Efektifitas Susu Formula Asam Amino Atasi Alergi Susu Sapi Pada Anak

“Anakku alergi susu sapi ...” 

Di acara arisan bulanan ibu-ibu SD bulan ini, salah satu ibu, sebut saja namanya Mbak Yani, sharing pengalaman tentang anaknya yang alergi susu sapi. Mbak Yani kebingungan ketika dokter bilang anaknya alergi susu sapi. Koq bisa ya? Sejak kapan susu sapi bisa memicu alergi? Lalu, anak saya minum susu apa dong? Mbak Yani bilang, ada banyak pertanyaan yang langsung muncul karena baru pertama kali dia tahu kalau ternyata, tidak semua orang bisa minum susu sapi.

Dulu, aku juga berpikir yang sama. Kalau minum susu ya, susu sapi. Semua orang otomatis bisa minum susu sapi. Tapi ternyata aku salah. Tidak semua orang bisa minum susu sapi. Ada beberapa kasus di mana seseorang tidak bisa minum susu sapi karena ternyata alergi susu sapi. Contohnya anak Mbak Yani tadi. 

Penyakit alergi sebenarnya bisa dideteksi sejak anak masih kecil, 0-2 tahun. Apalagi kalau salah satu dari orangtuanya ada yang memiliki riwayat alergi, maka kemungkinan besar si anak juga punya alergi. Namun alergi susu sapi kebanyakan baru ketahuan setelah anak sudah selesai minum ASI dan mulai minum susu sapi. Dan kebanyakan orangtua, sama seperti aku, tidak menyadari kalau susu sapi bisa memicu alergi karena mengira semua orang pasti bisa minum susu sapi. Anaknya Mbak Yani tadi, usianya 7 tahun waktu ketahuan ternyata alergi susu sapi. Sebelumnya Mbak Yani mengira alergi yang dialami anaknya dipicu faktor lainnya. 

Berdasarkan fakta, 10-40% penduduk dunia diperkirakan mengalami energi. Di Indonesia, 10.5% anak usia <3 tahun mengalami alergi makanan dan 3.7% anak usia <6-12 bulan menjadi perevalensi tertinggi dari alergi protein susu sapi. 

Mengapa anak bisa alergi susu sapi? 


Ada beberapa faktor yang menjadi resiko alergi, yaitu: 

1. Riwayat Keluarga. 

Resiko alergi si Kecil bisa diketahui dengan mencari informasi riwayat alergi keluarganya (lihat infografik). 

2. Perubahan mikrobiota usus, disebabkan operasi caesar dan antibiotik. 

3. Lingkungan, polusi udara dan asap rokok. 

Alergi susu sapi sebenarnya bisa dilihat dari kulit dan pernapasan. Gejala pada kulit misalnya berupa kemerahan, bentol yang gatal dan pada beberapa kasus alergi bisa menyebabkan bengkak pada kulit. 

Sedangkan gejala pada pernapasan misalnya bunyi “ngik ngik” pada napas dan cairan yang keluar dari mata atau hidung.


infographic alergi pada anak

Sebenarnya kita bisa loh melakukan tes alergi sendiri sebagai upaya deteksi awal alergi pada si Kecil. Kemarin, aku mencoba melakukan tes alergi di https://www.nutriclub.co.id/allergyexpert/#deteksialergi . Caranya mudah koq. Kita cukup menjawab beberapa pertanyaan seputar kondisi si Kecil, setelah itu hasilnya pun muncul, apakah si kecil kemungkinan memiliki resiko alergi atau tidak. Moms yang khawatir anaknya memiliki resiko alergi, coba deh ikutan tes alerginya sebelum selanjutnya dibawa konsultasi ke dokter. Kita juga bisa bertanya seputar alergi pada anak kepada beberapa #AhliAlergi #AllergyExpert di website tersebut.




 



Mbak Yani, teman arisanku tadi, yang anaknya alergi susu sapi, juga sharing tentang upaya yang dilakukannya untuk mengatasi alergi anaknya sesuai saran dokternya. Langkah pertama tentunya berhenti minum susu sapi dan mengonsumsi makanan/minuman yang memiliki kandungan susu sapi. Lalu, minum susu apa dong sebagai penggantinya?

Atas saran dokternya, Mbak Yani memberi anaknya Neocate Advance susu yang berbahan dasar AsamAmino sebagai ganti susu sapi. #Formulaasamamino sendiri adalah susu formula dimana proteinnya telah diurai menjadi bentuk paling sederhana yang paling mudah dicerna dan bersifat #Hipoalergenik atau tidak akan menimbulkan reaksi alergi. Dan memang bener sih begitu pakai Neocate alergi anak Mbak Yani langsung membaik, padahal sebelumnya sudah beberapa kali coba-coba susu lain tidak membaik.

Menurut Mbak Yani, Neocate Advance terbukti efektif mengatasi alergi susu sapi yang dialami anaknya. Terhitung dalam waktu 3 hari setelah mengonsumsi Neocate Advance, alergi anaknya sembuh. Sejak saat itu, Mbak Yani tidak khawatir lagi alergi akan menghambat pertumbuhan anaknya.

Neocate Advance merupakan pelengkap rangkaian allergy care dari Nutricia yang mengandung nutrisi asam amino non alergenik yang bebas susu sapi. Neocate Advance cocok untuk anak usia 1-12 tahun yang diketahui mengalami alergi susu sapi atau alergi berbagai protein makanan lainnya dan membutuhkan asupan nutrisi asam amino. Neocate Advance sudah dilengkapi dengan energi 1 kcal/ ml dan Kandungan MCT yang tinggi (35%, yang berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak usia 1-12 tahun yang mengalami alergi. Neocate juga menyediakan produk untuk anak dibawah 1 tahun dan produk Neocate Spoon berupa MPASI berbahan dasar asam amino, lengkap banget sih.



