Merencanakan Liburan Akhir Tahun

Beberapa minggu terakhir ini, wacana berlibur ke Bali akhir tahun 2018 nanti jadi perbincangan hangat di tengah keluargaku.

Setelah drama sepanjang tahun 2017 dan berlanjut sampai pertengahan tahun 2018 ini, aku dan suami rasanya ingin break sejenak dari semua rutinitas dan menikmati waktu hanya bersama anak-anak tanpa diganggu urusan-urusan yang lain, termasuk pekerjaan. 

Bali jadi destinasi rencana liburan keluarga, mengingat sudah lama kami tidak bepergian jauh sekeluarga. Terakhir ke Bali bareng-bareng itu tahun 2014 dan kami benar-benar menikmatinya karena lumayan panjang waktu berliburnya dan sama sekali gak terganggu urusan kerja, media sosial, blogging, sekolah dan lain sebagainya. Kakak Asyah bulan Februari kemarin ke Bali sih, tapi katanya gak seru karena gak ada mama dan papi 😕. Jadi ya, anakku, meskipun umurnya udah jelang 18 tahun, tetap aja pengennya bareng orangtuanya. Supaya diurusin, maksudnya. Dia tinggal senang-senang aja 😅

Salah satu alasan yang membuat kami tidak berani bepergian jauh apalagi untuk liburan adalah kesehatannya Reiga. Jangankan jarak jauh, bepergian jarak dekat pun persiapannya bisa extra riweuh dan sering gak jadinya. Sering kejadian, rencana yang sudah disusun jauh-jauh hari, batal, karena di hari keberangkatan, Reiganya ngedrop.


Alhamdulillah, setelah pemeriksaan dokter terakhir, perkembangan Reiga makin baik. Kondisi fisik, jantung dan tumbuh kembangnya semua normal sesuai yang diharapkan. Reiga juga kelihatan makin aktif dan semangat banget kalau diajak pergi. Hampir setiap hari, aku mengajaknya mengantar Maira sekolah. Padahal sebelumnya selalu ditinggal di rumah. Sampai guru-guru TK-nya Maira yang hapal banget dengan kebiasaanku mengajak Maira bayi saat mengantar Moses sekolah, bertanya-tanya, koq adiknya Maira gak pernah diajak 😅 




Begitu juga kalau pergi jalan-jalan, Reiga hampir selalu ditinggal. Palingan kami hanya mengajak Reiga ke acara keluarga saja. Kami gak pernah jalan-jalan lengkap sekeluarga. Pasti ada yang ditinggal di rumah, berganti-gantian supaya ada yang menemani Reiga di rumah. Dan itu pun jarang banget jalan-jalannya. Paling sering ya ke rumah sakit. 

Nah, setelah berbagai drama berkepanjangan itu, pengen banget jadinya kan rileks sejenak. Apalagi awal tahun nanti kakak Asyah sudah pasti bakal sibuk banget dengan pendaftaran SNMPTN, persiapan Ujian Nasional dan SBMPTN. 

Namanya pengen liburan, apalagi keluarga besar seperti keluargaku, butuh persiapan jauh-jauh hari. Karena rencananya pengen ke Bali, pastinya harus hunting tiket pesawat dan hotel. Karena suami lagi sibuk berat, beliau mendelegasikan tugas hunting (hotel, terutama) kepadaku. Sambil pesan-pesan, cari hotelnya yang nyaman, kids friendly, terutama untuk Reiga. Oke, siap, pak Bos.


Aku pikir hunting hotel itu gampang, ya. Ternyata susah karena pilihannya buanyaaak banget haha. Mama Sary bingung mau pilih yang mana. Apalagi biasanya tau beres aja karena biasanya suami yang urus. Kayak tahun 2014 ke Bali, semuanya suami yang urus. Pokoknya aku dan anak-anak tinggal happy-happy aja.

