Selain Beri Manfaat, Sebelum Solo Traveling Kamu Wajib Catat 5 Hal Penting Ini



Berlibur sendirian atau solo traveling bukan berarti dirimu dicap sebagai penyendiri, tidak punya teman, pacar atau hal lainnya. Padahal, melakukan solo traveling termasuk dalam kegiatan atau pencapaian seseorang dalam melakukan perjalanan, terutama untuk para kaum perempuan. Bahkan, dibalik itu manfaat solo traveling bagi perempuan sangat banyak. 

Karena, dengan menjadalam solo traveling akan membuat seseorang bisa bangga dengan dirinya sendiri, bahwa kamu adalah perempuan hebat. Namun, kegiatan solo traveling memang bukan sebuah keharusan, melainkan sebuah pilihan, tergantung selera masing-masing orang. 

Akan tetapi, kamu bisa melihat sisi lain dari manfaat solo traveling bagi perempuan. Karena, dengan bersolo traveling kamu akan banyak belajar tentang kehidupan. Nggak percaya? Namun, sebelum kamu berencana untuk solo traveling, kamu wajib mengetahui hal-hal berikut ini dulu: 


1. Mencari tahu informasi lokasi tujuan liburanmu 

Karena kamu akan pergi sendirian, maka wajib hukumnya untuk mencari segala informasi tentang tempat tujuan liburan kamu. Mulai dari destinasi wisata yang bisa dikunjungi, fasilitas yang disediakan untuk pendatang atau wisatwan, hingga transportasi yang bisa mengantarkanmu ke tempat tujuan. 

Tidak hanya itu, kamu juga harus mengetahui riwayat daerah yang akan kamu kunjungi. Misalnya tentang sejarahnya, bahasa yang digunakan, budaya yang diterapkan dan lain-lain. 


2. Mengetahui rincian biaya yang harus dikeluarkan 

Selain mengetahui informasi terkait lokasi tujuan, kamu yang ingin solo traveling bagi perempuan juga wajib tahu tentang rincian biayanya. Mulai dari biaya transportasi, biaya sewa hotel, makan, tiket destinasi wisata, dan lain-lain. Karena sekarang zaman sudah canggih, kamu bisa mengeceknya via online. Sebab hal tersebut dilakukan agar kamu tidak kekurangan dana saat sedang traveling. 


3. Siapkan barang-barang yang akan dibawa sendiri 

Karena kamu akan solo traveling atau liburan sendiri, sebaiknya kamu siapkan semua keperluan sendiri. Sehingga kamu tidak repot, karena kamu tidak bisa meminta pertolongan orang terdekat yang memiliki cadangan kebutuhanmu. Mulai dari pakaian, makanan, obat-obatan, dana lebih dan lain-lain. 


4. Membuka diri dengan lingkungan luar 

Meskipun kamu akan solo traveling, bukan berarti kamu minder dan menutup diri. Malah dengan solo traveling kamu jadi bebas untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan siapapun. Tidak hanya itu, manfaat solo traveling bagi perempuan ini juga bisa kamu gunakan untuk mencari teman baru. Sehingga tidak ada kata untuk menyendiri ketika solo traveling. 

Selain itu, kamu juga bisa meminta bantuan kepada penduduk sekitar, ketika kamu membutuhkan pertolongan. Hal ini pun akan menjadi suatu pengalaman yang sangat berharga ketika kamu melakukan perjalanan sendirian. 


5. Siapkan dana lebih 

Jalan-jalan sendirian atau solo traveling tentunya akan membuat kamu jauh lebih mengeluarkan uang banyak. Karena, semua keperluan pasti akan dibiayai sendiri, berbeda ketika liburan bersama teman atau kelompok, yang bisa melakukan pembayaran apapun dengan sistem patungan. Nah, untuk mengantisipasinya, kamu disarankan untuk memiliki dana lebih atau dana tak terduga. 

Hal tersebut dilakukan agar ketika uangmu habis, kamu masih mempunya uang cadangan. Maka dari itu, selama kamu melakukan solo traveling, diusahakan tidak boros, dan tentunya harus rajin menabung sebelum berangkat. Semangat ya! 


