Bagaimana Caranya Supaya Anak Mau Makan Sayur?


Bagaimana caranya supaya anak mau makan sayur?

Meskipun mau makan sayur, tapi aku akui mesti banyakin sabar membujuk anak-anakku terutama yang kecil-kecil untuk menghabiskan sayur di piring makannya.

Seminggu yang lalu, aku datang ke event blogger yang membahas tentang pentingnya pemenuhan asupan serat sejak usia dini. Salah satu topik yang dibahas adalah cara mengetahui kesehatan pencernaan melalui pola BAB-nya. Hal yang sebenarnya aku sudah tahu sejak lama dan sering praktekkin juga di rumah. Tapi, namanya juga manusia tidak sempurna, seringkali pemantauan pola BAB hanya sebatas pemantauan tanpa tindakan perbaikan yang konsisten. Termasuk ke anak-anak 😪

Coba, siapa yang suka memperhatikan pola BAB dan bentuk feses anak-anaknya? Eh, ini gak jorok loh ya, karena berguna sebagai indikator kesehatan pencernaan. Aku selalu memperhatikan bentuk feses anak, terutama yang kecil, ya. Kalau anaknya udah besar, ya enggalah. Tapi kalau mereka mengeluh perutnya sakit, yang pertama aku tanya pasti, bentuk fesesnya bagaimana. Jadi anak-anak sudah terbiasa dengan pembahasan bentuk feses ini karena paham hubungannya dengan kesehatan, bukan untuk jorok-jorokan.

Tapi, ya, gitu, ketika ada yang kena masalah pencernaan, solusi dan tindakannya biasanya jangka pendek saja. Sampai si lambung gak rewel lagi. 

Nah, di event kapan hari itu, aku jadi ke-trigger untuk mengubah strategi makan sayur. Daripada nyetok sabar banyak-banyak nungguin mereka menghabiskan sayur di piring makannya, mending dibikin smoothie aja. Jadi, aku browsing-browsinglah resep smoothie sayuran khusus untuk anak. 

Kalau smoothies buah, jangan ditanyalah ya, sudah pasti anak-anak suka. Kalau sayuran ini loh. Aku aja males banget ngerasainnya 🤣😁😅 Eh, ternyata, setelah browsing resep kesana kemari, aku cari referensinya di web punya orang luar karena lebih banyak variasinya, ada bahan kuncian yang bikin smoothies sayuran jadi enak rasanya dan ramah di lidah anak 😍 Dan gak perlu ngambis pake sayuran macem-macem. Pake sayur yang gampang dicari dan dibeli aja. Setelah aku coba, ternyata emang enak dan pada suka. Bahkan pada rebutan ngabisin, yang artinya mesti bikin lebih banyak 😏😅 

Sejauh ini, aku baru nyoba bikin smoothies sayuran pakai bayam dan wortel. Soalnya kedua jenis sayuran ini yang paling mudah didapat. Nah, apa saja bahan kunciannya supaya rasa smoothies-nya jadi enak?

Kalian cuma perlu menyiapkan 3 bahan ini, Moms. Frozen banana, yogourt dan susu. Kalau aku hanya pakai fozen banana dan yogourt karena ternyata kalau pakai susu, menurut anakku rasanya jadi terlalu creamy dan bikin enek. Sementara kalau menurutku sih pakai susu, tetap enak-enak aja.

Bagaimana cara membuat frozen banana? Gampang koq. Pilih saja buah pisang yang sudah matang, potong-potong dan simpan di kulkas. Pisang beku ini bisa bertahan sampai 3 bulan kalau disimpan di dalam freezer. Aku biasanya bikin sekaligus banyak. Tinggal pakai seperlunya tiap mau bikin smoothie. Selain bikin rasa smoothie sayur jadi enak, frozen banana ini juga dimaksudkan sebagai pengganti es batu. Jadi gak usah pakai es batu lagi. Cukup pakai frozen banana dan yogourt, hasil smoothie-nya nanti sudah cukup dingin dan segar untuk anak-anak. Tapi kalau mau tambah es batu juga gak papa sih. Soalnya kalau aku memang gak membiasakan anak-anak minum air es dan minuman manis pakai gula. Jadi frozen banana sudah cukup.

Selain itu, dari hasil browsing resep smoothie sayur, aku juga menemukan 1 tips yang berguna nih, Moms. Boleh banget loh sayurannya juga dibekukan. Jadi setelah dicuci bersih, sayurannya disimpan di freezer. Kandungan gizinya tidak berubah tapi bisa mengurangi rasa sayur yang umumnya gak disukai anak-anak. Aku belum mencoba pakai frozen veggie. Baru pisang dan stroberi saja yang sudah aku coba bekukan dan dipakai untuk bikin smoothie. Tapi udah bikin sih bayam beku yang siap pakai. Caranya, ambil bagian daunnya saja, cuci bersih, masukkan ke tempat kedap udara dan simpan di freezer. Next, mau aku coba pakai si bayam beku ini.

Anak-anak suka sekali rasanya. Meskipun ada salah satu tips yang aku baca, menyarankan untuk menyembunyikan si sayur (hidden veggie), aku justru kasih tahu ke anak-anak kalau yang mereka minum dan bilang rasanya enak itu adalah sayur 😁 Dengan begitu, brainstromingnya adalah, SAYUR ITU ENAK!