Di sela-sela kesibukannya, suamiku menyarankan aku untuk hunting di Traveloka. Katanya, kantornya selalu pesan hotel di Traveloka setiap ada tugas ke luar kota. Tapi, namanya juga ibu-ibu irit, aku gak langsung mengiyakan. Cari-cari dululah, siapa tau ada yang lebih cocok.

Tapiii, setelah hunting ke sana ke mari, la koq memang lebih banyak pilihan hotelnya di Traveloka dengan harga yang lebih murah ya... Waktu aku bilang ke suami, beliau cuma kirim emot kayak gini "😶". Oke deh, mari fokus hunting hotel Traveloka aja.

Akhirnya nemu juga hotel yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan kami. Setelah sepakat dengan suami, aku mencoba booking. Ternyata proses booking hotel Traveloka ini tidak ribet, pembayarannya juga mudah. Ada pilihan “pay at hotel”. Jadi kita bisa booking gratis dan baru bayar setelah nanti di hotel. Dan ternyata ada pilihan untuk “free cancellation”. Waah, ini yang aku butuhkan banget, mengingat kejadian yang sudah-sudah, beberapa kali kami gagal liburan kan.








Oke sip cukup beberapa kali klik, udah selesai deh urusan booking hotel untuk liburan akhir tahun nanti. Sekarang tinggal menjaga teus kesehatan kami semua, terutama Reiga supaya saat liburan nanti semua sehat dan bahagia.

Teman-teman gimana nih, ada yang sedang merencanakan liburan juga? Kalau kalian sedang bingung hunting hotelnya, coba deh Traveloka. Dari cerita suami dan pengalamanku saat hunting hotel Traveloka kemarin, Traveloka memiliki harga yang lebih murah dengan pilihan hotel yang lebih lengkap. Untung banget pakai Traveloka karena memesan hotel di Traveloka tidak ribet, pembayarannya mudah, cepat dan dengan pilihan hotel yang lengkap di seluruh Indonesia bahkan dunia.




52 comments

  1. AKhir tahun rencananya kalo ngga mudik mau hunting skolah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mak, semoga nemu sekolah yang cocok :)

      Delete
  2. Saya jadi berasa dikasi ide nih buat liburan akhir tahun nanti sama keluarga, makasih mak Sari.

    ReplyDelete
  3. Wah kalau akhir taun biasanya pada penuh ya krn musim liburan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget! Itu aja aku dapatnya yang tanpa breakfast

      Delete
  4. Ya ampun udah mau kuliah aja ya anak Mak Sary. Liburan akhir tahun emang harus direncanakan sih. Mulai dari budget sampai milih hotel. Untung ada traveloka ya, jadi mudah urusannya.

    ReplyDelete
  5. Gak berasa ya tahun 2018 sudah akan berakhir, waktu berlalu begitu cepat sekali. Aku kayaknya akan staycation nih di akhir tahun, dan biasanya aku pun menggunakan Traveloka untuk pesan hotel atau pesawat.

    ReplyDelete
  6. Akhir tahun kami gak kemana mana Mak. Bumer hajatan. Jadi kumpul keluarga aja nih.

    Sehat terus ya Nak Reiga biar bisa ikut jalan jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih tante .. semoga hajatannya lancar ya :)

      Delete
  7. Sama mbak, saya juga bolak balik bandingin harga traveloka sama yang lain tapi ujung2nya tetep ke traveloka lagi. Tetep pilihan satu2nya dengan segala alasannya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah dikasih yang hemat masih gak percaya gitu ya hehe

      Delete
  8. Yang mau liburan udah prepare dari sekarang niy. Aku juga udah nyari hotel untuk liburan di kota Malang. Rata2 tinggal 1 atau 2 kamar.

    ReplyDelete
  9. Aku biasa memesan hotel di traveloka. Alhamdulillah poinnya sudah mulai banyak bisa dapat diskon kalau pesan lagi.