Nah, itu dia beberapa persiapan dan hal-hal yang perlu diketahui sebelum kamu melakukan solo traveling. Tidak perlu khawatir, karena bersolo traveling akan sangat mengasyikan. Manfaat solo traveling bagi perempuan juga akan kamu rasakan. Ah masa? 

Beberapa manfaat solo traveling bagi perempuan hingga anak muda, yang bisa membuatmu terinspirasi dari pengalaman kehidupan sendiri, bisa kamu dapatkan informasinya di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/5-manfaat-solo-traveling-untuk-kehidupan-anak-muda/


24 comments

  1. Ternyata banyak juga ya manfaat solo traveling. Untuk kota2 yang belum pernah kukunjungi, aku lebih suka pergi rame2 bersama keluarga atau teman2, kalo sendirian takut nyasar haha. Nah, kalo kota yang sudah sering kukunjungi, barulah berani solo traveling :)

    ReplyDelete
  2. Begitu ya. Jangan lupa kabari keluarga kalau mau jalan dan tetap jalin komunikasi biar ga waswas

    ReplyDelete
  3. aku sueneeenggg kalo solo traveling, mba
    berasa masih single :D
    Trus bebas nentuin destinasi mana aja getooo
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Sebuah tantangan memang kalau melakukan solo traveling dan tentunya perlu persiapan matang terutama mental. Tips yang menarik dan bermanfaat ini:) Dulu jaman masih lebih muda berani aja..sekarang tambah usia kok ya ketar ketir juga haha

    ReplyDelete
  5. Hal yang sudah sangat sulit dilakukan buat saya. Solo traveling. Emak-emak punya balita, padahal kayaknya kalau ada kesempatan enak kali yaaa... Bisa me time dengan solo traveling.

    Tulisannya informatif mbak, berguna buat yang mau solo traveling 😊

    ReplyDelete
  6. Solo travelling tuh emang berikan tantangan tersendiri mba. Tapi memang satu sisi harus menyiapkan dana kemudian rutenya dengan rapi dan detail ya mba :)

    ReplyDelete
  7. Saya kok belum berani untuk solo travelling. Masih cemen kalau nemuin kesulitan di jalan hihihi. Persiapannya harus matang sekali.

    ReplyDelete
  8. Saya seneng kalau solo travelling, jadi lebih mandiri juga. Mau belok kanan, ya belok kanan aja, nggak usah nunggu berunding dengan rombongan.

    ReplyDelete
  9. Bener nih mak, solo traveling memang asik, aku pun suka traveling yg suka2 aku aja. Tapi ya gitu deh, kudu siap dana lebih, gak bisa patungan dana. Wkwkwk

    ReplyDelete
  10. Aku beberapa kali Solo Traveling dan gak ada persiapan yang matang, agak kacau jadinya hahaha. Sekarang catet tipsnya biar pas pergi lagi bisa lebih nikmati perjalanan

    ReplyDelete
  11. Hiyahhh aku belum berani solo traveling hahaa. Udah niat di awal. Pikir pikir terus ga jadi berangkat ehhhehe. Tapi emang sesuatu yg membanggakan banget semisal bisa solo traveling mbak. Meski begitu tips di atas membantu banget

    ReplyDelete
  12. Dulu, melakukan solo traveling itu menyenangkan juga sih buat saya. Meskipun kadang hanya menikmati hotel sendirian, makan sendirian, jalan sendirian. Dan setuju banget dengan beberapa point yang disebutkan di atas untuk mempersiapkan pergi sendirian. Lokasi tujuan traveling, barang-barang dan tentunya uang darurat. Itu wajib banget ada. Takut ada sesuatu yang enggak diinginkan.

    ReplyDelete
  13. Solo traveling beraninya baru yang deket2 aja nih...Tar coba baca2 deh di cekaja ttg solo traveling. Meskipun sekarang seringnya pengen traveling bawa bocah hehehe..

