Mixer Baru dan Review Mixer Turbo

Pernah gak sih mikirin peralatan dapur yang kita pakai itu sudah aman atau belum, sudah food grade atau belum. Karena aku kaget juga pas tahu ternyata masih banyak peralatan masak yang belum terjamin food grade terutama produk-produk jadul. 

Jadinya sekarang tiap beli peralatan masak dan makan pasti ngecek dulu sudah food grade atau belum. Kayak waktu mau ganti mixer belum lama ini, aku mastiin dulu kalau mixernya sudah food grade. 

Alhamdulillah setelah dicek ternyata sudah food grade. Setiap material yang bersentuhan dengan makanan sudah “Food Grade” yang artinya kandungan cadmium dan bahan mercure yang biasanya terdapat pada plastic atau stainless steel, kadarnya aman bagi kesehatan. 

Jadi, aku tuh udah lama banget pengen ganti mixer pemberian Ibuku dengan mixer baru yang lebih praktis dan kuat. Sejak kakak Asyah senang baking, dia request terus minta beli mixer baru. Katanya pakai mixer lama ini, adonan kuenya lama sekali mengembang. Selain itu juga suka panas kalau terlalu lama dipakai. Padahal Maira (5 th) suka ikut-ikutan baking. Jadi merasa kurang aman karena mixernya cepat panas. 

Akhirnya ya udah deh, setelah lirak-lirik kesana kemari, pilihan jatuh ke mixer merek Turbo. Pertimbangannya karena meskipun harganya ekonomis, keunggulannya gak kalah dengan dengan mixer-mixer lain yang harganya lebih mahal.



Satu set mixer Turbo udah dilengkapi dengan dudukan, bowl 3,5 L dan aksesoris pengaduk adonan (spiral, butter easy dan spatula). Katanya pun mixer Turbo ini hemat listrik karena proses pengembangan adonan lebih cepat berkat daya 300 Watt. 

Varian warnanya ada tiga, ungu, hijau dan merah. Dan udah pasti aku milih ungu dong, warna kesukaan aku, kakak Asyah dan Maira. Hehehe pas banget ya? Walaupun kalau ada varian warna pink pasti kedua anak itu lebih memilih warna pink. 

Kakak senang banget waktu mixernya dating. “Wah, Kakak bakal makin rajin baking nih,” katanya sambil ketawa-ketawa. Sementara aku senyum mesem-mesem aja. Kakak senang bisa sering-sering baking, Mama was-was sama isi dompet :D 

Namanya ibu-ibu suka excited kalau punya gadget baru di dapurnya, aku pun jadi langsung pengen nyoba mixer baru. Kebetulan sudah beberapa hari suamiku request minta dibikinin Japanese Cheese Cake. Gara-garanya beliau urung beli di salah satu gerainya di mal di Palembang karena terkejut, harganya mahal padahal ukurannya kecil. 

Beberapa waktu yang lalu, aku pernah mencoba bikin Japanese Cheese Cake dan udah aku share juga resep dan cara membuatnya di blog ini. Rasa cakenya memang enak sekali tapi bikinnya juga lumayan lama dan ribet. Terutama pas bikin adonannya. Makanya malas mau bikin-bikin lagi. Aku kan ibu-ibu pecinta kepraktisan. Suka masak dan baking, tapi pilih yang bikinnya praktis dan cepat. 

Nah, setelah browsing kesana kemari, akhirnya ketemu deh resep Japanese Cheese Cake yang bahan-bahan dan cara bikinnya lebih mudah. Karena suami request dan jarang-jarang juga dia request pengen cake, ya udah aku niatin deh bikin Japanese Cheese Cake resep baru ini. Sekalian jajal mixer baru kan? 

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, kalau bikin 1 loyang kue pasti gak cukup untuk semua anggota keluarga. Makannya belum puas, eh, kuenya udah habis. Oleh karena itu, aku bikin 2 adonan cheese cake sekaligus untuk 2 loyang kue. 

Adonan yang harus dikocok menggunakan mixer adalah putih telur. Karena bikin dua adonan, aku juga pakai 2 mixer untuk mengocok masing-masing adonan putih telurnya. Adonan putih telur pertama dikocok pakai mixer lama, adonan kedua menggunakan mixer baru, Mixer Turbo. 