Nah, Moms, mungkin ada anaknya yang mengalami alergi susu sapi seperti anaknya Mbak Yani, semoga sharingku kali ini membantu yaa 😊



34 comments

  1. Aku baru tahu merk Neocate Advance susu yang berbahan dasar AsamAmino sebagai ganti susu sapi, cocok buat yg alergi susu sapi y mba pengen kasih tahu sobatku ah susu ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan.. terima kasih udah baca tulisanku ya :)

      Delete
  2. anak saya dua-duanya sempat alergi karena saya dan suami juga alergi, tapi seiring usia dan tubuhnya makin kuat sekarang ga alergian lagi. noted nih mak sharingnya buat jaga2 anak ketiga nanti :D

    ReplyDelete
  3. Baru tau ada MPASI berbahan dasar amino seperti Neocate Advance ini. Kebanyakan MPASI yang beredar di pasaran memang mengandung susu. Untuk anak alergi susu sapi kudu bikin MPASI rumahan sendiri. Menolong banget ya Neocate Advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo MPASI nya itu namanya Neocate Spoon. Sedangkan kalo Neocate Advance untuk umur 1 - 12 tahun.

      Delete
  4. Saya sempat kepikiran, gimana kalau anak-anak ada yang alergi susu sapi, apakah ada susu lain? Dan pertanyaan itu terjawab sudah hari ini. Jadi Neocate Advance ini, bisa banget ya menggantikan susu sapi yang dikonsumsi pada anak. Karena neocate tersebut ada asam amino sebagai pengganti susu sapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, sekarang gak usah khawatir kalau keluarga ada yang alergi susu sapi, udah ada solusinya

      Delete
  5. Ponakan juga alergi susu sapi. Ternyata karena iparku nggak doyan segala produk berbau sapi. Aku sampai terheran-heran, karena ketidaksukaan itu bisa menurun gitu.

    ReplyDelete
  6. Neocate Advance jadi salah satu solusi yang dapat dipilih saat anak alergi susu sapi ya, mba.

    ReplyDelete
  7. Ini produk baru dari Nutricia ya, Mak Sary? Aku baru tau. Seneng deh, orang tua jadi makin banyak pilihan untuk memberi asupan anaknya yang alergi susu sapi ya. Udah gitu kandungannya lengkap pula.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah anakku gak alergi susu sapi, tapi dulu bayi dia pernah alergi dari aku. Efek bundaya doyan banget ngemil dengan alasan menyusui, ternyata si anak malah merah-merah pipinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bunda mesti hati-hati pilih makanan kalau lagi hamil dan menyusui ya, khawatir anaknya alergi

      Delete
  9. Iya cari penyebab alerginya itu yang butuh waktu ya mak, ponakannya ternyata alergi cokelat, tahunya udah kelas 3 SD

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, mesti sabar cari tau penyebab alergi, kadang-kadang pemicunya gak disangka sama sekali

      Delete
  10. Alergi memang cukup mengganggu. Kasihan juga kalau anak kecil tidak minum susu karena alergi susu sapi. Untung ada solusinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, untung sekarang ada Neocate, jadi anak-anak yang alergi susu sapi tetap bisa minum susu

      Delete
  11. Ini anaknya sahabatku alergi susu sapi Mba, saat ini diberi susu almond atau susu soya. Aku kasih tau deh nih artikel ini.

    ReplyDelete
  12. Ponakanku belum ada yang alergi susu sapi. Tapi ada anak tetangga yang minum alergi susu sapi. Ntar dicoba kasih tahu deh buat nyari susu yg berasam amino

    ReplyDelete
  13. Ketiga anakku dulu sempat nggak bisa minum susu sapi, trus diganti susunya. Tapi begitu melewati fase 5 tahun, malah biasa saja sama susu sapi, bahkan jadi doyan banget :)

    ReplyDelete
  14. Salfa nih awalnya sensitif banget sama susu. Mau hentikan tapi sayang kandungan susunya ga dimanfaatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang ada susu dengan kandungan asam amino, bisa jd solusi buat anaknya yg sensitif sama susu :)

      Delete
  15. Wah, aku ada juga beberapa kali bawa si kecil ke dokter karena ruam di kulit. Selama ini aku kira biang keringat, tapi dokter nyaranin buat ganti susunya. Baca artikel ini bisa aku jadikan rekomendasi nih. Terimakasih ya

    ReplyDelete
  16. Wuih, seneng deh, sekarang makin banyak produk, khususnya susu yang bisa dikonsumsi anak alergi. Makin banyak pilihan. Dengan kualitas yang bagus-bagus pula.

    ReplyDelete
  17. Bisa kurekomendasikan ke temanku yang anaknya alergi susu sapi nih mak. Bisa diatasi dengan konsumi Neocate Advance tadi ya.

    ReplyDelete
  18. Selama ini saya pikir kalau anak alergi susu sapi itu gantinya minum susu yang mengandung kedelai. Ternyata nggak juga ya bisa juga pakai susu yang ada asam aminonya

    ReplyDelete
  19. oh bisa buat anak sampai usia 12 tahun ya
    anakku sempat alergi susu sapi tapi makin gede alhamdulillah hilang sendiri

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)