    ReplyDelete
  14. Duduuuhh...baca tulisan ini kek nostalgia karena dulu suka banget solo traveling. :D Dan untuk persiapan dana lebih itu betul bangetttt. Abis jalan sendiri, biasanya langsung iriit, Mbak. :D

    ReplyDelete
  15. waduuuh aku nyerah deh kalo disuruh solo traveling. aku pejalan santai - chit chat sambil ngopi di pantai soalnya. Aku menikmati cekikikan ama temen-temen, dan leyeh leyeh di hotel sesudahnya.

    Kalaupun perginya dari rumah sendirian, ya berarti di sononya ketemu ama temen temen juga.
    Oya aku pernah pergi dalam team building perusahaan waktu masih jadi marketing team Astra CMG. Nah disitu aku perginya gak solo, tapi pada saat tiba di tempat (Bali) aku malah keliling sendirian, karena kebetulan teman-teman lain pada mencar dan aku kebagian mobil sewaan, alhamdulillah. Itu bisa disebut solo traveling tidak, ya? Eh kok jadi ber-nostalgia di sini hihihi... anyway, sukses deh kalo melakukan solo traveling, fii amanillah **


    ReplyDelete
  16. Aku pernah solo traveling waktu tinggal di Jepang mbak, bener deh 5 hal di atas itu penting banget. Aku merasakannya sendiri. Waktu itu baru aja tinggal di Utsunomiya dan aku harus jalan ke Tokyo. Aku kira suamiku nganterin, eh ternyata dia cuma anter sampai ke stasiun doang, ngasih tau cara beli tiket dan bye bye. Alhamdulillah aku udah ngeprint alamat temanku dan direction ke sana lengkap dengan petanya dan nama nama halte busnya. Dan Alhamdulillah aku gak tersesat karena di sana emang mudah cari alamat, bloknya aman hihi

    Entah kalau disuruh nyari alamat di tempat lain lagi. Kayaknya lebih menantang solo travel di dalam negeri cmiiw menurutku.

    ReplyDelete
  17. Setuju banget poin terakhir, sebagai solo traveler kejutan mngkin akan dialami, ad baiknya mempersiapkan dana lebih sebagai jaga2

    ReplyDelete
  18. saya belum berani nih buat solo traveling soalnya kalau jalan2 dananya mepet. wkwkwk. saya ngerasa lebih nyaman ada teman seperjalanan sih. ah mental saya belum kuat nih

    ReplyDelete
  19. Sejak nikah aku ga pernah lagi pergi sendirian mak. Eh kemarin April pernah pas acara SGM tapi itu di bandara dijemput sama pihak sana hahahah

    ReplyDelete
  20. Untuk menyiapkan dana lebih saat solo traveling ini cocok banget bagi saya. Apalagi sendirian di tempat lain atau negara lain kalau terjadi apa-apa bisa berabe.

    ReplyDelete
  21. Aku belum pernah solo traveling deh, belum berani padahal bagus ya untuk melatih pede dan berdialog lebih intens dengan diri sendiri...

    ReplyDelete
  22. Sudah lamaaa banget gak jadi Solo Traveller.
    Tapi yang pasti setiap perjalanan membawa kisahnya masing-masing yaa..

    ReplyDelete
  23. Aku blm berani euy solo travelling. Anaknya panikan banget. Hehehe... tapi perlu kali ya sesekali dicoba untuk tau rasanya.

    ReplyDelete
  24. Kalau untuk liburan rasanya aku belum pernah solo travelling, kecuali urusan pekerjaan. (((Pekerjaan))) tsaaah...!

    Sepertiya aku tipe bolang bareng, apalagi dengan yang satu passion, misalnya dengan travel/food/lifestyle blogger, begh, mantul!

    ReplyDelete

Hai!
Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan-tulisan di blog ini.
Silakan meninggalkan komentar dengan bahasa yang baik, asyik, dan sopan.
Komentar dimoderasi. Komentar anonim dan link hidup dalam komentar, mohon maaf, akan dihapus.
Salam hangat! :)

Popular Posts