Resep dan Cara Membuat Spinach Smoothie

Bahan:
  • 3 sdm yogourt kental (bisa juga pakai tambahan susu segar dengan perbandingan 1:1 supaya gak terlalu kental.
  • 1 buah pisang yang dibekukan
  • 15 gram daun bayam segar/frozen
  • Tambahan buah lainnya sesuai selera, bisa stroberi, nanas dll. Tapi gak pakai buah lain selain pisang juga gak papa.
Cara membuat:

Blender aja semuanya sampai halus, Moms 😆 Gampang kan? Gak usah pakai gula lagi ya. Tapi kalau mau tambah madu, cinnamon, nut butter, santan gitu-gitu untuk nambahin rasa dan nutrisi, boleh-boleh aja koq. 

Nah, gimana? Mau coba bikin juga? Semoga bermanfaat ya 😊



17 comments

  1. uwuuu smoothienya aja bikin yang liat ngiler, apalagi anak-anak yg ga mau sayur, bisa nafsu makan nih kalau dapat smothie sayur cem itu, Mbak
    Jadi mau bikin, ahh, buat diri sendiri tapi wkwkwkkw
    TFS Mbak

    ReplyDelete
  2. Mak Sar, mau tanya pake yogurtnya merk apa atua yogurt yang ada di minimarket bisa dipake? jadi pengen coba bikin deh kayaknya enak yah..dan baru tahu frozen banana ini bikin awet daripada didiemin malah item ya jadi bisa juga buat gantinya es batu..

    duh makasih banyak aku jadi beneran pengen cobain krn emang iya kadan aku aja ga suka sayuran wkwk

    ReplyDelete
  3. Makan sayur dalam bentuk smoothie memang cara paling jitu, rasanya yg langu jadi lebih enak. Kalau ke dokter Juga pasti ditanya tuh bentuk fesesnya ya, jadi mending merhatiin duluan deh di rumah

    ReplyDelete
  4. Wah, iya juga nih Makte.
    Kenapa selama ini ngga kepikiran buat bikin smoothie ya>
    Markicob, mari kita cobaaaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. Menggiurkan sekali ini smoothiesnya, ya. Resepnya bisa dicontek nih. Emang seneng kalau anak doyan sayur

    ReplyDelete
  6. wah pas banget aku lagi nyari caranya buat mamiku yg udah sepuh dan ga mau makan sayur. cocok dibikinin smoothies nih. makasi inspirasinya ya mak :*

    ReplyDelete
  7. Alternatif konsumsi sayur selain di masak y mba.. aku blm pernah sih nyobain. Untungnya dua bocahku masih suka model2 sayur sop, bening, atau soto..

    Tapi biar nggak bosen, boleh lah..

    Makasih mb, infonya

    ReplyDelete
  8. Aku juga pernah kepikiran bikin smoothie bayam atau kale sama pisang strwaberry nanas biar anak makan sayur tp nanti aja klo dah sekolah. Skrg masih setaun masih butuhnya lemak. Good idea ini Mak :)

    ReplyDelete
  9. Boleh juga nih dicoba bikin smoothie biar anak2 doyan makan sayur. Kalau dicampur kaya gitu kan jadi ada manis2nya, gak keliatan bentuk sayurnya

    ReplyDelete
  10. Nah, ini masalah anak pertamaku, Mak. Dia tuh picky banget, padahal zaman bayinya rakus sayur buah banget. Nah, kekurangan sayur ini kelihatan banget dr feses-nya (aku masih suka amati). Dan dia juga tahu, kalau keras tandanya kurang sayur.

    Beda sama yang kecil. Sayur bayam aja digado. Ya PRnya yang gede itu, memang.

    ReplyDelete
  11. Thanks mba resepnya, aku masih pusing euy sama anak karenaagak suka sayur. Dan sering bermasalah dipencernaan. Aku cobain buat semoga anakku suka.

    ReplyDelete
  12. Wahh ini perlu dicoba. aku gak kepikiran loh sayur dibikin smoothies.
    karena jujur aja permasalahan anak2 gak doyan sayur itu udah jadi permasalahan tiap orangtua deh kayaknya. mau dari jaman kapan sampai kiamat gak bisa berubah kayaknya :))

    ReplyDelete
  13. Duh mba, smoothie nya bikin ngiler deh. Oh iya, membiasakan anak makan sayur juga merupakan PR buat ku mba, nah cara mengkonsumsi sayur dibikin smoothie belum aku coba. Setelah ini langsung mau aku coba buatkan untuk anakku:)

    ReplyDelete
  14. Ini mah jadi saya yang pengin Maaak haha. Tapi beneran nih baru tau kalau ditambahin buah rasanya jadi enak, apalagi anak saya suka banget sama banana. Fix langsung dicobain ini sih.

    ReplyDelete
  15. Sama mom anak aku juga susah makan sayur... Jadi aku akalin minum jus sayur ama buah di campur gitu...

    ReplyDelete
  16. Bermanfaat banget mbak artikelnya. Saya kalau pas panen pisang, udah dikurangi di bagi-bagi ke tetangga, di rumah masih banyak juga. Kadang jadi membusuk karena lama-lama bosan juga. Baca artikel ini jadi tahu kalau ternyata bisa di taruh freezer jadi frozen banana

    ReplyDelete
  17. makasih low bun tipsnya, sangat menarik

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)

Popular Posts