    ReplyDelete
  10. Aku juga pengen sih kak liburan akhir tahun ke Bali, cuma pas aku cek harga tiketnya PP DJJ-DPS pas akhir tahun kena 6jtan bhahahah :))
    Duh mampus deh, batal jadinya.
    Lebih milih liburan di kota tercinta aja, wkwkkw :lol:

    ReplyDelete
  11. Ah, aku pengin ke Bali lagi.
    Traveloka pilihanku saat cari hotel.

    ReplyDelete
  12. Aku juga sering pakai Traveloka buat pesan tiket pesawat atau hotel. Fiturnya mudah dan pilihannya banyak. Memang kalau mau liburannya berkesan kita kudu cermat mempersiapkan semuanya, termasuk soal pesan hotel. Semoga liburannya nanti menyenangkan ya, Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau keluargany besar kayak aku mbak, mesti cermat banget hihihi. Makasih ya mba molly :*

      Delete
  13. waaah gak berasa udah akhir tahun dan aku blom bikin planning buat family trip tahun iniii hiks

    ReplyDelete
  14. pengen banget nih liburan tahun depan. soalnya tahun ini benar-benar skip nggak ada liburan. ah semoga aja nanti ada rezekinya biar bisa pesan di traveloka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga tercapai bisa liburan yaa :)

      Delete
  15. Soal tiket maupun booking hotel, menurutku traveloka ini juaranyaaa... Aku selalu ngandelin traveloka

    ReplyDelete
  16. Hahaha, sama, Mak. Aku pun kalo mau pesen hotel, suka kebingungan sendiri. Jadinya ya berdasar referensi teman2 aja. Tapi bener, suamiku juga seringnya booking hotel via Traveloka. Bisa refundable dan reschedule kalo jadwalnya berubah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emak2 kayak kita mah emang suka kebanyakan maunya, jadi weh bingung sendiri :))

      Delete
  17. Halo, Dari, apakabar? Yg digendong itu adiknya Mayra-kah. Bunda do'akan rencana liburan keluarganya lancar. Aamiin.

    ReplyDelete
  18. Aku juga pake Traveloka kalo mau pesen2 hotel buat liburan, Mak. Harganya kompetitif banget. Pengalaman nyari hotel buat liburan ke Bogor bawq anak-anak, hunting hotelnya pake aplikasi ini, dapet diskon lumayan. Tahun ini belum punya planning liburan karena masih punya bayi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya, selamat ya, atas kelahiran babynya. Ga papa gak liburan, enjoy main sama bayi aja :)

      Delete
  19. Ku belum pernah sekeluarga ke Bali, jadi pengen juga ngerencanain seperti dirimu

    ReplyDelete
  20. Reiga, sehat-sehat yaa nak supaya bisa jalan-jalan sekeluarga. Asyik lho ke Bali bisa main pasir.

    ReplyDelete
  21. Aku rencananya sama klg mau akhir tahun di villa kakak di Kendal. Sebenarnta rumah biasa tapi berada di pertengahan kebun kopi dan sayuran jadi anak2 nyebutnya villa. Aku lama ga mampir blognya mak Sary. Salam ya buat klg.

    ReplyDelete
  22. Horeee Reiga mau first trip ke Bali ya?
    Emang paling enak liburan ke Bali, semua ada mulai dr yang tradisional sampai modern :D

    ReplyDelete
  23. Kemaren juga sempat mikir untuk liburan tahun baru. sempat cek harga n tiket penerbangan juga. Semoga bisa liburan akhir tahun! uhuuuuu

    ReplyDelete
  24. Horeee~
    Libur telah tibaa....libur telah tibaaa...

    Seneng banget kalau semua sudah dipersiapkan dari awal.
    Semoga lancar dan bisa sesuai rencana.
    Traveloka menginspirasiku pagi ini.

    Hhiihhii...

    ReplyDelete
  25. temenku juga sampe susah mba waktu cari hotel di Bandung ku kira emang butuh macam traveloka dari pada kelililing pusing y mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh engga deh sampe keliling2 nyari hotel :v

      Delete
  26. untuk akhir tahun liburan ke garut, mudik rame2 sama bapak ibuku dan adik2ku juga, gak sabar

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)