Tips Menghadirkan Pengalaman Mandi Yang Menyenangkan Untuk Anak

Suka khawatir gak sih, Moms, kalau anak-anak mandi terlalu lama dan asyik bermain air sampai lupa waktu? Khawatir anak jadi sakit kedinginan? Atau khawatir tagihan air membengkak? Apapun kekhawatiran kita sebagai orangtua, mandi dan main air memang kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak.

Apalagi kalau musim liburan sekolah seperti sekarang nih, pasti betah banget mandi dan main air berlama-lama di kamar mandi. Mobil-mobilan dan boneka juga ikutan mandi.

Nah, kalau mandi dan main air jadi salah satu kegiatan yang bikin anak bahagia, masa kita larang. Iya, gak sih? Kadang-kadang, aku malah sengaja menyuruh anak-anak main air bersama-sama. Kalau papinya lagi libur, suka ikutan juga main air bersama mereka. 

Meluangkan waktu bermain air bersama anak, ternyata efektif loh membuat anak yang tadinya takut air jadi berani. Karena meskipun mandi dan main air itu menyenangkan, ada juga anak-anak yang takut air. Jadi tiap mandi pasti pakai drama menangis dan jerit-jerit. Aku pernah mengalami hal ini saat anakku, Reiga berumur 9 bulan - 1 tahunan. Entah kenapa, tiba-tiba dia jadi takut banget setiap mau mandi. Jadi, kalau mau mandi mesti dibujuk pakai segala cara dan pasti anaknya menangis sambil jerit-jerit. Alhamdulillah, sekarang Reiga (2 tahun) sudah gak takut air lagi. Malah senang banget main air dan selalu minta mandi 😄

Tips Menghadirkan Pengalaman Mandi Yang Menyenangkan Untuk Anak


Punya anak yang takut air dan takut mandi itu memang peer banget untuk orangtua. Banyak faktor yang membuat anak usia dini punya pengalaman tidak menyenangkan saat mandi.

Aku mau berbagi beberapa tips menghadirkan pengalaman mandi yang menyenangkan untuk anak ya. Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang mungkin punya pengalaman yang sama seperti yang pernah aku alami.

  • Ajak anak mandi di momen yang tepat. Mood anak memang tricky banget ya, Moms? Kadang-kadang dia lagi happy banget, pas diajak mandi langsung menolak trus ngambek. Tapi kadang-kadang, ajakan mandi juga bisa jadi cara jitu untuk membuat anak yang lagi ngambek, kembali ceria lagi. So, jangan langsung memaksa anak untuk mandi kalau dia menolak. Tunggu aja dulu sambil pelan-pelan dibujuk. Hindari memandikan anak saat sedang menangis apalagi tantrum.
  • Pastikan suhu air mandi sesuai dengan suhu tubuh anak. Air mandi sebaiknya tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin. Kalau orang bilang, suhu air mandi yang ideal itu suam-suam kuku. Tujuannya supaya anak tidak kaget ketika badannya terkena air. Anak kecil, mengalami trauma sedikit saja, dampaknya bisa panjang loh Moms 😟
  • Izinkan anak membawa mainan ketika mandi. Mainan bisa membuat perhatian anak teralihkan dari rasa takut air. Sampai sekarang, aku masih suka bertanya ke Reiga, dia mau bawa mainan yang mana untuk menemaninya mandi. Ketika dibiarkan memilih mainannya sendiri, Reiga jadi tambah semangat mau mandi.
  • Gunakan sabun dan sampo khusus anak-anak. Biasanya kemasan dan wanginya memang disukai anak-anak.
  • Sesekali temani anak-anak bermain air di kamar mandi. Hanya main air, bukan mandi bareng ya, Moms. Kebetulan di rumahku ada bathtub yang besar, bisa dipakai anak-anak bermain air dan busa sepuasnya.
  • Gunakan produk kebutuhan mandi yang berkualitas dan kids friendly, nyaman dan aman digunakan anak-anak. 

Nah, itu tadi beberapa tips menghadirkan pengalaman mandi yang menyenangkan untuk anak yang pernah aku coba di rumah. Gak terlalu susah kan tips-tipsnya?

Saat sharing dengan beberapa teman, biasanya yang agak sulit dikondisikan itu justru produk kebutuhan mandi yang kids friendly. Alasannya biasanya karena tidak sesuai dengan tema interior kamar mandinya, atau tidak nyaman digunakan untuk orang dewasa. 

Padahal, penggunaan produk kebutuhan mandi yang tepat bisa membuat anak terhindar dari trauma takut air atau takut mandi. Misalnya saja nih, waktu pertama kali anak dikenalkan dengan shower mandi, anak kaget karena aliran air yang keluar sangat keras dan meninggalkan rasa tidak nyaman pada kulitnya. Akhirnya dia menangis dan merasa mandi bukanlah kegiatan yang menyenangkan.