Ternyata adonan putih telur yang dikocok pakai mixer Turbo cepat banget mengembang dan jadi kaku sementara yang dikocok pakai mixer lama, lebih lama mengembangnya. Padahal mengocoknya barengan loh. Setelah 5 menit, putih telur di mangkuk Mixer Turbo sudah soft peak (kaku) sementara putih telur di mangkuk mixer lama sudah lembut tapi gak kaku dan di dasar mangkuk masih ada sisa putih telur yang masih cair.




Daaan, bener banget, pas dioven, Japanese Cheese Cake yang putih telurnya dikocok pakai Mixer Turbo mengembang dengan sempurna, teksturnya lembut dan rasanya hmm yummy, enak banget. Melted di dalam mulut.




Jadi, memang ya, untuk membuat kue yang sempurna itu, selain pakai bahan-bahannya berkualitas, proses pembuatan dan bakingnya harus on the track, peralatan yang digunakan juga harus menunjang. Apalagi kalau untuk teman-teman yang usaha baking, peralatan baking tuh investasi banget kan. 

Ini keunggulan mixer Turbo, terutama setelah aku pakai sendiri, ya: 
  • Semua materialnya yang bersentuhan langsung dengan makanan sudah Food Grade, jadi aman untuk kesehatan. 
  • Dengan harga yang lebih bersahabat dibanding produk sejenis, setiap pembeliannya sudah dilengkapi dudukan, mangkuk 3,5 L dan aksesoris pengaduk (spiral, butter eazy dan spatula). 
  • Varian warnanya ada 3, hijau, merah dan ungu. Kalau mau hand mixer, tersedia juga warna merah. 
  • Memiliki 5 tingkat kecepatan dan 1 tombol boost. 
  • Garansi 3 tahun dengan suku cadang asli. 
  • Motor kuat terbuat dari 100% tembaga sehingga tidak mudah panas. 
  • Dengan daya 300 watt, adonan kue lebih cepat mengembang dan cepat selesai. So, lebih hemat listrik kan? 

Dari pengalaman aku pakai mixer Turbo, dibandingkan dengan mixer lama milikku, aku menyimpulkan mixer Turbo ini lebih baik kualitasnya dan recommended loh untuk kalian yang sedang mencari mixer berkualitas dengan harga ekonomis. Worthed to buy banget deh! 

Balik lagi ke Japanese Cheesecake-nya, suami dan anak-anak seneng banget bisa puas makan kue ini. Biasanya kan kalau lewat gerainya di mal cuma menelan ludah aja karena udahlah mahal makannya juga gak puas. 

Ada yang penggemar Japanese Cheesecake juga? Nih, aku bagi fotonya aja ya 😄




47 comments

  1. Kapan-kapan kalau ketemuan, bikinin dong Japanese Cheesecake buatku, penasaran rasanya :)
    itu mixer turbonya harganya berapaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mbak, ntar kubikin kue dulu kalo kita pas mau ketemuan :)

      Harga mixernya masih di bawah 300rb an koq mbak ^^

      Delete
  2. Udah lama pengen punya mixer..makasih sharingnya mak..

    ReplyDelete
  3. Saya jadi penasaran pengen ngecek peralatan di rumah sudah food grade blm ya, maklum semua warisan ibu mertua jadi barang2 jadul. Btw kuenya nampak sangat yummy mbak.

    ReplyDelete
  4. Kemarin pas belanja keperluan Joeragan Ice CReam aku juga lihat2 mixer dan incer merk Turbo karena pas belanja cuman beli blender turbo dan hasilnya oke banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temen yg pakai blender Turbo juga bilang hasil blenderannya lebih halus

      Delete
  5. Udah lama juga nih saya ngiler sama mixer, eh ternyata ada mixer turbo ini nih yang kece yah, pengen beli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, buruan beli deh biar makin rajin masak :D

      Delete
  6. Saya ga pernah masak kue2. Karena ga siap gagal ngembang. Haha kynya boleh nih dicoba pke mixer turbo biar ga gagal ngembang hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha siapkan diri mulai sekarang, pasti bisa koq :)

      Delete
  7. Aduh, mixernya cantik banget. Ungu gitu. Ak setuju bgt mb, dlm baking proses mmg no. 1. Pernah gagal bikin lemon cake gr2 salah masukin gula. Haha. Dah lama deh ga bikin japanese cotton cake jg. Liat tekstur di foto td sukses bikin kenyes2. Thanks sharingnya mba.

