston Water Heater ini. Dan wow, kalo dihitung-hitung, harganya jadi hemat ya dibandingkan dengan ngerebus air. Pas nih dipasang sama orang Bandung ya. Gak cuma bayi aja, emak-bapaknya bisa mandi air hangat juga setiap saat. :D

    ReplyDelete
  21. Anak2 saya juga Mandi air hangat saat bayi. Sampe sekarang pun kalau udara terlalu dingin masih pake air hangat. Untuk alasan kesehatan, sih. Asyik ya kalo ada alat pemanas praktis

    ReplyDelete
  22. Wah itu ada Nina dari Ariston, btw aku juga masih suka mandi pakai air hangat. Apalagi kalau pas ngerasa badan lagi gak enak. Dirumah juga pakai Ariston, lumayan sih lebih irit daripada sebelumnya masak air dulu kalau mau mandi air hangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, aku masih merebus air nih tiap mau mandi.. :(

      Delete
  23. Wah kalau pakai ariston ini enak ya gak usah rebus2 air lagi.
    Kalau punya ini di rumah gk cuma bayinya yang bisa menikmati tapi serumah jg bisa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, manfaatnya bisa dirasakan orang serumah :)

      Delete
  24. gak anak-anak apalagi baby, gak orang tua...kayaknya semua demen mandi air hangat
    relaxing sih klo menurutku
    pemanas air ariston kece dan praktis ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyaman rasanya mandi air hangat tuh ya mak :)

      Delete
  25. Aku jg masih bolak2 panasin air manual, memang nyaman bngt mandi air hangat

    ReplyDelete
  26. Jadi ga mesti ngerebus air ya mak, ga riweh. Harus punya nih terutama yang masih punya bayi yah.

    ReplyDelete
  27. Aku kalo butuh mandi air hangat juga masih ngerebus air dulu. Makanya kalo sedang dolan di rumah ipar, dan kemalaman mau pulang ke rumah, mending numpang mandi dulu. Karena ada water heater Ariston, qiqiqii

    ReplyDelete
  28. Aku juga masih rebus air buat mandi Adis. Bener kata mertua dan suamiku anak harus dibiasakan mandi air dingin, jadi umur sebulan aja udah dimandiin air dingin 😥. Padahal aku gak tega liatnya. Tapi kalah suara, mana tinggal di rumah mertua. Sekarang anaknya udah balita sih, mandi air hangat kalau udara dingin atau dia kurang sehat aja. Tapi punya water heater kayaknya asik ya gak repot lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku gak tega kalo masih sebulan gitu kan masih keciiil 😦 Alhamdulillah anaknya selalu sehat yaa :)

      Delete
  29. Water heater ini manfaat banget kalo buat keluargaku yg tinggal di kaki gunung. Udara lumayan dingin. Gg cuma anak ajah yang mandi air hangat, tapi yang dewasa juga...heh

    ReplyDelete
  30. Cocok ini buat di rumah, watt nya rendah pula ya mak.

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)