Beberapa hari yang lalu, aku baru mengganti hand shower kamar mandi di rumahku. Meskipun masih bisa dipakai, tapi anak-anak sudah beberapa kali komplen karena aliran airnya makin lama makin kecil. Memang sih, sulit sekali membersihkannya, jadi selalu ada kotoran dan lumut yang luput dibersihkan, makanya aliran air jadi tidak lancar. Tadinya pengin ganti dengan produk yang sama supaya tetap matching dengan interior kamar mandi, tapi, produk hand shower yang kami pakai itu, kalau masih baru, aliran airnya sangat keras, kurang nyaman digunakan anak-anak dan sulit membersihkannya. Jadi, option ganti hand shower-nya dengan produk yang sama dilupakan saja.

Shower mandi yang sekarang dipakai adalah GENIE, hand shower terbaru dari American Standard. Pastinya tahu banget ya, Mom, kalau produk-produk kebutuhan mandi American Standard sangat berkualitas, baik dari segi desain maupun inovasi teknologinya. Varian warnanya bagus-bagus deh, ada aquamarine, petal pink dan steel grey. Tadinya sempat khawatir gak matching dengan interior kamar mandi di rumah, tapi ternyata cocok koq. Anak-anak juga senang banget, ya karena tahu sendirilah anak-anak, selalu excited tiap ada barang baru 😄




GENIE Hand Shower

Yang aku suka banget, GENIE hand shower ini punya fitur Easy Clean, mudah dibersihkan. Kepala pancuran GENIE terbuat dari bahan frosted plastic dan punya permukaan yang transparan. Aliran air yang keluar kelihatan jelas. Kalau kotor, pasti kelihatan. Cara membersihkannya pun mudah, gak seperti membersihkan shower pada umumnya, yang sulit dibuka dan sulit dibersihkan. Cukup buka bagian penutup belakang GENIE pakai kunci yang sudah termasuk dalam kemasan produk saat beli. Gak usah khawatir kalau kuncinya hilang, karena kita bisa menggunakan koin untuk membuka bagian penutup belakang GENIE. 


Cara membuka bagian penutup belakang GENIE hand shower,
easy clean, mudah dibersihkan.

Aliran air yang keluar dari GENIE hand shower punya tekanan yang konsisten dan kuat. Tapiiii, rasanya tetap lembut dan nyaman di kulit. Fitur ini namanya petal pressure. Jadi gak khawatir anak bakalan kaget deh, Moms kalau gak sengaja kena semprot air yang keluar dari GENIE. Semprotan air yang keras dan terasa sakit di kulit itu yang biasanya bikin anak kaget, tidak nyaman dan menangis.


Fitur petal pressure pada GENIE membuat aliran air
yang keluar memiliki tekanan konsisten yang kuat
tapi tetap terasa lembut dan nyaman di kulit.

Selain itu, alasan lain yang membuatku tertarik dengan produk ini karena katanya hemat air (water saving). Nah, untuk membuktikan hal ini sepertinya butuh waktu ya. Tapi teknisnya begini, biasanya, untuk meningkatkan tekanan air, kita harus menambah volume air kan? Teknologi ini banyak dipakai pada shower tangan konvensional. GENIE mempunyai inovasi baru, dengan 120 lubang pancuran mikro di permukaannya, membuatnya mampu memberikan aliran air dengan tekanan kuat dengan volume air yang sama. 

Harga GENIE Hand Shower ini terjangkau banget, hanya 260 ribu rupiah, bisa beli online maupun offline. Cocok banget deh untuk melengkapi kebutuhan mandi keluarga milenial zaman sekarang. 

Oya, ada fakta menarik tentang GENIE hand shower ini loh, Moms. Fakta pertama, hari Sabtu, tanggal 15 Desember 2018, 4 negara Asia, yaitu India, Filipina, Thailand dan Indonesia, secara serentak mengadakan penjualan amal produk GENIE Hand Shower. Di Indonesia, penjualan amal yang dinamakan "Shower For Good" ini berlangsung di Gandaria City Mall. Sesuai dengan namanya, "Shower For Good", setiap pembeli GENIE Hand Shower, selain akan mendapatkan pengalaman mandi yang menyegarkan, sekaligus juga membantu anak-anak yang kurang beruntung mendapatkan akses sanitasi yang bersih dan aman untuk hidup lebih sehat. 


Penjelasan tentang kampanye donasi "Shower For Good"
melalui penjualan GENIE Hand Shower di Gandaria City Mal, Jakarta,
hari Sabtu, 15 Desember 2018. 

Bapak Iwan Irwanto, Country General Manger
LIXIL Indonesia hadir di event penjualan amal
Shower For Good di Gandaria City Mall,
Sabtu, 15 Desember 2018.

Demo produk GENIE Hand Shower di
penjualan amal Shower For Good.

Pada hari itu, berhasil terjual 1000 unit produk GENIE hand shower melalui penjualan amal Shower For Good di Gandaria City Mall. 100 persen dari hasil penjualannya didonasikan pada program LIXIL-UNICEF "Make A Flash", yang bertujuan untuk membantu mengatasi krisis sanitasi yang masih banyak dialami anak-anak Indonesia. Padahal akses sanitasi yang memadai seperti toilet telah terbukti dapat meningkatkan angka harapan hidup anak-anak, membuat masyarakat jadi lebih sehat dan produktif bahkan membuka kesempatan bagi anak-anak untuk bersekolah. Semoga program "Make A Flash" ini bisa membantu anak-anak Indonesia mendapat akses sanitasi yang baik dan hidup lebih sehat.