    ReplyDelete
  8. Saya lagi ngincer mixer ini Mak. Nunggu tabungan impas dulu. Hahahha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha semoga segera impas ya tabungannya :D

      Delete
  9. Mixerku udah uzur, liat review ini jadi keracunan pingin ganti mixer. Asyik banget hand mixer tapi tenanganya gede :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa gak cape deh pake mixer ini, cepet selesainya

      Delete
  10. Baru tahu aku mba ternyata mixer juga mempengaruhi tekstur kue mengembang sempurna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalo mixernya loyo, adonan kuenya suka lama mengembangnya n jadi bantat

      Delete
  11. Hal yang penting banget untuk jadi bahan pertimbangan membeli mixer, harganya yang ekonomis dan banyak keunggulannya hehehe

    ReplyDelete
  12. Ya ampun pagi-pagi ngiler liat ini. Secara aku fans nya japanese cheese cake ini. Hahaha. Sekalian donk mba share resep yang jadi panduannya. Soalnya yg aku liat biasanya ribet2. Siapa tau ada yg lebih mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya, nanti ya aku share resepnya di postingan terpisah :)

      Delete
  13. Tfs Mbak, kebetulan nih adekku juga mau beli mixer... Bisa jadi bahan pertimbagan nih

    ReplyDelete
  14. Kebetulan lagi cari mixer baru nih Mak. Bagus ya Turbo ini. Mixer yang bagus emang bikin semangat bikin kue dan pengaruh ke hasil baking yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus banget, aku jd makin rajin bikin kue haha

      Delete
  15. Mengembang banget bolunya mba, aku suka... apalagi cuma 300watt hemat listrik mixer turbo nya

    ReplyDelete
  16. Wah bakalan sering sering nih bikin kue kalau ada mixer baru. Mamaku juga pasti senanv dihadiahin ini.

    ReplyDelete
  17. Aaak mupeng miksernya. Aku barusan beli mikser nih dan agak merasa performa yg kubeli kurang maksimal

    ReplyDelete
  18. Kusuka bangeeet cheese cake.
    Ini bikinnya gampang kah, mba?

    Btw,
    iyayaa...aku ga pernah lihat alat masak food grade atau engga...karena yang di bayanganku kan...buat bikin makanan, masa ga food grade...?

    Salah yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang koook asal niat aja :D

      Aku jg mikir gitu dulunya, masa iya sih buat makanan gak food grade, tapi ternyata banyak bgt yg gak food grade :(

      Delete
  19. Iya juga ya..selama ini nggak terlalu perhatian dengan produk rumah tangga yang dipakai, harus benar-benar cek food grade nih mukai sekarang.

    ReplyDelete
  20. Wahh cocok banget mixer ini kalo mw buat jenis cake yg kudu ngembang kocokan telurnya. Mixer ku dirumah termasuk yg lama ngembang nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak mixer lamaku, lama banget bikin adonan ngembang :(

      Delete
  21. Kan jadi tahu dan jadi pengen ganti mixer juga saya. Hehe. Saya baru tahu banget soal food grade ini loh mbak.

    ReplyDelete
  22. Aku baru tau ada merk Turbo ini mak, liat cakenya yang dibuat dengan Turbo ini jadi ingin mencoba untuk buat dirumah.

    ReplyDelete
  23. Wiiiii hasilnya beda jauh yaa setelah pake mixer turbo. Aku selama ini gak pernah pake mixer klo nyoba2 bikin kue. Jadi hampir sering gagalnya. Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus bikin pakai apa kalo gak pake mixer? :D

      Delete
  24. Iya sih..biasanya bolu gak jadi karena kurang mix..,ini solusi biar gak bantat

    Warna ungunya aku suka..., Beli mixed ini aja..kalo dekat lebaran..

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)