Penyerahan hasil penjualan amal 1000 GENIE Hand Shower
dari pihak LIXIL Indonesia kepada UNICEF

Fakta yang kedua, GENIE Hand Shower berhasil menjadi pemenang penghargaan di ajang bergengsi Red Dot Design Award 2018. Ajang ini merupakan kompetisi desain produk inernasional yang sudah dilaksanakan sejak tahun 1955. GENIE berhasil mendapatkan penghargaan berkat desain ramping dan teknologi revolusioner dengan tetap mengedepankan kenyamanan, kebersihan dan estetika.

Kalau sudah berhasil mendapat pengakuan bergengsi, artinya kualitasnya GENIE tidak perlu diragukan lagi. Dan yang paling penting buat aku sih, GENIE hand shower ini membantu banget menghadirkan pengalaman mandi yang menyenangkan untuk anak 😍



18 comments

  1. Bener banget, kalau mandi itu anak boleh bawa mainan maka jadi bersemangat buat mandi ya mak. Duhh seger banget lihat mandinya krucils. Selalu support lah sama program kebaikan seperti yg dilakukan oleh GENIE ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saking semangat sampe gak selesai-selesai :D

      Kegiatan positif memang harus disupport :)

      Delete
  2. Sama mbak, anakku biar mau mandi harus dibawain bererot mainannya. Kalau pakai Genie ini bakalan jadi suka mandi kali ya, bentuknya unik banget, ini yang aku cari, yang gampang dibersihin dalemnya

    ReplyDelete
  3. Miqdad kalo mandi semua mainannya mau dibawa ke kamar mandi. Huhuhuhu. Tapi sekarang dia udah mandi air dingin hehehehe

    ReplyDelete
  4. Saya di rumah juga pake ini mak, enak tekanan airnya pas, kadang ada shower yang tekanannya terlalu keras dan bikin sakit, tapi kalau ini mah enak, tekanan airnya pas.

    ReplyDelete
  5. seneng banget anak saya juga kalau ada bath tub pas nginep di hotel, bisa main air sepuasnya...lucu banget ya hand showernya

    ReplyDelete
  6. Pengalaman cucu binda bunda waktu kecil memang mainan adalah satu2nya agar cucu bergairah untuk mandi.

    ReplyDelete
  7. Suka dengan desainnya yang simpel, warna-warnanya juga cerah-cerah bikin semangat mandi hehe..

    ReplyDelete
  8. Wah lucu banget showernya. Showerku yang metal itu, yang berat, kalau jatuh ke lantai glodak bikin kaget.

    ReplyDelete
  9. Hand shower Genie selain kualitasnya yang bagus, saya suka banget look-nya Genie. Recomended buat keluarga nih, apalagi ulasan kk mantull

    ReplyDelete
  10. MasyaAllah Genie ini terobosan baru yang keren banget ya Mba, aku kepengne punya juga
    dih si adek menggemaskan sekali waktu mandi hahaha.

    ReplyDelete
  11. Kalau sabun dan shamponya enggak pedih di mata, terus ada shower yang unik dan imut-imut gitu, anak-anak bakalan seneng ya kalau mandi. Enggak ada drama lagi anak ogah mandi..

    ReplyDelete
  12. anakku kalau diajak mandi yang satu ada yang heboh suka, yang satu malah sering nangis hahahaha susah dimandiin
    handshowernya bagus ya mbak warnanya lucu
    biasa ada shower yang airnya ngalir kencang jd bikn sakit di badan

    ReplyDelete
  13. Wah, anakku bisa betah di kamar mandi nih kalo shower nya enak gitu. Apalagi semuanya hobbies maintain air, hihi

    ReplyDelete
  14. Pengalamanku dulu kalau aku siapkan mainan di bak mandi kayak bebek-bebekan anakku bakal anteng meskipun airnya dingin. Apalagi bebek yang bunyi kalau dipencet-pencet itu Mak.

    ReplyDelete
  15. Anak-anak seneng banget Mbak kalau diajak mainan shower biasanya, jadi makin lama mandinya. 😃 Eniwei shower lama saya cepet rusak apa sesekali coba rekomendasi Mbak ini ya?

    ReplyDelete
  16. Urusan susah mandi jadi teringat anak tetangga yg beneran susaaaaah banget disuruh mandi. Usianya sama kayak Reiga. Mungkin anak umur segitu susah mandi kali ya? Heuheu.

    Tetanggaku udah pasrah anaknya susah mandi. Klo pagi mandinya jam setengah 12, mandi sore abis adzan maghrib.

    Sepertinya tips di atas patut ku-share di WAG buebuk tetangga, siapa tau juga pada kepincut pengin punya Genie shower

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)